Panduan mengenai cara melaporkan penipuan berkedok MLM tergolong penting diketahui. Terutama jika Anda ingin bergabung pada perusahaan Multilevel Marketing. Apalagi ingin mengetahui cara menangani masalah tersebut.

Kita tidak dapat menghindari jika zaman sekarang sangat mudah muncul penipuan. Bahkan bisnis berhubungan dengan pemasaran yang ternyata menipu. Kita tidak dapat membiarkannya karena bisa saja sangat merugikan.

Apalagi saat ini cara orang memperoleh untuk dari orang yang tidak paham bisnis sangat bervariasi. Mereka dapat berubah menjadi orang baik pada awalnya. Tapi kemudian menipu bahkan dengan angka miliaran.

Tidak heran sebagai calon anggota, Anda harus paham aturan hukum bisnis MLM. Terutama agar tidak terdapat masalah buruk setelah menjadi anggota. Agar lebih baik, keresmian dan legalitas juga termasuk prioritas.

Disini kita hanya mengharapkan keuntungan bukannya nasib buruk berbisnis. Maka dari itu harus teliti sebelum bergabung atau bekerja sama. Terlebih jika melakukan pekerjaan bersama perusahaan kurang dikenal.

Langkah dan Cara Melaporkan Penipuan Berkedok MLM

Bila Anda sudah terlanjur terkena penipuan, dapat segera melapor dengan mudah. Terutama agar segera terlacak kepolisian dan tersangka belum kabur jauh. Cukup mudah dilakukan karena seperti laporan kejahatan umum.

Persiapan Laporan Awal

Untuk persiapan laporan awal dalam cara melaporkan penipuan berkedok MLM yang perlu Anda lakukan disini sebenarnya secara online maupun langsung. Kalau yang secara langsung yaitu dengan blok rekening dan kartu kredit. Terutama agar tidak disalahgunakan orang.

Disini Anda dapat melaporkan rekening atau perusahaan tersangka lewat beberapa website. Misalnya Aduan BRTI, Lapor.go.id sampai Cekrekening.id. Tujuannya juga agar tidak ada lagi orang yang kemudian tertipu.

Dalam bisnis MLM menurut Islam sekalipun segala macam kebohongan sifatnya haram. Harus segera mengambil tindakan awal meski sifatnya online. Tergolong sebagai langkah paling awal untuk pelaporan agar lengkap.

Cara Melaporkan Penipuan Berkedok MLM Dengan Menyiapkan Bukti

Jika sudah membuat laporan online ditambah memblok rekening pribadi, tinggal menyiapkan bukti. Terutama yang dapat dipakai sebagai laporan langsung. Untuk bukti tersebut harus lengkap dan bersifat valid.

Beberapa bukti yang dibutuhkan disini biasanya dapat dikumpulkan dalam bentuk digital. Apalagi jika MLM yang dilakukan berkedok penipuan online. Bisa menambah foto, video, rekaman suara dan bukti tambahan lainnya.

Nantinya akan lebih baik apabila bukti tersebut dimasukkan pada satu tempat. Misalnya flashdisk agar bisa diberikan lebih ringkas. Pihak kepolisian juga dapat dengan cepat memproses laporan kita tersebut.

Mendatangi Kantor Polisi

Lalu cara melaporkan penipuan berkedok MLM paling penting selanjutnya tentu dengan mendatangi kantor polisi. Usahakan mengumpulkan dulu bukti secara lengkap. Apalagi polisi akan meminta keterangan secara detail.

Perlu diketahui untuk satuan yang perlu Anda datangi tidak lain berupa tindak pidana siber. Terutama jika mereka melakukan banyak aktivitas lewat online. Jika secara konvensional, maka tetap dapat mendatangi polres.

Disarankan menuju ke polres terdekat sesuai dengan domisili kejadian. Bila nantinya kejadian ternyata lebih parah dan membesar, bisa saja sampai nasional. Nantinya banyak pihak bisa membantu mengurus kasus kita.

Menghampiri Ruangan SPKT

Bila kasus yang sedang Anda ingin selesaikan ini baru berskala polres, disarankan cara melaporkan penipuan berkedok MLM satu ini adalah menghampiri ruangan SPKT. Merupakan singkatan dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu. Dapat membantu semua masyarakat sipil.

Anda yang membutuhkan konsultasi dan ingin melapor masalah hukum penipuan bisa langsung meminta bantuan. Tidak lupa langsung memberi laporan disertai bukti. Tentu penyerahan tersebut pada pihak petugas.

Berkomunikasi dengan Petugas

Kalau sudah menyerahkan pada petugas, nantinya akan diberi beberapa pertanyaan atau pernyataan. Anda harus tetap berkomunikasi dengan petugas untuk memberi bantuan. Terutama agar penyelidikan lebih mudah.

Semua informasi yang dibutuhkan oleh petugas agar tercatat pada komputer. Bahkan kemudian dicetak untuk melangsungkan proses penyelidikan lebih lanjut. Harus tenang dan bersabar saat memberi pernyataan.

Menunggu Pemberitahuan Lanjutan Terkait Cara Melaporkan Penipuan Berkedok MLM

Kalau sudah sukses memberi laporan, maka tinggal menunggu pemberitahuan lanjutan dari pihak kepolisian. Mereka akan memberi update terbaru dalam beberapa jam. Terutama jika sudah terlacak apalagi segera tertangkap.

Bila memang sudah ada indikasi ciri ciri MLM bodong setelah bergabung, tidak boleh berdiam diri. Melaporkan dengan cepat termasuk sebagai suatu kewajiban. Apalagi sampai membawa kabur uang dari banyak anggotanya.
Setelah kita mengetahuan prosedurnya, ternyata sama sekali tidak sulit. Bahkan semua orang dapat dengan mudah melakukannya sendiri. Jadi, cara melaporkan penipuan berkedok MLM tersebut bisa segera Anda coba.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.