Perceraian merupakan jalan terakhir yang diambil ketika seseorang tidak bisa mempertahankan pernikahannya. Perceraian ini bisa terjadi atas banyak faktor hingga menyebabkan seseorang ingin mengajukan gugatan perceraian. Salah satunya adalah dengan cara mengurus surat cerai beda provinsi.

Perceraian sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang mengenai Perkawinan, Instruksi Presiden tentang Kompilasi Hukum Islam dan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975. Berdasarkan ketentuan dari Undang-Undang tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan gugatan cerai, yaitu berdasarkan agama atau tempat pengajuan perceraian.

Untuk pasangan yang beragama Islam, maka landasan hukum yang digunakan adalah dari Kompilasi Hukum Islam. Perceraian berdasarkan KHI ini memiliki dua istilah yaitu cerai talak dan cerai gugat. Untuk cerai talak adalah pengajuan gugatan cerai yang dilakukan oleh suami kepada istri. Sedangkan untuk cerai gugat adalah pengajuan yang dilakukan oleh istri kepada suami.

Cara Mengurus Surat Cerai Beda Provinsi

Cara mengurus surat cerai beda provinsi adalah dengan mengajukan gugatan perceraian melalui Pengadilan Agama di tempat tinggal istri. Namun berbeda jika istri atau pihak yang tergugat berada di luar negeri. Pemohon bisa mengajukan gugatan cerai di wilayah atau Pengadilan Agama domisili pemohon.

Sedangkan cara pengurusan surat cerai beda provinsi untuk pasangan non-muslim, akan dilakukan di Pengadilan Negeri. Gugatan perceraian yang dilakukan suami atau istri harus dikirimkan pada Pengadilan Negeri di tempat wilayah tergugat. Misalnya jika Anda menggugat istri yang berada di provinsi lain, maka Anda harus mengajukan surat gugatan cerai tersebut pada Pengadilan Negeri di provinsi istri Anda atau pihak tergugat. Jadi, cara mengurus surat cerai beda provinsi adalah dengan mengajukannya di wilayah hukum pihak tergugat.

Cara Mengurus Surat Cerai Dengan Cepat

Untuk bisa mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan, seperti berikut:

1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

2. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)

3. Fotocopy surat nikah dan yang asli sebanyak 2 lembar yang sudah diberi materai dan sudah dilegalisir.

4. Membawa surat gugatan cerai dan surat permohonan.

5. Jika memiliki harga gono-gini maka perlu menyiapkan dokumen harta lainnya seperti sertifikat tanah, BPKB atau yang lainnya.

Cara mengurus surat cerai beda provinsi ini selanjutnya dengan mendaftarkan gugatan cerai tersebut ke pengadilan negeri atau pengadilan agama. Pastikan bahwa Anda mengirimkan surat tersebut pada wilayah pengadilan pihak tergugat. Selanjutnya persiapkan biaya perceraian yang harus dikeluarkan.

Cara mengurus surat cerai gratis ini tergantung dengan kedua belah pihak yang melakukan perceraian.

Untuk beberapa orang, cara mengurus surat cerai beda provinsi adalah hal yang merepotkan. Namun hal ini sudah tertuang pada Undang-Undang dimana gugatan perceraian harus dilakukan di wilayah atau tempat hukum kediaman istri.

Terdapat dua pilihan tempat untuk mengajukan perceraian, jika tergugat posisinya berada di luar negeri. Pertama, di Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri Jakarta Pusat lalu kedua, di Pengadilan yang berada di wilayah terdaftarnya pasangan ini di KUA atau dukcapil setempat.

Baca juga:

Mengurus Gugatan Perceraian Dengan Mudah Melalui Justika

Layanan Justika membantu Anda untuk bertanya seputar perceraian dengan lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai yang lebih cepat dan mudah. 

Semua ini dapat anda lakukan menggunakan Layanan Konsultasi via Chat di Justika. Dengan layanan ini anda dapat menanyakan berapa biaya pengacara hingga bertanya detail biaya-biaya di luar dari jasa pengacara yang biasanya harus dikeluarkan saat mengurus perceraian, misal seperti biaya dokumen dan lain sebagainya. Hanya dengan Rp 30.000 saja, Anda sudah bisa bertanya secara langsung pada pengacara berpengalaman.

Untuk berkonsultasi via chat di Justika caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika
  2. Tuliskan pertanyaan anda tentang biaya perceraian di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional di bidang perceraian
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan gambaran mengenai biaya perceraian

Dengan begitu, anda dapat mengetahui dan menentukan apakah anda mau menggunakan pengacara atau mengurusnya sendiri. Di dalam layanan chat tersebut pun anda dapat meminta saran dan pendapat lain.

Kemudian, jika anda telah mengetahui gambaran biaya pengacara dan anda butuh layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika juga menyediakan layanan tersebut. Hanya dengan Rp 1.500.000, Anda sudah bisa mendapatkan surat gugatan cerai tanpa perlu repot untuk Cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai Justika
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu proses pembuatan surat gugatan cerai anda

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.