Tidak semua orang paham mengenai langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency. Sehingga tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan untuk pihaknya semata.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia crypto, Kenaikan dan penurunan harga sangat sulit untuk dikendalikan sehingga jika Anda bertemu dengan entitas yang memberikan keuntungan tetap setiap hari atau setiap minggunya, maka perlu dicurigai.

Hingga saat ini banyak sekali modus penipuan dengan iming-iming keuntungan besar dalam dunia crypto, ditambah animo masyarakat sedang meningkat dan mulai tertarik dengan uang digital tersebut.

Parahnya, para trader pemula juga secara sembarangan menggunakan website dengan iming-iming untung besar tersebut yang tidak tahu menahu mengenai langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency.

Bahaya Trading Crypto dengan Entitas Ilegal

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai langkah hukum atau bagaimana cara melaporkan website cryptocurrency ilegal, Anda pun perlu memahami apa saja bahaya trading crypto apalagi jika tidak menggunakan jasa entitas yang jelas.

Sebelum terjun dalam dunia crypto, Anda harus mengetahui seluk beluknya, apa yang diperjualbelikan dan entitas mana saja yang recommended. Ketahui juga aturan hukum aset cryptocurrency dan lain-lain.

Dengan begitu semuanya menjadi jelas dan Anda pun bisa terhindar dari oknum-oknum berniat menipu atau para pencetus website crypto menggunakan iming-iming bonus atau keuntungan dengan persentase besar.

Sebenarnya tenang saja karena ada banyak sanksi penyedia cryptocurrency ilegal, namun sebelum terjun dalam dunia trading crypto maka ketahui bahaya apa saja mengintai Anda agar nantinya bisa lebih waspada.

Dibanding investasi lain seperti saham ataupun forex, kripto memiliki resiko cukup besar karena pertukaran yang hanya menggunakan kriptografi tanpa adanya jaminan aset dari investasi yang sudah ditanamkan.

Fluktuasi harganya juga sangat tinggi sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu transaksi perdagangan sangat fluktuatif, sehingga jika Anda menggunakan website crypto illegal tentu saja jaminan keamanan benar-benar rendah.

Sebaiknya carilah website terpercaya yang sudah terdaftar pada OJK, bahkan pada umumnya yang menjalankan trading atau aktivitas jual beli crypto adalah trader itu sendiri atau Anda sebagai pemilik akun pada website tersebut.

Langkah Hukum Jika Menjadi Korban Penipuan Cryptocurrency

Sebenarnya jika Anda ingin berinvestasi pada dunia crypto maka tinggal mencari saja entitas atau exchange berkualitas dan terpercaya. Pada umumnya Excel semacam itu sudah terdaftar pada OJK, memiliki review baik dan memberikan keuntungan yang logis.

Namun jika sudah memberikan iming-iming besar dan menggiurkan dengan sangat singkat bahkan juga memiliki badan hukum yang tidak jelas maka sebaiknya perlu diwaspadai dan bagaimana jika sudah terlanjur menjadi korban penipuan?

  1. Cobalah untuk mengumpulkan bukti

Sebenarnya untuk melakukan pengaduan bisa menggunakan cara online karena sudah ada website dari kementerian perdagangan yang memberikan layanan pengaduan BAPPEBTI.

Anda bisa melakukan pengaduan dengan mengumpulkan banyak bukti kemudian ceritakan kronologisnya. Anda bisa melakukan pengaduan secara online terlebih dahulu lalu dilanjut dengan pengaduan offline.

  1. Cobalah mengumpulkan korban

Coba juga untuk mengumpulkan para korban penipuan agar Anda bisa melawannya bersama dan nantinya bisa dijadikan sebagai saksi untuk memperkuat bukti yang sudah Anda kumpulkan.

  1. Lakukan pengajuan hukum perdata

Sebenarnya langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency tertulis jelas pada pasal penipuan investasi gimana sebagai negara hukum tentu saja ada suatu undang-undang yang mengatur mengenai pencucian uang.

Cobalah untuk mengajukan hukum perdata agar bisa menyelesaikan masalah tersebut apalagi jika Anda sudah mengumpulkan banyak bukti, bahkan para korban sudah bekerjasama untuk memberikan keterangan.

  1. Upgrade menjadi pengajuan hukum pidana

Jika tidak puas pada hukum perdata maka Anda bisa mengajukannya menjadi hukum pidana sehingga masalah tersebut bisa dituntut agar para oknum  mendapatkan hukuman penjara 

Pada intinya untuk menjadi seorang yang sukses apalagi dalam dunia trading maka diperlukan kesabaran dan modal tidak sedikit. Sehingga perlu dipertanyakan jika Anda bertemu dengan entitas yang menawarkan keuntungan dengan cepat serta besar.

Sebelum terjun dalam dunia crypto pun ada perlu mempelajari mengenai seluk beluk serta serba-serbinya, agar sebagai trader pemula maka Anda bisa memahami cara kerja crypto dan melakukan trading secara mandiri.Trading secara mandiri tentu saja lebih aman dibanding harus menggunakan robot trading atau sejenisnya karena tidak semuanya terdaftar OJK dan berkualitas. Mungkin langkah hukum jika menjadi korban penipuan cryptocurrency bisa dijalankan namun membutuhkan waktu lama.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.