Mengenali ciri ciri MLM bodong termasuk sangat penting bagi pengusaha zaman sekarang. Terlebih termasuk sebagai model bisnis yang umum dipakai. Kita tidak boleh ketinggalan dari orang lain untuk mencoba memanfaatkan.

Apalagi sudah terbukti banyak orang memperoleh manfaat dari Multilevel Marketing. Misalnya memperoleh jabatan tinggi setelah banyak berjuang. Termasuk juga mendapat hadiah dan reward dari petinggi perusahaan.

Untuk produk yang sudah tersedia saat ini juga terbilang cukup bervariasi. Misalnya berhubungan dengan jual beli produk, jasa sampai investasi. Dengan berkembangnya zaman, produk tersebut bisa saja berubah-ubah.

Agar menguntungkan, badan usaha maupun perseorangan wajib mengikuti aturan hukum bisnis MLM. Apalagi sudah terdapat sistem pemasaran yang terbilang efisien. Jika mengikuti aturan, maka keuntungannya semakin potensial.

Tapi harus diketahui kalau mengikuti bisnis semacam ini harus memberi biaya keanggotaan. Baru kemudian bekerja dan menunjukkan komitmen. Hal inilah yang membuatnya masih sering dianggap cukup berisiko.

Buat Anda yang masih belum percaya, bisa melakukan penelitian dan analisa. Terutama demi memahami tentang MLM bodong atau palsu. Terbilang menjadi hal paling awal agar tidak terkena penipuan dari bisnis.

Skema Ponzi dan Produk Tidak Jelas

Memang dalam segala bisnis terdapat untung dan rugi. Tapi kalau kebanyakan hanya mengalami rugi, bisa menjadi ciri ciri MLM bodong. Terlebih jika ternyata bisnis yang Anda ikuti memakai skema Ponzi.

Harus diketahui jika skema ponzi dianggap buruk bahkan haram dalam Islam. Tentu karena sangat merugikan pelaku usahanya. Tidak lain karena dari awal ternyata sudah dibuat investasi palsu tapi anggotanya tertarik.

Para anggota tersebut bahkan berani membayar biaya keanggotaan awal. Termasuk sebagai money game yang dilarang dalam agama maupun perdata. Memang cukup sederhana karena hanya mengajak, tapi efeknya negatif.

Nantinya ciri bisnis MLM palsu tidak hanya sampai disitu. Melainkan anggota yang telah tertipu tersebut juga harus mengajak orang lain lagi. Jadi, meskipun awalnya tidak sadar, tapi melakukan penipuan juga.

Sementara itu selain dalam bentuk investasi bodong, ciri lain yang wajib dihindari yaitu produk tidak jelas. Meski awalnya mengatakan membuka jaringan bisnis produk, ternyata tidak ada yang benar-benar dijual.

Disini para anggota hanya disuruh untuk mengajak orang lain supaya downline meningkat terus. Kemudian secara langsung upline juga bisa meningkat. Lalu akan menguntungkan bagi orang dengan jabatan tertinggi.

Setelah bergabung, pekerjaan anggota hanya melebarkan jaringan saja. Jadi, sebelum bergabung pastikan melihat stok produk beserta pabriknya sekalian. Terutama agar benar-benar memiliki produk, bukannya jualan rekayasa.

Biar tidak ditemukan masalah buruk semacam ini, disarankan dari awal memakai bisnis MLM menurut Islam. Terutama agar sistemnya syariah dan terjamin. Bahkan untuk non muslim sekalipun tetap dapat mencobanya.

Ciri Ciri MLM Bodong Dari Komisi

Untuk ciri bisnis MLM palsu paling umum yang mudah kita temukan yaitu dalam pemberian komisi. Disini kita harusnya mendapat komisi dengan bekerja. Pekerjaan tersebut dimaksudkan dengan cara menjual produk.

Tapi jika bodong artinya tidak terdapat produk dan 0% penjualan. Dalam artian kita tidak akan mampu menerima komisi atau bonus perusahaan. Berbeda dengan pebisnis teratas yang mendapat uang dari anggota.

Tentu bukan hanya itu kekurangan yang akan diterima, melainkan ada masalah seperti sulit memperoleh anggota baru. Kita tidak mungkin dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Terutama jika menjadi agen atau anggota.

Sebenarnya bukan berarti ciri usaha MLM bodong tersebut benar-benar tidak memperoleh downline. Bisa saja mampu mendapat anggota baru lagi. Tapi jumlahnya sedikit dan perlu perjuangan sangat keras mendapatkannya.

Belum lagi jika palsu, artinya kita bertanggung jawab atas mereka. Jadi, harus mengecek keaslian dari awal agar tidak melakukan kesalahan. Apalagi sampai ada anggota yang setor dalam jumlah ratusan juta.

Sangat banyak kerugian diperoleh jika Anda menjalankan MLM bersifat bodong. Selain sulit dapat downline, akan ada pemberian harga produk tinggi padahal tidak ada sekalipun. Tidak heran kesulitannya sangat buruk.

Kalau terdapat indikasi kurang baik setelah komitmen kerja sama dibuat, tidak boleh dibiarkan. Melaksanakan cara melaporkan penipuan berkedok MLM termasuk langkah bijak. Terutama agar mengikat perusahaan tidak kabur.
Kalau sudah memahami segala macam poin tersebut, ada jaminan jika bisa terhindari dari masalah. Bahkan dapat meraup untung dari fee perusahaan. Jadi, penting bagi kita mengetahui ciri ciri MLM bodong.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.