Bagi Anda yang sedang membutuhkan untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan surat keterangan ahli waris untuk bank dalam proses menyelesaikan urusan mewariskan harta yang merupakan hasil dari warisan yang diberikan, perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar.

Biasanya surat ini sendiri dibuat oleh anak atau anggota keluarga yang menjadi pewaris dari pemilik harta yang sudah meninggal dunia dan mewariskan sebagian atau keseluruhan harta yang ditinggalkan kepada pihak tertentu.

Tidak hanya mengetahui contoh surat pernyataan ahli waris, terdapat informasi yang juga perlu untuk Anda ketahui lainnya dan tidak kalah pentingnya dari contoh surat pernyataan ini untuk mempermudah proses perpindahan ahli waris yang diberikan kepada bank.

Syarat yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

Sama seperti membuat surat pada umumnya, perlu juga untuk mengetahui apa saja persyaratan yang perlu untuk dipersiapkan dalam membuat surat keterangan ahli waris ini agar prosesnya dapat dengan cepat segera selesai. Mengetahui bagaimana bentuk contoh surat keterangan ahli waris ini masih belum cukup karena tanpa mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan, surat ini sendiri tidak dapat dengan mudah untuk diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan memang penting agar dapat selesai dengan baik.

Berikut ini merupakan persyaratan dari pembuatan surat keterangan ahli waris untuk bank yang harus dipersiapkan, diantaranya:

  1. Surat pengantar yang dikeluarkan oleh RT/RW dari tempat tinggal setempat yang berkaitan.
  2. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga dari pihak ahli waris.
  3. Fotokopi Surat Kematian dari pemberi waris.
  4. Fotokopi Surat Nikah yang sudah dilegalisir oleh KUA setempat.
  5. Surat keterangan ahli waris dari desa yang sudah ditandatangani oleh ahli waris di atas materai dengan lengkap dan ditandatangani di depan saksi dari pejabat setempat.

Tahapan Membuat Surat Keterangan Ahli Waris

Setelah Anda sudah selesai menyiapkan beberapa dokumen untuk membuat surat kuasa ahli waris, selanjutnya adalah dengan mengikuti beberapa tahapannya berikut:

  1. Pemohon mendatangi tempat pelayanan di kecamatan setempat
  2. Berikan semua berkas yang sudah dilengkapi
  3. Melakukan registrasi dan verifikasi berkas
  4. Penandatanganan berkas yang dilakukan oleh camat
  5. Berkas surat keterangan waris sudah bisa Anda terima

Poin Penting yang Harus Diketahui dalam Membuat Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

Dalam membuat surat keterangan ahli waris, tidak hanya penting untuk mengetahui apa saja persyaratan yang perlu untuk dipenuhi agar membuat surat ini dapat lancar prosesnya. Perlu juga untuk mengetahui apa saja poin penting yang perlu untuk dimasukkan dalam pembuatan surat keterangan ini dengan baik. Berikut ini poin yang perlu untuk dicantumkan di dalam surat keterangan tersebut diantaranya:

  1. Nama dari orangtua yang sudah meninggal.
  2. Nama lengkap dari para ahli waris.
  3. Surat pernyataan yang berisi keterangan atas sahnya nama ahli waris yang mendapatkan warisan tersebut dari orang yang sudah meninggal.

Adanya surat ahli waris tersebut sangat penting sebagai bentuk legalitas bahwa Anda sebagai pemilik atau pewaris dari lahan yang lebih kuat. Dalam hal ini secara hukum juga menjadi hal yang bagus karena memiliki kekuatan hukum yang sudah sah.

Informasi di atas semoga dapat membantu Anda dalam proses menyelesaikan pembuatan surat keterangan ahli waris. Perhatikan berbagai informasi penting di atas agar pembuatan surat keterangan ahli waris untuk bank dapat dilakukan dengan benar.

Contoh Surat Ahli Waris

Setelah Membuat Surat Keterangan Ahli Waris Untuk Bank, Hitung Pembagian Waris Menggunakan Layanan di Justika

Setelah ditetapkan Surat Keterangan Warisan, maka langkah selanjutnya adalah menghitung pembagian waris. Dengan banyaknya pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menghitung pembagian waris, kehadiran layanan atau fitur online yang dapat membantu perhitungan pembagian waris dengan mudah pasti akan membantu para ahli waris.

Di Justika, ada tiga layanan berbayar yang dapat membantu Anda menghitung pembagian waris dengan mudah, yaitu. Dengan layanan tersebut, Anda bisa bertanya dengan mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

1. Layanan Analisis Hak Waris

Dengan menggunakan layanan ini, Anda akan mendapatkan saran yang rinci dari konsultan hukum yang berpengalaman melalui konsultasi dan pengecekan detail hak waris hanya dengan Rp 100.000 saja.

Langkah-langkah menggunakan Layanan Analisis Hak Waris:

  1. Isi kondisi waris Anda untuk dianalisis konsultan sebelum konsultasi dimulai
  2. Pilih jadwal konsultasi sesuai kebutuhan
  3. Dapat link chat untuk konsultasi langsung membahas hak waris

2. Kalkulator Waris Islam

Dengan layanan Kalkulator Waris Islam, Anda dapat menghitung otomatis pembagian waris secara gratis, transparan, akurat, dan sesuai dengan syariat dan UU yang berlaku di Indonesia hanya dengan mengisi form di dalamnya.

Sistem perhitungan Kalkulator Waris Islam di Justika berlandaskan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang merupakan landasan hukum yang berlaku dan umum digunakan di pengadilan agama di Indonesia.

Selain itu, terdapat fitur tambahan lainnya, yakni Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli di bidang waris, yaitu konsultan hukum maupun ustadz secara online.

3. Konsultasi via Chat

Untuk kasus perhitungan waris yang lebih kompleks dan memiliki banyak pertimbangan di dalamnya, Justika menyediakan Anda layanan Konsultasi via Chat mulai dari Rp 30.000 saja.

Dengan begitu, Anda dapat berkonsultasi lebih jauh terlebih dahulu dengan advokat yang terpercaya guna mengetahui besaran pembagian harta warisan, serta menindaklanjuti tata cara pembagian waris.

surat keterangan ahli waris untuk bank

Langkah-Langkah konsultasi via chat tentang perhitungan pembagian waris:

  1. Masuk ke dalam layanan Konsultasi via Chat justika.com
  2. Ceritakan permasalahan waris Anda di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum waris yang sesuai dengan permasalahan perhitungan pembagian waris Anda.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.