Cara membuat kk untuk yang masih lajang perlu diperhatikan oleh berbagai pihak khususnya Anda yang masih cenderung pemula dan hendak memiliki kartu keluarga secara pribadi dan memisahkan dari keluarga bersangkutan. Apalagi ada aturan khusus yang mengatur.

Sebagai salah satu negara hukum maka di Indonesia tentunya memiliki beberapa aturan yang cukup ketat terkait keberadaan sistem administrasi. Hal ini Tentunya untuk menjadikan kualitas data penduduk juga terpenuhi secara maksimal serta terupdate dengan baik.

Umumnya ada beberapa alasan khusus Mengapa seseorang hendak melakukan pemisahan atau membuat KK baru meski kondisi masih belum menikah atau masih single. Hal ini Tentunya juga diatur secara baik oleh undang-undang dalam Cara membuat kk untuk yang masih lajang.

Ada pertimbangan yang perlu untuk diperhatikan oleh semua pihak jika memang hendak melakukan pemisahan diri dari KK keluarga yang lama. Semua prosedur pemecahan kk tersebut tentunya bertujuan untuk menghindari cacat administrasi.

Apalagi permasalahan seperti pembuatan KK pribadi dalam keluarga utama untuk menjadi KK baru meski dalam keadaan single sangat diperbolehkan oleh negara. Akan tetapi semua harus berpegang teguh pada beberapa peraturan dan ketentuannya telah dipenuhi.

Aspek selanjutnya yang perlu diamati diperhatikan ialah syarat mengurus kk baru. Semua persyaratan tersebut tentunya diatur oleh negara secara utuh melalui berbagai sumber informasi dari daerah masing, dan semua daerah tersebut umumnya sama dalam aturan ini.

Untuk lebih jelas dan lebih padu dalam mendapatkan informasi ini, maka Berikut ini adalah beberapa prosedur yang penting untuk diperhatikan terkait cara pembuatan kk untuk para lajang.

Cara Membuat KK untuk yang Masih Lajang

Sesuai dengan aturan yang berlaku maka penting untuk diperhatikan bahwa kualitas layanan untuk perpindahan satu penduduk yang masih lajang bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini biasa terjadi pada seseorang yang berpindah dari kota ke desa atau juga sebaliknya.

Ada beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kartu keluarga bagi Anda yang masih lajang. Setidaknya dibawah ini adalah tahapan penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja serta masih sesuai dengan prosedur yang berlaku.

1. Menyiapkan Surat Untuk Pindah

Aspek yang pertama untuk melakukan perpindahan atau membuat KK baru bagi single adalah dengan surat keterangan dari daerah asal. Keterangan ini bertujuan untuk menerangkan bahwa pihak tersebut benar-benar warga di daerah asalnya.

Cara membuat kk untuk yang masih lajang dengan persyaratan berupa surat keterangan pindah dari daerah asal menjadi semakin penting. Apalagi hal ini berhubungan erat dengan perpindahan penduduk.

Sebab sebagai salah satu bukti bahwa ada proses perpindahan data dari daerah bersangkutan sebelumnya.

Membuat kartu keluarga melalui surat keterangan pindah ini juga tidaklah sulit. Pihak yang hendak meminta perpindahan dan pemisahan KK tersebut tinggal meminta keterangan kepada pihak kepala desa serta telah ditanda tangani.

2. Batas Usia Minimum

Cara membuat kk untuk yang masih lajang yang kedua adalah dengan memiliki batas minimum usia sesuai dengan ketentuan dari pihak pemerintah. batas usia yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam pembuatan KK baru ini adalah 17 tahun keatas.

Alasan untuk memberikan saran terkait pembuatan KK baru dengan minimum usia 17 tahun adalah untuk memberikan keterangan lebih lanjut, bahwa pihak tersebut telah siap untuk memisahkan diri dari KK keluarga utama.

Dalam hal ini biasanya beberapa aspek permasalahan sering ditemukan misalnya ingin membuat kk tanpa akta kelahiran. Alasan yang seringkali muncul adalah pihak tersebut berasal dari luar negeri atau akte telah hilang .

Menurut beberapa sumber, khususnya dari dukcapil menerangkan, bahwa pihak yang hendak berpindah KK baru akan tetapi belum memiliki Akte Kelahiran prosesnya bisa ditangguhkan terlebih dahulu. Hal ini berhubungan dengan kepentingan falidnya data.

Sehingga untuk memberikan kelangsungan proses yang lebih baik maka pihak tersebut hendaknya membuat kutipan akta baru. Kutipan akte kelahiran tersebut bisa didapatkan dengan cara menghubungi pihak dukcapil setempat.

Semua aspek terkait cara membuat kk untuk yang masih lajang diatas menjadi perlu untuk diperhatikan lebih lanjut, sebagai salah satu dasar utama pihak yang hendak berpindah KK atau membuat KK baru dengan baik serta sesuai dengan prosedur.

Tanyakan Pada Justika Tentang Cara Membuat KK Bagi Yang Masih Lajang

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online menyediakan beberapa layanan untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan pembuatan dokumen seperti kartu keluarga. Mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun bisa membantu permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau yakni Rp 30.000 saja. Kunjungi laman konsultasi via chat, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 dengan biaya Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.