Penting bagi Anda untuk mengetahui cara bayar denda tilang elektronik sehingga ketika melakukan pelanggaran tahu bagaimana cara membayarnya. Karena ketika Anda enggan membayar denda ini maka bisa berakibat fatal.

Seperti kita ketahui sekarang sudah berlaku denda tilang elektronik di mana menggunakan bantuan kamera. Jadi jika dulunya melakukan razia agar pihak kepolisian bisa menangkap tangan para pelanggar lalu lintas maka hal ini tidak diperlukan lagi.

Karena hanya menggunakan kamera CCTV maka pihak polisi lalu lintas bisa mendapatkan data siapa saja yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Tidak heran jika di beberapa kawasan di Indonesia telah memberlakukan tilang elektronik ini terutama kota-kota besar .

Tujuan adanya denda tilang tidak pakai helm versi elektronik ini agar masyarakat lebih taat dalam mengikuti peraturan lalu lintas. Karena sampai sekarang masih banyak orang yang menganggap remeh sehingga sering melakukan pelanggaran.

Jadi apabila Anda merasa melakukan pelanggaran dan mendapatkan surat dari pihak kepolisian lalu lintas maka wajib mengetahui cara bayar denda tilang elektronik sehingga tidak melakukan pemblokiran STNK.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin membayar tilang tersebut. Pastinya proses pembayaran ini tidak merepotkan bahkan tidak memakan waktu yang lama sehingga mempermudah Anda.

Tata Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Jika Anda sudah mengetahui cara cek denda tilang elektronik dan mengecek bahwa memang terkena tilang maka wajib untuk membayar demi kenyamanan dalam berkendara. Berikut beberapa cara pembayaran yang bisa Anda pilih. 

Apabila ingin membayar denda maka ada baiknya jika menggunakan Bank BRI. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin membayar tilang melalui teller apabila tidak memiliki ATM atau mobile banking yaitu:

1. Mengisi slip setoran

Karena Anda membayar via teller maka wajib untuk mengisi slip, di mana slip ini menjadi bukti pembayaran denda tilang tidak punya SIM. Pastikan Anda memilih slip untuk penyetoran bukan penarikan.

2. Mengisi nomor pembayaran tilang

Ketika Anda sudah mengetahui cara cek denda tilang elektronik dan terbukti bersalah maka nantinya akan mendapatkan nomor pembayaran tilang. Nantinya nomor tersebut berjumlah 15 buah, nomor ini harus Anda isi di kolom rekening.

Jadi dalam membayar tilang tidak menggunakan nomor rekening milik pribadi sehingga jika Anda diberikan nomor rekening pribadi maka harus waspada dan melakukan pengecekan ulang agar tidak tertipu.

Kemudian isi nominal denda berapa dan harus diisi sesuai dengan yang ditetapkan. Apabila tidak maka Anda dianggap tidak membayar denda tilang, sehingga harus mengisi secara jujur.

3. Menyerahkan slip ke teller

Setelah mengisi berapa denda tilang pajak motor mati dengan benar maka serahkan slip tersebut ke pihak teller. Nantinya cara baya denda tilang akan melalui pihak teller. Setelah dilakukan validasi elektronik bahwa benar ke nomor tersebut anda ingin melakukan transfer dana.

Apabila apa yang tertera di kertas dan di layar komputer teller berbeda nama penerima maka Anda harus melakukan pengecekan ulang agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan transfer dana untuk bayar denda tilang elektronik Anda.

Apabila hasilnya sesuai maka teller akan memproses transaksi sehingga dana denda akan dikirimkan. Setelah itu slip yang diberikan oleh pihak teller harus Anda simpan, pastikan slip tersebut telah Anda dan teller tanda tangan.

4. Menyerahkan slip ke pihak penindak

Apabila Anda ingin mengambil barang bukti yang disita ketika proses penilangan maka berikan slip pembayaran kepada pihak penindak. Karena slip ini menjadi barang bukti bahwa benar Anda telah melakukan pembayaran.

Apabila Anda memiliki kartu debit maka bisa menggunakan ATM maupun mobile banking. Caranya juga tidak kalah mudah dari cara mengurus surat tilang hilang, berikut Langkah pembayaran denda tilang yaitu:

  • Pilih menu transaksi

Langkah pertama adalah Anda memilih menu transaksi, nantinya akan muncul beberapa pilihan. Kemudian klik menu lainnya dan pilih menu BRIVA.

  • Masukkan nomor pembayaran tilang

Setelah memilih menu BRIVA maka Anda harus memasukkan nomor pembayaran tilang yang berjumlah 15 buah, pastikan nomor tidak salah atau kurang satu angka agar pembayaran berhasil. 

  • Perhatikan detail pembayaran di halaman konfirmasi

Sebelum membayar maka akan muncul halaman konfirmasi yang memuat nama pelanggar dan jumlah dendanya. Pastikan Anda memperhatikan detail ini sehingga memang denda milik Anda yang dibayar dan tidak ada kesalahan. Kemudian transaksi akan diproses di mana jika berhasil akan keluar struk atau bukti pembayaran di mana harus Anda simpan. Oleh sebab itu inilah tata cara bayar denda tilang elektronik melalui bank BRI baik via teller maupun ATM.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.