Cara negosiasi hutang bank memang harus Anda tahu bila kini tengah mengalami kendala dalam melunasi hutang bank. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai alasan. Terlepas dari hal itu, sebaiknya jangan dihindari, justru Anda harus berusaha menemukan solusinya.

Meminjam uang di bank memang membutuhkan perjuangan. Karenanya, Anda jangan seenaknya dalam melunasi hutang, apalagi memang ini sudah menjadi pilihan dan tanggung jawabmu.

Namun bila ada kesalah pahaman, Anda bisa mengambil langkah hukum jika dituduh bank belum melunasi hutang.

Kabar baiknya bank sudah memberi kemudahan terkait cara negosiasi hutang bank 2022. Dengan begitu, para nasabah yang memiliki tagihan dapat melunasi hutangnya dengan keringan.

Dengan adanya keringanan dari bank, harapannya tidak ada lagi kredit macet yang dapat merugikan pihak bank. Kalau sudah begini, apakah pihak bank berhak menolak permohonan reschedule kredit?

Cara Negosiasi Hutang Bank dengan Benar

Nah, dibawah ini adalah ulasan cara negosiasi hutang bank yang bisa Anda praktekkan sebagai solusi. Yuk langsung disimak!

1. Beritahu yang Sebenarnya

Tidak perlu ragu memberitahu pihak bank bila Anda memiliki kendala dalam melunasi hutang-hutang. Jelaskan semuanya secara jujur tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Karena bank bisa menerima alasan tersebut bila memang permasalahan yang ada tidak menemukan titik terang.

Itu artinya, cara negosiasi hutang bank yang pertama adalah dengan mengedepankan komunikasi.

Maksudnya, Anda tetap melaksanakan kewajiban tersebut dengan berusaha menyelesaikan masalahmu. Kalau sudah begini, bank tentu akan membantu meringankan beban dengan berbagai kebijakan didalamnya.

Sebaliknya, jangan sampai Anda tidak memberikan informasi penting tersebut karena justru akan membuat mereka salah paham.

Karena jika begini, bank akan terus menyampaikan tagihan-tagihan hutangmu bahkan menerapkan kebijakan aturan hukum penggunaan debt collector.

2. Jangan Berbohong

Perlu dipahami, cara negosiasi hutang bank ini dikhususkan untuk Anda yang benar-benar memiliki kendala dalam melunasi hutang.

Jika alasan tidak dapat membayar hutang hanya karena Anda tidak disiplin dan boros, tentu alasan ini akan langsung ditolak oleh pihak bank.

Artinya, jangan sekali-kali berbohong karena pihak bank dapat melacak danamu yang disimpan di bank. Jika nantinya ditemukan dana yang tersimpan pada bank, tentu saja Anda akan langsung diminta untuk melunasinya.

Program Keringanan Kredit Dari Bank

Sekarang ini Anda tidak perlu khawatir, karena bank memiliki beberapa program yang dapat meringankan nasabah dalam membayar hutang. Sekedar informasi, program ini memang disarankan oleh Bank Indonesia demi perbankan yang sehat.

Nah dengan program cara negosiasi hutang bank ini, Anda sebagai nasabah akan mendapatkan keringanan, namun pilihlah yang sesuai kebutuhanmu. Maka dari itu, sebaiknya pelajari program tersebut sebelum berniat untuk memilihnya.

1. Diskon Tagihan Untuk Sekali Bayar

Cara negosiasi hutang bank selanjutnya adalah dengan program diskon tagihan untuk sekali bayar. Biasanya diskon yang diberikan terbilang banyak, dengan maksud agar Anda membayarnya sekaligus dalam sekali waktu.

Itu artinya, Anda juga harus memiliki uang yang cukup untuk membayar tagihan sekaligus melunasi hutang tersebut.

Tidak perlu khawatir, biasanya pihak bank akan memberikan jatuh tempo agar Anda dapat melunasinya. Umumnya cara negosiasi hutang bank ini membutuhkan waktu satu bulan.

Selain itu Anda juga harus menyiapkan uang yang pas untuk melunasi hutang tersebut. Jika sampai tempo yang ditentukan Anda belum mampu membayar, maka kebijakan ini akan otomatis terhapus.

Program ini jauh lebih cocok untuk nasabah yang memiliki simpanan lebih, namun resikonya mereka akan kehabisan uang yang cukup banyak.

Terlepas dari hal itu, nasabah juga tidak akan lagi ditagih oleh debt collector. Karenanya, tetap pahami cara menghadapi debt collector.

2. Waktu Cicilan Bertambah Dengan Diskon Bunga

Cara negosiasi hutang bank selanjutnya adalah dengan program waktu cicilan bertambah. Dalam program ini, Anda akan mendapatkan diskon bunga yang cukup banyak.

Bahkan bunga tersebut dapat dipotong menjadi setengahnya. Itu artinya, biaya tagihan setiap bulan jauh lebih sedikit. Selain itu, program ini juga memungkinkan Anda untuk membayar DP minimal sebesar 10%.

Terlepas dari hal itu, program ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut ada pada waktu cicilan yang terus bertambah.

Mungkin awalnya hanya setahun, namun lambat laun menjadi bertambah dan tidak terasa jika tagihan mulai membengkak.

3. Diskon Cicilan

Cara negosiasi hutang bank ini merupakan gabungan dari dua program sebelumnya.

Sayangnya hanya beberapa bank saja yang menerapkan program ini. Selain itu, pihak bank juga yang akan memilih nasabah mana yang dapat menggunakan program ini.

Keuntungan dari diskon cicilan adalah hutang yang ada di bank menjadi cepat lunas.

Memang jumlah diskon cicilan tidak sebesar pada program sekali bayar, namun cicilannya juga tidak akan lama. Biasanya kesempatan untuk membayar cicilan sebanyak 6 kali. Cara negosiasi hutang bank memang membutuhkan trik tertentu. Asalkan Anda berterus terang dan jujur kepada pihak bank. Selain itu, yakinlah jika hutang-hutang tersebut cepat atau lambat akan segera lunas.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.