Format surat kuasa pengambilan gaji – Untuk seorang yang bekerja, gaji adalah hak yang didapatkan atas apa yang sudah dikerjakan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga siapapun yang bekerja berhak untuk mendapatkan gaji sebagai imbalannya sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati. 

Namun, terkadang tidak semua orang bisa secara langsung mengambil gaji tersebut. Sehingga dibutuhkanlah surat kuasa pengambilan gaji ketika Anda yang bersangkutan tidak bisa mengambil gaji sendiri sehingga harus diwakilkan oleh orang lain. Sebelum itu, Anda perlu memperhatikan format surat kuasa pengambilan gaji ketika ingin membuatnya.

Biasanya ada berbagai alasan membutuhkan surat kuasa pengambilan gaji, salah satunya bisa karena sakit dan yang lainnya. Berikut adalah beberapa format surat kuasa pengambilan gaji yang perlu Anda ikuti dengan baik. 

Format Surat Kuasa Pengambilan Gaji

1. Judul dan nomor surat

Format surat kuasa pengambilan gaji yang pertama adalah menuliskan judul dan juga nomor suratnya. Adanya judul tersebut akan menjadi pembeda antara surat kuasa dengan surat yang lainnya. 

Akan tetapi memang ada juga aturan yang tidak mewajibkan Anda untuk menggunakan nomor surat. Terutama contoh surat kuasa pengambilan gaji ini Anda buat sendiri dan bukan atas nama perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja. 

2. Nama 

Format surat kuasa pengambilan gaji yang selanjutnya adalah mengenai nama dari pembuatnya. Tuliskan nama sesuai dengan kartu identitas. Hal ini menjadi bagian yang penting terutama ketika Anda adalah pemberi kuasa. 

3. Identitas pemberi dan penerima kuasa

Hal wajib yang ada sehingga menjadi format surat kuasa pengambilan gaji adalah adanya identitas dari pemberi dan juga penerima kuasa. Isi identitas dari pemberi dan penerima secara jelas dan rinci mulai dari nama, tempat tanggal lahir, nomor KTP hingga alamat. 

4. Informasi 

Surat kuasa pengambilan dana pensiun atau pengambilan gaji yang menjadi poin penting atau utamanya adalah karena informasi atau keterangan dalam surat tersebut. Keterangan yang dimaksudkan adalah tujuan dari pembuatan surat kuasa pengambilan gaji tersebut. 

Contohnya Anda memberikan kuasa kepada saudara Anda untuk mengambil gaji bulanan. Hal ini perlu dituliskan dengan jelas agar penerima kuasa bisa menjalankan tugas yang diberikan dengan baik dan sesuai. 

5. Tanggal dan waktu dibuat

Format yang penting juga adalah mencantumkan tanggal dan juga waktu kapan surat tersebut dibuat. Tujuannya guna menghindari manipulasi atau kesalahan yang bisa terjadi. 

Dalam pembuatan surat kuasa pengambilan gaji akan lebih baik jika Anda menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit sehingga akan lebih mudah untuk dipahami. 

Demikian adalah format yang bisa Anda ikuti untuk membuat surat kuasa pengambilan gaji. 

Justika Dapat Membantu Permasalahan Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

format surat kuasa pengambilan gaji

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

format surat kuasa pengambilan gaji

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.

format surat kuasa pengambilan gaji

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.