Dengan banyaknya kesibukan masyarakat zaman sekarang, pandemi virus corona, dan juga tekanan mental yang kuat membuat orang tidak bisa datang di persidangan cerai. Hal ini tampaknya sudah umum didengar oleh masyarakat khususnya pada sidang perceraian artis ibu kota. Bagi Anda yang juga tak bisa datang, ada cara mengurus surat cerai tanpa sidang tersendiri.

Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang dengan Menggunakan Cara Online

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurus cara urus surat cerai online. Ya, metode yang satu ini menjadi yang paling disukai karena lebih praktis dan juga tidak memerlukan tenaga untuk bolak-balik ke pengadilan. Cara ini juga sebagai bentuk agar pemohon bisa terlindungi dari penularan virus corona.

Mengurus surat cerai dengan metode ini bisa dilakukan sendiri atau pun dengan bantuan kuasa hukum. Untuk tata cara mengurus perceraian sendiri secara online bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Menggunakan e-Letigation dari e-Court
    Online adalah cara mengurus surat cerai dengan cepat karena tidak memerlukan pengurusan langsung atau antre di pengadilan. Untuk mengurus surat cerai online ini Anda dapat menggunakan aplikasi e-court yang dimiliki oleh Mahkamah Agung.

    Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan pendaftaran perkara, taksiran biaya panjar perkara, metode pembayaran, pemanggilan, dan juga persidangan secara lengkap. Yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah advokat dan pengguna lain seperti perseorangan, kementerian, BUMN, kejaksaan, dan launnya.

    Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengirimkan berkas secara online sehingga tidak perlu menggunakan kertas pada umumnya. Semuanya dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan tidak mudah terkendala.
  2. Sidang Dilaksanakan Secara Daring
    Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah sidang bisa dilakukan secara daring yaitu menggunakan HP atau pun laptop. Jadi, sidang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus keluar rumah.

    Hal ini juga menjadi sebuah cara mengurus surat cerai gratis karena tak memerlukan transportasi untuk bolak-balik rumah-pengadilan. Jika dahulunya proses perceraian itu dilakukan hingga memakan waktu 6 bulan kini bisa hanya 2 bulan saja.

    Semua berkas seperti surat pemanggilan kehadiran sidang dan lain sebagainya dikirimkan melalui email penggugat maupun tergugat. Anda tak memerlukan pendampingan dari banyak orang seperti sidang pada umumnya melainkan bisa sendiri di rumah.
  3. Tetap ada Sidang Tatap Muka 3 Kali
    Tetapi, yang namanya sidang perceraian secara online itu tak semuanya dilakukan dengan media internet saja. Melainkan penggugat dan tergugat tetap harus datang sidang tatap muka sebanyak 3 kali terlebih dahulu.

    Hal ini dilakukan untuk berbagai hal . Untuk sidang yang pertama adalah untuk upaya mediasi antara kedua belah pihak. Pada sidang ini juga Anda harus menyerahkan 3 dokumen yaitu surat kuasa, surat gugatan, dan juga surat persetujuan.

    Biasanya untuk mediasi diberikan waktu 30 hari atau 1 bulan. Jika tidak damai maka lanjut ke sidang ketiga tatap muka untuk menawarkan sidang online karena didaftarkan dengan cara online. Jika setuju, tergugat harus menandatanganinya.
  4. Cara Daftar Cerai Secara Online
    Lalu, bagaimana cara untuk daftar cerai dengan cara online? Ini dia tata cara mengurus perceraian yang dapat Anda perhatikan:
  • Pertama, Anda harus datang ke Pengadilan Agama untuk membuat akun e-Court dan juga e-Letigation terlebih dahulu. Nanti, di sana sudah tersedia meja khusus untuk pendaftaran.
  • Selanjutnya, Anda harus melakukan sidang penyerahan dokumen. Dokumennya berjumlah 3 yaitu suratgugatan, surat kuasa, dan surat persetujuan prinsipal.
  • Setelah itu, keduanya diharapkan bisa melakukan mediasi selama 30 hari.
  • Apabila tidak ada perdamaian selama 2 bulan tersebut maka harus melakukan sidang kedua secara tatap muka.
  • Pada sidang berikutnya, hakim menawarkan untuk melakukan sidang online karena sebelumnya melakukan pendaftaran secara online pula.
  • Jika tergugat setuju maka langsung menandatangani formulir dan membuat akun e-Court dibantu pihak pengadilan.
  • Setelah itu, sidang dilakukan secara daring oleh kedua belah pihak bersama dengan pihak pengadilan.
  • Nantinya, putusan gugatan akan dibacakan secara daring dan untuk salinannya bisa diunduh oleh pihak penggugat dan tergugat.

5. Biaya Pengajuan Cerai Secara Online
Untuk biayanya sendiri tergantung di daerah masing-masing. Untuk sistem pembayarannya bisa dilakukan melalui transfer sehingga lebih mudah dan juga lebih cepat.

Lalu, jika dibandingkan dengan biaya perceraian secara langsung, dengan cara online lebih murah khususnya untuk fotokopi dokumen serta untuk transportasi.

Mengurus Surat Cerai dengan Sidang yang Didatangi Oleh Kuasa Hukum

Cara mengurus surat cerai tanpa sidang yang kedua adalah dengan meminta bantuan dari kuasa hukum atau pengacara. Tapi, Anda harus menyiapkan biaya urus surat cerai tanpa sidang ini yang jumlahnya mungkin tak sedikit. Tapi, Anda jadi tetap dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa terganggu dengan jadwal sidang.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa keputusan untuk cerai bukanlah hal yang mudah. Cerai menjadi salah satu keputusan yang paling akhir di mana harus mengorbankan seluruh kenangan, cinta, kasih, bahkan anak sendiri. Hal ini membuat tekanan mental cukup kuat bagi kedua belah pihak.

Walaupun terlihat biasa-biasa saja tetapi perlu diyakini mereka juga pasti menanggung malu, ketakutan, dan juga kesedihan. Oleh karena itu, untuk melangkah ke acara sidang mungkin tak kuat dan lebih memilih untuk tidak datang.

Anda dapat mewakilkan kepada pihak pengacara untuk menghadiri undangan yang diberikan oleh pihak pengadilan. Selain itu, mereka juga bisa Anda andalkan untuk mengurus hak asuh anak. Hal ini tentunya akan menambah pengeluaran karena ada biaya pengacara hak asuh anak yang harus dikeluarkan.

Tidak Datang dan Tidak Mewakilkan Orang untuk Datang Sidang yang Dilaksanakan oleh Pengadilan

Cara terakhir adalah yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan. Tapi cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang tak sanggup mengeluarkan biaya sewa pengacara perceraian. Cara yang ini akan memperpanjang proses perceraian karena sidang pastinya akan ditunda dan dilaksanakan pada waktu yang berikutnya.

Apabila pemanggilan yang telah dilakukan tidak digubris sama sekali tanpa memberikan perwakilan maka hakim akan menjatuhkan putusan verstek. Putusan ini dilakukan untuk memutus perkara dengan berkekuatan hukum yang tetap.

Nantinya, panitera akan mengirimkan surat cerai salinan kepada pegawai pencatat nikah di wilayah kediaman di pemohon dan tergugat. Jadi, keduanya sudah resmi cerai walaupun tidak melakukan proses sidang karena sudah terdaftar sebelumnya.

Nah, itu 3 tiga cara mengurus surat cerai tanpa sidang bagi Anda yang sibuk dan tak bisa hadir langsung ke pengadilan. Dengan cara di atas, Anda tetap dapat melayangkan gugatan cerai atau permohonan talak cerai.

Menggunakan Layanan Online Justika untuk Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang

Dengan berkembangnya teknologi, berbagai layanan hukum online bermunculan untuk memudahkan anda dalam mengurus surat cerai. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan tersebut adalah Justika.

Berikut langkah yang dapat anda lakukan dengan menggunakan layanan di Justika agar anda dapat mengurus surat cerai tanpa sidang:

Justika memiliki layanan pembuatan surat gugatan cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja. Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja, untuk menjelaskan situasi permasalahan pernikahan anda. Caranya dengan mengunjungi laman ini. Selanjutnya, ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Lalu, lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia. Dan hanya dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan Tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan Layanan Konsultasi via Telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda berkesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan pernikahan yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat Layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Kemudian anda dapat memberikan kuasa hukum pada konsultan hukum di Justika yang berkonsultasi dengan anda untuk mengurus dan mendatangi sidang perceraian anda di pengadilan.

Semoga dengan penjelasan di atas, permasalahan keluarga Anda bisa diselesaikan dengan lebih baik.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.