Pastinya banyak yang penasaran berapa denda tilang pajak motor mati. Seperti kita ketahui ketika Anda melakukan pelanggaran lalu lintas maka akan dikenakan denda dimana disesuaikan dengan tingkat parahnya pelanggaran yang dilakukan.

Seperti kita ketahui ketika Anda menggunakan kendaraan maka wajib membayar pajak. Apabila Anda telat membayar pajak maka bisa memberikan pengaruh terhadap sah atau tidaknya sebuah kendaraan digunakan di jalan raya.

Tidak heran jika telat membayar pajak juga bisa dikenakan denda seperti denda tilang tidak pakai helm. Namun kedua denda ini memiliki perbedaan jumlah yang harus dibayar sehingga Anda harus mengetahuinya agar tidak salah dalam melakukan pembayaran.

Jadi ketika pajak kendaraan Anda mati maka memberikan pengaruh terhadap keabsahan stnk-nya. STNK sendiri juga berlaku selama 5 tahun di mana setiap tahunnya pemilik kendaraan harus membayar PKB.

Besaran pajak yang harus dibayar juga tergantung dengan tipe dan tahun produksinya. Apakah jika motor Anda memiliki cc besar maka sudah pasti pajaknya juga lebih mahal. Jadi pastikan bahwa Anda selalu tepat waktu membayar pajak agar terhindar dari denda tilang pajak untuk motor mati ini.

Oleh sebab itu apabila pajak motor Anda telah mati dan terkena denda berikut informasi seberapa besar jumlah denda yang harus Anda bayarkan. Jadi jangan sampai menganggap remeh jika pajak motor telah mati.

Berapa Denda Tilang Pajak Motor Mati yang Ditetapkan?

Tentunya di dalam undang-undang pastinya telah diatur mengenai denda tilang tidak punya SIM sampai denda yang harus diberikan ketika pajak motor Anda telah mati. Jadi dengan adanya undang-undang ini maka Anda bisa terhindar dari oknum nakal.

Pastinya setiap pelanggaran yang terjadi maka biaya dendanya juga berbeda. Untuk denda tilang untuk pajak motor mati maka biayanya adalah Rp 500.000 atau maksimal kurungan paling lama 2 bulan.

Jadi ada baiknya jika Anda membayar pajak motor dimana dilakukan 1 tahun sekali sehingga tidak memberatkan. bayangkan saja seberapa banyak uang yang harus Anda keluarkan ketika terkena razia maupun tilang elektronik.

Jadi daripada harus selalu melakukan cara cek denda tilang elektronik akibat takut maka ada baiknya untuk selalu membayar pajak secara tepat waktu. Apalagi jika pajak motor hidup maka kendaraan tersebut legal digunakan.

Apalagi sekarang untuk membayar pajak motor juga tidak memakan waktu yang lama sehingga tidak ada alasan untuk tidak membayarnya. Bahkan tanpa harus datang ke kantor sekarang sudah tersedia cara online.

Jadi daripada membuang uang ada baiknya Anda mengumpulkan uang tersebut untuk membayar pajak. Apalagi sekarang masih banyak orang yang menganggap remeh proses pembayaran pajak ini karena dianggap tidak penting. Manfaat pajak ini tidak hanya Anda rasakan tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk kegiatan positif.

Membayar Pajak Online dengan Mudah

Selain mencari informasi mengenai tata cara bayar denda tilang elektronik maka jangan lupa untuk mencari informasi seputar pembayaran pajak secara online. Jadi ketika Anda sibuk maka tetap bisa membayar pajak dengan mudah.

Dengan membayar pajak secara tepat waktu sudah pasti Anda bisa terhindar dari denda tilang. Jadi tidak perlu takut lagi dengan razia atau tilang elektronik, jika ingin membayar secara online maka Anda bisa menggunakan aplikasi signal yang dikeluarkan dari Samsat.

Pertama Anda harus melakukan registrasi. Caranya adalah dengan memasukkan data pribadi seperti nama yang sesuai KTP, NIK, alamat email, nomor handphone, hingga kata sandi.

Kemudian masukkan foto bersama e-ktp dan lakukan verifikasi biometrik wajah melalui selfie. Lalu Anda masukkan OT yang dikirimkan ke nomor, kemudian proses registrasi bisa berhasil apabila proses verifikasi nya telah selesai.

Jangan lupa juga untuk melakukan verifikasi ulang dengan mengklik link yang dikirimkan oleh aplikasi ke email Anda. Setelah melakukan registrasi maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran pengesahan STNK.

Kemudian pilih menu NKRB, nantinya Anda bisa mendapatkan informasi mengenai nominal biaya yang harus dibayar. Lalu langkah selanjutnya adalah kirim dokumen TBPKP dan masukkan alamat pengiriman.

Kemudian klik lanjut dan tunggu sampai muncul notifikasi cara pembayaran yang digunakan. Lalu pilih cara pembayaran yang Anda inginkan dan ikuti langkah selanjutnya sampai selesai. Tentunya cara membayar pajak online ini tidak kalah mudah dari cara mengurus surat tilang hilang. Jadi inilah beberapa informasi yang bisa membantu Anda dalam membayar pajak dan bisa mengetahui juga berapa denda tilang pajak motor mati dengan tepat, sehingga nantinya tidak menunda waktu pembayaran pajak.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.