Sanksi penyedia cryptocurrency ilegal sudah jelas di Indonesia namun pada kenyataannya masih banyak saja orang-orang atau para oknum yang mencoba peruntungannya dengan membuat sebuah entitas palsu dalam dunia crypto.

Hal ini dibarengi dengan adanya animo masyarakat mengenai perdagangan mata uang digital tersebut. Karena saat ini trading merupakan hal yang sangat populer di berbagai kalangan bahkan juga populer di dunia anak muda 

Perlindungan uang kripto sendiri adalah kriptografi sebagai jaminannya yang dapat melindungi informasi serta saluran komunikasi melalui penggunaan kode, singa pada akhirnya uang digital ini mulai dijadikan sebagai subjek untuk jual beli.

Transaksi mata uang kripto memang tidak bisa dipalsukan karena pencatatanya akan terpusat pada sebuah teknologi yang dinamakan blockchain. Uang digital ini Mama aman namun yang sering menjadi masalah adalah penyedia jasa jual beli ayau exchange.

Mengetahui Sanksi Penyedia Cryptocurrency Ilgal

Menyediakan website untuk transaksi jual-beli crypto secara like ilegal tentu saja sudah bisa dipastikan jika ketahuan akan mendapatkan sanksi. Apalagi jika website tersebut terbukti melakukan penipuan ke sejumlah nasabah atau trader.

Ada banyak langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency yang bisa Anda ambil, Hal ini karena Kementerian Perdagangan melalui Badan Perdagangan Berjangka Komoditi sudah resmi memberikan kepastian hukum mengenai aset kripto itu sendiri.

Adapun perlu mengetahui pasal apa saja yang nantinya bisa digunakan untuk menjerat pelaku karena jika membahas tentang investasi legal identik dengan investasi bodong dan tentu saja para korban bisa menuntut menggunakan pasal penipuan, ataupun penggelapan.

Sudah banyak kasus penipuan terjadi, sehingga sebenarnya hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran di mana ketika Anda ingin melakukan investasi maka ketahui dulu sejarah dan seluk beluk entitas yang menawarkan hal tersebut.

Sanksi penyedia cryptocurrency ilegal berkaitan dengan tindak pidana penipuan oleh korporasi di mana hal tersebut sudah diatur pada KUHP pasal 378. Pasal tersebut mengatakan bahwa siapapun yang menguntungkan dirinya sendiri dan melawan hukum akan dipidana.

Apalagi jika terbukti para pelaku menguntungkan diri sendiri atau kelompoknya dengan memakai nama palsu, martabak palsu atau rangkaian kebohongan sehingga membuat para korban tergiur sehingga menggerakkan korban untuk menyerahkan barang atau harta.

Jika terbukti bersalah maka para pelaku aku akan diancam tindak pidana paling lama 4 tahun, sehingga Anda tinggal mencari bukti saja mengenai penyedia crypto apakah menggunakan nama palsu, keadaan palsu serta tipu muslihat.

Bahkan karangan perkataan bohong juga bisa dijadikan bukti karena biasanya penyedia kripto palsu akan memberikan ini bonus besar serta keuntungan yang tetap misalnya dalam satu bulan mendapatkan 10% hingga 50% dan lain-lain.

Kiat Trading Cryptocurrency dengan Aman

Sanksi penyedia cryptocurrency illegal diharapkan bisa memberikan efek jera dan tidak ada pelaku pelaku kejahatan serupa yang berusaha menipu Para investor pemula atau trader yang baru saja menggeluti dunia kripto.

Namun tidak ada salahnya juga jika Anda lebih berhati-hati dan mengetahui aturan hukum aset cryptocurrency dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa yang sudah terdaftar pada OJK.

Cobalah mencari penyedia jasa resmi yang sudah terbukti aman dan terpercaya dan berpengalaman dalam dunia crypto. Biasanya exchange bertindak sebagai market saja, transaksi dilakukan oleh trader yaitu oleh Anda sendiri.

Namun jika sudah dijalankan oleh orang lain maka artinya ada pihak ketiga yang masuk dalam transaksi jual-beli anda. Sehingga patut berhati-hati karena hal ini menimbulkan banyak masalah di kemudian hari lebih menjurus pada penipuan investasi.

Setelah bergabung pada eceng berkualitas dan terdaftar OJK maka Anda juga perlu memilih jenis mata uang digital yang tepat karena sudah ada 229 mata uang yang terdaftar pada BAPPEBTI, tugas Anda memilih mata uang yang memberikan peluang baik dan menguntungkan.

Jangan lupa juga untuk mengetahui cara melaporkan website cryptocurrency ilegal karena jika sewaktu-waktu Anda melihat sebuah website yang mencurigakan, website tersebut bisa segera ditangani oleh pihak berwenang dan tidak memakan banyak korban.Apalagi Anda pun bisa melaporkannya secara online, sehingga para trader lain bisa berinvestasi di jalan yang tepat yaitu menggunakan exchange berkualitas. Dengan begitu sanksi penyedia cryptocurrency ilegal dapat dirasakan sebelum merugikan banyak trader atau investor.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.