Razia kendaraan di jalan perumahan sepertinya jarang ditemui, namun jika tiba-tiba terdapat operasi di lokasi tersebut, semua orang panik. Padahal razia bisa dilakukan dimana saja sesuai ketentuan perundang-undang.

Kepolisian semakin gencar melaksanakan pemeriksaan kendaraan bermotor, biasanya memang dilakukan di pinggiran. Dimana setiap kendaraan pasti dihentikan untuk memeriksa kelengkapan surat-surat dan SIM para pengemudi.

Pemeriksaan kelengkapan surat dan izin seringkali menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat. Karena semua yang melewati jalan akan diperiksa berdasarkan aturan hukum razia kendaraan bermotor, namun tidak perlu merasa khawatir.

Pemeriksaan ini mempunyai tujuan selain menertibkan para pengemudi juga mencari pelaku kriminal yang sedang melarikan diri. Oleh karena itu, diperlukan sikap kooperatif dengan petugas.

Razia Kendaraan di Jalan Perumahan

Seringkali Anda menemui terdapat pemeriksaan di jalan besar atau utama, hal ini merupakan aktivitas rutin kepolisian. Hal tersebut adalah tugas aparat terkait, untuk melakukan penertiban para pengemudi.

Sehingga semua orang, mulai pengemudi, penumpang, hingga pejalan kaki sebagai pengguna jalan secara umum bisa lebih patuh. Kesadaran dan kepatuhan tersebut akan menghasilkan keamanan, kelancaran, serta keselamatan di mana saja.

Polisi juga terkadang melakukan prosedur razia kendaraan bermotor yang benar di jalanan perumahan atau perkampungan. Dengan catatan tertentu, termasuk jalan umum, sebenarnya kejadian semacam ini terbukti sah di mata hukum.

Aturan razia di lokasi-lokasi selain jalan raya sudah diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 (UU LLAJ). Selain itu juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 80 Tahun 2012 (PP 80/2012).

Peraturan tersebut berisi tentang penjelasan bahwa razia kendaraan oleh petugas di jalan alternatif daerah perumahan semi kompleks adalah kegiatan legal. Dengan catatan jalan tersebut adalah tempat lalu lintas umum.

Selama area tersebut dilalui banyak orang, maka petugas dalam hal ini polisi lalu lintas berhak melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor. Namun, semua orang juga memiliki hak untuk memastikan keresmian tindakan tersebut.

Misalnya dengan melihat syarat razia lalu lintas resmi berupa seragam, surat perintah tugas, sebagai pencegahan apabila tindakan itu ternyata ilegal. Seperti ketentuan dalam undang-undang petugas harus dan wajib mengenakan seragam.

Biasanya terdapat tanda atau plang khusus yang menerangkan bahwa sedang digelar operasi kendaraan bermotor atau razia di jalan perumahan. Jika masih belum yakin, tanyakan mengenai surat perintah tugas kepada petugas terkait.

Surat perintah tugas umumnya berisi tentang beberapa poin khusus meliputi alasan, jenis, lokasi, waktu, penanggung jawab, daftar petugas baik kepolisian atau penyidik pegawai negeri bidang LLAJ.

Tips Menghadapi Razia

Lebih baik bersikap kooperatif dengan petugas daripada menghadapi hal-hal di luar kehendak Anda. Apabila sudah waktunya membuat Surat Izin Mengemudi, sebaiknya segeralah membuatnya agar memudahkan segala urusan, perhatikan tips berikut.

Saat melaksanakan razia di jalan perumahan, petugas pasti akan menghentikan semua kendaraan, terutama yang terlihat mencurigakan. Jika yakin tidak melanggar peraturan berlalu lintas, tidak perlu takut menghadapi hal tersebut.

Jangan terlihat panik, santai saja seperti biasanya, panik malah akan membuat keadaan menjadi tidak terkendali. Jangan berkendara secara agresif, karena petugas akan melihatnya sebagai upaya kabur dari pemeriksaan.

Ketika terdapat razia saat malam hari, petugas akan menghentikan kendaraan mencurigakan, namun tidak perlu panik. Jika tidak yakin lakukan langkah hukum jika menemukan razia lalu lintas ilegal apabila memang mencurigakan.

Turunkan kaca jendela mobil ketika polisi mendekatkan diri ke arah Anda, lalu aktifkan lampu kabin. Hal ini sangat penting untuk membantu memperjelas tampilan surat ketika dilaksanakan pemeriksaan.

Lakukan semua aba-aba petugas, setelah mengambil surat-surat, Anda bisa bersikap biasa saja. Hindari melakukan hal tidak penting untuk menghindari kecurigaan polisi ketika memeriksa kelengkapan dokumen pengendara.

Terdapat banyak strategi untuk menghindarkan diri dari tilang, misalnya bersikap jelas, sopan, serta tenang. Hargai polisi yang sedang bertugas dengan mengikuti instruksi, serta tidak perlu membicarakan hal kurang penting.

Bersikap sopan akan mengurangi rasa gugup, umumnya pelanggar lalu lintas akan merasakan gugup saat diperiksa. Jawab pertanyaan petugas dengan jawaban pasti, ya atau tidak, tidak perlu membuat alasan.

Hampir semua orang pasti pernah merasakan tilang, entah karena memang melanggar peraturan, lupa, terburu-buru, atau ketidaktahuan. Razia kendaraan di jalan perumahan memang jarang ditemui, biasanya diadakan di jalan raya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.