Tidak perlu panik apabila surat tilang Anda hilang karena terdapat beberapa langkah yang termasuk dalam cara mengurus surat tilang hilang. Apalagi mengurusnya juga tidak repot sehingga tidak memakan waktu lama.

Surat tilang merupakan salah satu surat penting karena nantinya diperlukan agar bisa menebus berkas yang ditahan. Tilang sendiri merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pihak kepolisian lalu lintas untuk menemukan pelanggaran lalu lintas.

Jadi ketika Anda ketahuan melakukan pelanggaran maka akan dikenakan denda tilang dan juga diberikan surat tilang. Nantinya tersedia dua warna surat tilang yaitu biru dan merah, untuk surat tilang warna biru diberikan kepada pelanggar yang tidak menyangkal kesalahannya.

Jika Anda memilih surat tilang warna biru untuk denda tilang tidak pakai helm maka prosesnya akan menjadi lebih cepat. Namun jika Anda memilih warna merah maka menunjukkan bahwa tidak mengakui kesalahan yang diperbuat.

Anda merasa bahwa tidak melakukan pelanggaran. Apabila memilih surat yang berwarna merah nantinya akan dilakukan persidangan yang dijadwalkan kurang lebih 5 sampai 10 hari dari pelanggaran yang dilakukan.

Apabila selama persidangan Anda terbukti bersalah maka harus membayar denda tilang tidak punya SIM sesuai dengan keputusan. Jadi diharapkan untuk Anda menjaga dengan baik surat tilang yang diberikan.

Namun terkadang beberapa orang ada yang teledor sehingga menyebabkan surat tersebut menjadi hilang. Namun Anda tidak perlu panik karena berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan di mana termasuk dalam mengurus surat tilang yang hilang.

Tata Cara Mengurus Surat Tilang Hilang dengan Mudah

Apabila Anda sudah jago dalam cara cek denda tilang elektronik tetapi tiba-tiba suratnya hilang maka tidak perlu khawatir. Karena berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika surat tilang hilang, sebab dengan cara ini Anda tetap bisa mendapatkan dokumen pribadi yang ditahan. 

Untuk mengurus surat tilang berapa denda tilang pajak motor mati sebenarnya terdapat 2 cara yaitu membuat surat kehilangan atau datang langsung ke kantor polisi lalu lintas. Berikut beberapa Langkah bisa dilakukan jika ingin membuat surat kehilangan di kantor polisi yaitu:

Datang ke kantor polisi terdekat untuk mengurus surat tilang

Cara mengurus surat tilang hilang adalah dengan datang ke kantor polisi yang menaungi wilayah Anda atau dekat dengan tempat tinggal. Apalagi proses pembuatan surat kehilangan di kantor polsek tidak memakan waktu lama.

Perlihatkan salinan surat tilang atau foto ketika mendapatkan surat tersebut

Untuk membuktikan bahwa Anda memang terkena tilang maka perlihatkan Salinan surat tilang yang telah difotocopy atau yang berbentuk foto. Namun jika tidak memilikinya maka Anda tidak bisa mengurus surat kehilangan. 

Pihak kepolisian akan mengeluarkan surat kehilangan

Karena Anda bisa memberikan bukti bahwa memang benar ditilang dan suratnya hilang maka pihak kepolisian akan membuat surat kehilangan di mana dalam surat itu dijelaskan bahwa benar surat tilang Anda hilang.

Nantinya surat kehilangan ini bisa dijadikan sebagai pengganti surat tilang dalam mengurus berkas. Jadi pastikan bahwa surat ini tidak boleh hilang agar proses penyelesaian tilang berjalan cepat.

Selain menggunakan surat kehilangan maka Langkah mengurus surat tilang hilang yang tidak kalah cepat dari cara bayar denda tilang elektronik adalah dengan datang ke kantor polisi lalu lintas. Berikut Langkah yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan Salinan surat tilang yaitu: 

  • Datang ke kantor polisi lalu lintas yang dekat dengan tempat penilangan

Langkah pertama dalam mengurus surat tilang hilang sudah pasti Anda harus datang ke kantor polisi lalu lintas. Akan sangat bagus jika datang ke kantor yang dekat dengan lokasi penilangan agar pihak mereka mudah mengecek kasus penilangan.

  • Meminta Salinan surat tilang

Kemudian ketika bertemu dengan petugas yang berjaga di depan maka jelaskan bahwa Anda ingin meminta Salinan surat tilang. Dalam hal ini jangan lupa untuk menjelaskan mengapa surat tersebut hilang.

Kemudian jelaskan juga apa pelanggar Anda dan bagaimana kejadiannya. Hal ini bertujuan agar pihak polisi bisa mencocokkan data milik mereka, jadi dengan Langkah ini bisa membantu Anda untuk membayar denda sesuai dengan pelanggaran.

  • Salinan surat tilang diberikan

Apabila pihak kepolisian menerima alasan dan telah menemukan data penilangan Anda maka surat Salinan akan diberikan. Pastinya Anda tidak menghilangkan surat tersebut karena berguna untuk mengambil barang yang ditahan ketika proses penilangan dilakukan. Jadi dengan adanya cara ini maka bisa dijadikan panduan sehingga tidak kebingungan. Oleh sebab itu inilah beberapa cara mengurus surat tilang hilang apabila Anda berada di kondisi tersebut sehingga tidak perlu panik.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.