Banyak yang belum paham mengenai cara melaporkan website cryptocurrency ilegal, padahal kian lama kian marak saja. Seperti yang diketahui, seiring meningkatnya animo masyarakat terhadap dunia crypto, banyak oknum mulai mencari keuntungan.

Seharusnya animo masyarakat tersebut harus dibekali dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi agar terhindar dari berbagai kasus penipuan yang mengatasnamakan crypto. Dengan iming-iming keuntungan besar saja sudah banyak yang terjerat dan tertipu.

Apalagi para oknum juga tidak segan-segan memberikan informasi yang keliru, bahkan sangat berani menjanjikan keuntungan tetap, dimana aset kripto sendiri memiliki harga yang naik turun dengan cepat.

Untuk itu, demi meminimalisir adanya kecurangan dari oknum-oknum tertentu, sebaiknya Anda mempelajari bagaimana cara melaporkan website cryptocurrency ilegal supaya tidak banyak memakan korban.

Ciri-ciri Entitas Kripto atau Website Ilegal

Pertama-tama sebaiknya para trader pemula harus mengetahui bagaimana ciri-ciri entitas atau website crypto ilegal supaya tidak mudah terjebak dan mudah juga untuk melakukan pelaporan terkait masalah tersebut.

Pada umumnya modus entitas crypto abal-abal seringkali menawarkan keuntungan beragam seperti income 1% perhari atau bahkan 14% per minggunya, kemudian para oknum juga melakukan kegiatan  mirip dengan MLM atau skema piramida.

Padahal sanksi penyedia cryptocurrency ilegal, bisa dikatakan cukup berat namun masih banyak oknum yang tidak ragu melakukan penipuan semacam itu. Sehingga para trader terutama pemula sebaiknya lebih waspada dan terus juga mengetahui aturan hukum aset cryptocurrency.

Jangan mudah tergiur iming-iming bonus besar karena biasanya para oknum akan menawarkan keuntungan besar ketika Anda berhasil mengajak orang lain bergabung pada entitas dengan mengakses websitenya.

Para pelaku memang sengaja memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat dengan cerita-cerita menarik tentang kesuksesan orang-orang yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia crypto. Jadi memang benar-benar harus diwaspadai, jika ingin trading carilah website terpercaya.

Cara Melaporkan Website Cryptocurrency Ilegal Secara Online

Terkadang para korban enggan melakukan pelaporan mengenai apa yang sudah terjadi, biasanya dikarenakan kesibukan, apa ketidaktahuan mengenai alur pelaporan. Pada saat ini Anda sudah bisa melaporkan website palsu tersebut secara online.

Bahkan nantinya ada langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency yang bisa Anda ambil. Pertama Anda perlu melakukan pengaduan pada layanan pengaduan BAPPEBTI dilakukan secara online.

Kementerian perdagangan memang berusaha memberikan fasilitas untuk Para investor ataupun trader dengan membuka layanan pengaduan berjangka komoditi secara online, sehingga diharapkan melalui layanan ini masyarakat bisa melakukan pengaduan dengan praktis.

Ada langkah-langkah simpel dan siapapun bisa melakukannya bermodalkan perangkat komputer ataupun smartphone. Cara melaporkan website cryptocurrency ilegal secara online sangat praktis, berikut tahap-tahapnya:

  1. Buka halaman website pengaduan kemudian melakukan pendaftaran akun

Jika Anda menjadi korban penipuan yang berkaitan dengan aktivitas pialang berjangka ataupun investasi bodong maka segera lakukan pelaporan dengan mengunjungi laman web pengaduan di https://pengaduan.bappebti.go.id

  1. Masukkan data pengguna dengan lengkap lalu klik registrasi

Setelah masuk pada halaman website pengaduan maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran akun dengan menginput data Anda dengan lengkap dan valid kemudian klik registrasi atau daftar.

  1. Buatlah pengaduan dengan login pada akun yang sudah dibuat

Setelah mengikuti proses daftar maka Anda sudah memiliki sebuah akun di mana akun tersebut biasanya akan disinkronisasikan dengan alamat email ataupun nomor ponsel yang sudah didaftarkan.

Kemudian lakukan aktivasi melalui tautan, ikuti petunjuk selanjutnya hingga aku benar-benar aktif. Setelah aktif Anda tinggal login saja pada akun yang sudah dibuat tersebut menggunakan ID dan password yang sudah didapatkan melalui email.

  1. Klik Buat Pengaduan

Setelah login lalu Anda bisa klik opsi buat pengaduan dan mulai memasukkan data pengaduan anda, misalnya seperti identitas perusahaan atau website ilegal tersebut kemudian identitas Anda sebagai pelapor.

  1. Unggah Dokumen dan Masukan Info Kronologis

Unggah dokumen persyaratan pengaduan beserta bukti-bukti tentang website tersebut merupakan website ilegal dan berusaha melakukan penipuan. Jangan lupa juga menceritakan bagaimana kronologis kejadiannya kemudian klik kirim pengaduan.Langkah-langkah simpel dan praktis diatas diharapkan bisa meminimalisir adanya penipuan yang berkedok crypto. Jadi sebaiknya Anda lebih waspada atau tidaknya tahu bagaimana cara melaporkan website cryptocurrency ilegal untuk mendapatkan hak Anda kembali.

Tanyakan Saran Hukum Terkait Crypto Kepada Justika

Anda bisa mengkonsultasikan perihal cara melaporkan website crypotcurrency ilegal tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.