Adopsi orang dewasa sebagai anak merupakan salah satu instrumen penting yang wajib untuk diketahui beberapa pihak. Sebab saat ini pola trend untuk mengadopsi anak pada kenyataannya memang tengah wajar dilakukan, khususnya dibeberapa wilayah luar negeri.

Aspek penting yang perlu untuk diketahui pertama kali yaitu adalah kemampuan untuk melakukan adopsi terhadap anak ini memang harus memenuhi berbagai persyaratan. Salah satunya adalah anak yang masih dibawah umur dengan usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Akan tetapi pada praktiknya cara mengadopsi anak saat ini telah berkembang dengan berbagai aturan yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya dengan adanya beberapa kejadian akuisisi anak yang sudah remaja sebagai anak, sehingga hal ini tentunya wajib diketahui.

terlepas dari adanya hal tersebut tentunya sebagai salah satu syarat penting yang tersedia da diatur dalam undang-undang. Maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada beberapa aspek penting misalnya terkait apakah bisa adopsi anak tanpa menikah?

Apalagi dengan adanya kejadian adopsi anak yang telah berumur dewasa ada kecenderungan untuk melakukan hubungan antara dua pihak tersebut. sehingga secara tidak langsung perlu ada aturan yang cukup ketat terkait adanya aspek layanan adopsi dengan versi dewasa ini.

Untuk memperjelas adanya aspek tersebut maka berikut ini adalah beberapa hal terkait Adopsi orang dewasa sebagai anak berdasarkan syarat serta ketentuan tahapan yang harus dipahami oleh pihak yang hendak melakukan akuisisi tersebut.

Syarat Utama Dalam Adopsi Orang Dewasa Sebagai Anak

Aspek pertama yang harus diketahui adalah bahwa ada beberapa syarat adopsi anak jika ketentuan yang dipilih ialah anak yang sudah berumur dewasa. Berikut ini adalah tahapannya.

1. Memiliki Hubungan Kedekatan Emosional Yang Cukup Lama

Hal pertama yang perlu diperhatikan apabila hendak Adopsi orang dewasa sebagai anak ialah memiliki kedekatan emosional cukup tinggi dan tentunya cukup lama. Hal ini akan menjadi dasar utama pihak pengadilan untuk mengabulkan permintaan tersebut.

Sebelumnya penting juga untuk diketahui bahwa kapasitas syarat pertama ini ialah memiliki rentan kedekatan yang lama. Sehingga kemungkinan terjalan komunikasi dan saling pengertian akan lebih baik, misalnya antara guru dan muridnya.

2.Pengadopsi Harus Lebih Tua

Syarat kedua dalam proses Adopsi orang dewasa sebagai anak ialah usia dari pihak pengadopsi tentunya harus lebih tua dari pada anak yang akan diadopsi. Hal ini penting untuk dilakukan dan disyaratkan untuk menghindari adanya hal yang tidak diinginkan.

3.Tidak Ada Riwayat Hubungan Seksual

Syarat selanjutnya dalam proses Adopsi orang dewasa sebagai anak ialah tidak adanya riwayat dari kedua belah pihak terkait hubungan seksual. Jika ada indikasi terkait hubungan seksual tersebut maka besar kemungkinan proses adopsi tidak akan disetujui.

4. Kecenderungan Adopsi Karena Ada Cacat Fisik Atau Mental

Aspek keempat yang tentunya menjadi hal paling penting dalam mengabulkan permohonan adopsi anak yang telah dewasa ialah kecenderungan cacat fisik atau juga mental. Umumnya beberapa pengadopsi memang melihat hal ini sebagai dasar utama.

5. Berasal Dari Negara Yang Sama

Aspek terakhir terkait adanya syarat dalam proses Adopsi orang dewasa sebagai anak ialah memiliki latar belakang negara yang sama. Proses ini penting untuk dilakukan sebab akan memberikan kemudahan dalam semua proses lebih lanjutnya.

Tahapan Dalam Adopsi Orang Dewasa Sebagai Anak

Setelah memenuhi berbagai persyaratan tersebut maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pihak pengadopsi ialah dengan mengikuti semua prosedur yang disediakan. Dibawah ini adalah tahapannya.

Meminta Bantuan Pengacara

Tahapan pertama yang tentunya merupakan aspek penting dalam Adopsi orang dewasa sebagai anak adalah dengan meminta bantuan pengacara. Adanya pengacara ini untuk memudahkan semua proses hukum.

Meminta Permohonan Pengadilan Negeri

Selanjutnya pihak pengadopsi melakukan permohonan kepada pengadilan negeri setempat dengan surat permohonan yang telah ditulis secara baik. untuk menulis surat permohonan yang baik tersebut ada baiknya pengadopsi meminta bantuan notaris.

Penting juga untuk diketahui bahwa dalam proses pengadilan ini umumnya biaya adopsi anak hanya berlaku saat pendaftaran, serta tidak ada biaya adopsi secara umum.

Mendapatkan Izin Suami dan Istri

Hal selanjutnya ialah persetujuan dari kedua belah pihak pengadopsi jika pihak tersebut merupakan suami istri.

Persetujuan Pihak Anak Adopsi

Selanjutnya tahapan dalam Adopsi orang dewasa sebagai anak adalah persetujuan dari pihak anak yang akan diadopsi.

Melakukan Persidangan

Setelah semua persyaratan tersebut telah dipenuhi maka secara tidak langsung akan masuk pada proses pengadilan untuk pengesahan lebih lanjut.

Semua tahapan diatas tentunya penting diketahui secara baik oleh semua pihak yang hendak Adopsi orang dewasa sebagai anak.