Gaji merupakan hak karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan dan wajib dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam pembagiannya, gaji diberikan kepada pekerja dalam jangka waktu yang berbeda beda. Jika Anda masih melakukan pengambilan gaji secara manual, contoh surat kuasa pengambilan gaji ini wajib banget untuk Anda ketahui guna memudahkan pengambilan tersebut.

Membuat format surat kuasa pengambilan gaji adalah hal yang gampang dan dapat Anda lakukan sendiri secara cepat dan tepat. Tetapi hal yang perlu Anda lihat dan ketahui ialah spesifik pemberian kuasa. Anda harus pastikan jika pemberian kuasa tersebut untuk satu hal yang detail secara maksud dan tujuan.Serta sebisa mungkin menghindari pemberian kuasa dalam hal yang luas dan jangka waktu yang cukup panjang.

Pasalnya seperti surat kuasa pengambilan gaji yang satu ini. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadi hal yang tidak Anda harapkan seperti melanggar wewenang tanggung-jawab yang diberi. Berikut ini adalah contoh-contohnya untuk berbagai kepentingan:

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Docs & PDF

Contoh surat kuasa pengambilan gaji pensiun ini penting untuk Anda ketahui bagi yang telah memasuki masa pensiun. Jika Anda mempunyai orangtua yang telah masuk umur pensiun karena itu umumnya akan memperoleh sebuah pendapatan upah pensiun yang diberi oleh perusahaannya tempat orang tua Anda bekerja.

Tidak seluruhnya perusahaan akan memberi uang pensiun secara ditransfer atau lewat bank. Sampai sekarang ini masih terdapat begitu banyak perusahaan yang memberi upah pensiun dengan manual dan mewajibkan agar orangtua Anda segera yang tiba untuk mengambilnya secara mandiri.

Namun, tidak seluruhnya orangtua yang berumur lanjut dapat ambil uang pensiunnya sendiri dan karena itu sebuah surat kuasa pengambilan gaji pensiun diperlukan. Ketentuan dalam, pembuatannya pun cukup mudah. Yakni orangtua Anda dapat menunjuk salah satu perwakilan yang dipercayanya dan menulis namanya dalam surat kuasa supaya bisa mewakilkan orang tua Anda untuk ambil uang pensiunnya. Seperti yang tercantum dalam contoh surat pengambilan gaji pensiun berikut ini

surat kuasa pengambilan gaji pensiunan
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karena Resign

Sekarang ini terdapat begitu banyak kantor yang memberi upah langsung dan mewajibkan pegawainya agar datang ke kantor dan mengambil upah tersebut secara sendiri. Sistem ambil upah ini sebetulnya telah ada cukup lama dan mulai untuk di tinggalkan karena dinilai menjadi sistem yang tidak mengikuti jaman.

Salah satunya ketidakpraktisannya ialah saat Anda sebagai yang menerima upah harus ke luar kota untuk masalah yang paling mendesak karena itu secara otomatis proses ambil upah tersebut harus diwakili oleh orang yang lain telah Anda beri surat kuasa. Untuk itu Anda wajib memahami contoh surat kuasa pengambilan gaji bagi karyawan seperti yang satu ini.

surat kuasa pengambilan gaji karena resign
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karena Sakit

Salah satunya contoh surat kuasa pengambilan gaji adalah karena alasan sakit. Pasalnya sakit menjadi salah satu alasan membutuhkan surat kuasa pengambilan gaji yang kerap dibutuhkan.

Jika Anda adalah seorang pegawai dan perusahaan tempat Anda bekerja mewajibkan untuk mengambil gaji secara mandiri dengan manual karena itu Anda harus mempersiapkan surat kuasa pengambilan gaji karena sakit.

Dengan mempersiapkan surat kuasa karena itu setiap saat saat Anda sedang sakit dan tidak dapat memaksa diri untuk ambil upah karena itu Anda bisa lakukan pengambilan gaji tersebut dengan diwakili oleh orang yang telah Anda tunjuk awalnya.

surat kuasa pentgambilan gaji karena sakit
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Bank

Belakangan ini telah terdapat banyak perusahaan yang membayar upah lewat transfer bank. Sistem transfer bank sangat efisien dan dapat secara efektif memangkas waktu dari yang menerima upah agar tak perlu lagi mengalami kesulitan untuk ambil uang langsung ke perusahaan tempat Anda bekerja.

Namun, kemungkinan ada kalanya saat Anda ingin lakukan ambil upah lewat bank dan terhambat oleh kepentingan yang lain lebih menekan karena itu Anda bisa mewakilkannya dengan membuat dan mengetahui contoh surat kuasa pengambilan gaji melalui bank.

surat kuasa pengambilan gaji melalui bank
Download PDF Download DOC

Konsultasikan Masalah Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Justika

Untuk Anda yang tidak bisa melakukan pengambilan gaji sendiri, maka bisa dilakukan menggunakan surat kuasa. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.