Syarat pengajuan UKL/UPL sudah diatur melalui surat keputusan kepala daerah setempat, bisa gubernur, walikota, atau bupati. Dimana, hampir semua perintah tersebut sama yaitu menyertakan surat kesanggupan.

Bahwa, sebagai sebuah perusahaan mampu mengupayakan penjagaan lingkungan sekitar dalam menjalankan usahanya. Dengan begini, keadaan lingkungan tetap aman dan terjaga. Perlu diketahui bahwa, izin ini diterbitkan oleh menteri.

Hanya saja, untuk semua syarat serta teknisnya ditetapkan oleh masing-masing Kepala Daerah. karena, mereka lebih tahu dan memahami bagaimana keadaan sekitar, sehingga jauh lebih efektif dalam melakukan penjagaan tersebut.

Kondisi tersebut menjadi perbedaan UKL/UPL dengan AMDAL dimana analisis dampak lingkungan tersebut yang mengeluarkan adalah pihak kementerian langsung. Karena, secara garis besar, skala industrinya lebih luas.

Sehingga, dampak atau efek yang dihasilkan juga besar. Hanya saja, untuk semua persyaratannya tidak jauh berbeda. Begitu juga dengan proses yang harus dijalani oleh masing-masing perusahaan.

Syarat Pengajuan UKL/UPL Harus Dipenuhi

Untuk proses pengajuannya sendiri melalui berbagai macam tahapan dulu. Setiap perusahaan wajib mengisi formulir yang disediakan. Selanjutnya, menyiapkan berbagai macam dokumen penting seperti kartu tanda penduduk yang masih berlaku.

KTP merupakan identitas diri, sebagai tanda bahwa Anda adalah pemilik perusahaan tersebut serta yang mengajukan agar mendapatkan izin menjalankan usaha. Berikutnya adalah izin memanfaatkan tata ruang.

Perizinan ini harus tersedia terlebih dulu sebagai salah satu syarat agar apa itu UPL dan UKL dapat diterbitkan, sehingga usaha Anda menjadi lancar tanpa hambatan. Biasanya diberikan perincian mengenai zonasi.

Hal ini bertujuan memaksimalkan pengelolaan tempat agar dapat digunakan oleh berbagai usaha lainnya. Syarat selanjutnya adalah izin teknis, walau tidak wajib disertakan dalam dokumen, tetapi harus dicari terlebih dulu.

Bagi beberapa industri biasanya perizinan tersebut akan dikeluarkan. Berikutnya adalah draft atau susunan dari UKL/UPL itu sendiri seperti apa. Untuk mencari persyaratan tersebut semua jasa hukum sudah menyediakannya lengkap.

Dengan begini, setiap industri tidak perlu lagi kebingungan. Perlu diketahui, seluruh dokumen ini sifatnya sangat penting oleh karena itu dalam pengajuannya perlu diperhatikan dengan benar, diteliti terlebih dulu sebelum mengajukan.

Karena, cepat atau lambatnya pengurusan tersebut tergantung pada dokumen tersebut, Jika, bisa dilengkapi dengan cepat bukan tidak mungkin, waktunya hanya 30 hari. Kalau harus revisi pasti lebih dari itu.

Tambahan Mengenai Syarat Pengajuan UKL/UPL

Dalam mengajukan UKL/UPL masih ada 3 dokumen lagi yang harus disertakan, yaitu gambar perencanaan secara dan jelas. Hal ini menjadi salah satu penilaian penting bagaimana, tim akan memutuskan.

Apakah penerbitan izin dapat dilakukan atau tidak, dalam gambar tersebut akan dijelaskan secara terperinci bagaimana caranya perusahaan melakukan produksi, kemudian mencoba mengupayakan pemulihan serta pemeliharaan lingkungan.

Biasanya, gambar tersebut harus jelas dan terperinci seperti apa, sehingga tim dapat menilainya. Jika, dirasa kurang mereka tidak segan meminta Anda untuk melakukan revisi terlebih dulu sebelum melanjutkannya.

Berikutnya jangan lupa membawa serta membuat surat permohonan pemeriksaan agar prosesnya dapat dilakukan dengan segera. Baru pada bagian terakhir setiap perusahaan wajib menyertakan bukti sosialisasi ke warga.

Sosialisasi ini merupakan bentuk penawaran bahwa, setiap industri sudah memikirkan hingga mengupayakan untuk menjaga lingkungan. Dengan begini dampaknya tidak akan terjadi atau dapat diminimalkan.

Biasanya, dalam proses sosialisasi pihak perusahaan akan memberikan berbagai hasil tes yang sudah dilakukan. Termasuk, bagaimana hasilnya dari pengujian laboratorium mengenai upaya pengendalian tersebut secara jelas.

Sosialisasi ini juga bertujuan agar warga sekitar paham bila kegiatan usaha itu tidak membuat pencemaran sehingga, menimbulkan efek yang luar biasa. Bukti sosialisasi ini sangat penting jadi, harap menjadi perhatian.

Berikut Persyaratan yang Harus Diperhatikan

Setelah semuanya sudah selesai dikumpulkan, maka pihak dinas terkait akan melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut selama kurang lebih 5 hari. Perlu diketahui salah satu contoh UKL-UPL industri adalah pabrik.

Dimana mereka selalu menghasilkan berbagai macam limbah yang cukup membahayakan bagi warga sekitar. Mungkin, bukan hari ini melainkan, jangka panjang sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jika, ada pertanyaan mengenai siapa yang wajib memiliki UKL/UPL? Maka, dilihat dari berbagai syarat diatas adalah mereka yang mempunyai perusahaan tetapi, masih berhubungan dengan alam sekitar.

Dampak lingkungan memang menjadi catatan penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Mengambil keuntungan tanpa melihat seperti apa dampaknya merupakan tindak kejahatan, inilah alasannya perizinan ini sangat penting.Mengupayakan perlindungan lingkungan adalah langkah bersama agar bumi tetap layak untuk dihuni serta menghindarkan dari bencana. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan benar syarat pengajuan UKL/UPL agar tidak revisi.

Urus Segala Persoalan bisnis Anda dengan mudah bersama Justika. Segala kebutuhan bisnis akan dapat terselesaikan dengan mudah dan praktis. Melalui berbagai produk dari bisnis.justika.com , Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda jadi lebih baik lagi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.