Cara mengatasi kejahatan phising memang bisa dikatakan cukup sulit. Karena saat ini para hacker semakin canggih dalam melakukan pencurian data melalui cara online. Phising Merupakan salah satu jenis kejahatan yang banyak ditemukan di era digital seperti saat ini.

Seseorang yang menjadi korban phising biasanya akan mengalami banyak sekali kerugian. Kejahatan phising biasanya tujuan untuk mencuri data pribadi, perbankan, password, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu Anda harus selalu berhati-hati ketika ada seseorang yang mengirimkan link asing melalui pesan email atau SMS. Jangan sembarang mengklik sebuah link karena ini bisa jadi ciri-ciri kejahatan phising.

Dalam beberapa tahun terakhir kejahatan phising terus meningkat. Phising merupakan salah satu jenis kejahatan yang menjadi masalah besar dalam dunia online. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mencari keuntungan dengan kemajuan teknologi.

Resiko kejahatan phising bisa dikatakan sangat merugikan bagi para korbannya. Para korban biasanya akan kehilangan data-data penting yang mungkin akan disalahgunakan atau mungkin kehilangan uang. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda menggunakan teknologi dengan baik dan benar serta selalu waspada ketika ada hal mencurigakan.

Pishing merupakan salah satu kejahatan di dunia maya atau cybercrime di mana nantinya seseorang akan mencoba menghalangi seseorang untuk memberikan data pribadi, data rekening, password dan lain sebagainya.

Banyak orang yang belum mengerti perbedaan skimming dan phising. Padahal dua kejahatan tersebut merupakan hal yang berbeda. Skimming adalah tindak kejahatan yang bertujuan untuk mencari informasi informasi penting pada kartu ATM.

Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan para pelaku biasanya akan membuat kartu duplikat untuk mengambil uang dari ATM korban. Sudah banyak kasus seperti ini dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Beberapa Cara Mengatasi Kejahatan Phising

Tindak kriminal dengan menggunakan bantuan teknologi seperti internet dan komputer semakin banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir tindakan cybercrime phising.

1. Mengubah password secara rutin

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu adalah mengubah password secara rutin. Selain itu pastikan juga bahwa Anda membuat password dengan kombinasi yang rumit sehingga sulit ditebak oleh orang lain.

Selain itu jangan pernah memberikan password ke sembarang orang karena hal ini sangat berbahaya. Sangat penting untuk menjaga kerahasiaan dari password setiap akun yang Anda miliki.

2. Menggunakan software atau tools untuk menghindari phising

Saat ini sudah ada beberapa tools atau software yang bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya tindakan kejahatan melalui internet. Tidak ada salahnya untuk menginstal aplikasi tersebut pada komputer Anda.

3. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal

Ada banyak contoh kasus kejahatan phising yang dilakukan karena para korban terlalu mudah percaya dengan pesan yang diberikan oleh orang tidak dikenal baik di medsos atau di aplikasi chatting.

Biasanya para pelaku mengiming-imingi dengan pemberian hadiah Untuk memakan korban memberikan beberapa data pribadi. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kerahasiaan data pribadi jangan sampai tersebar ke orang-orang yang tidak tepat.

4. Melaporkan kepada pihak berwajib

Salah satu cara paling tepat ketika mendapati hal mencurigakan ketika menggunakan internet atau komputer yaitu adalah melaporkan kepada pihak berwajib.

Aturan hukum kejahatan phising memang belum tercantum secara khusus di dalam undang-undang. Akan tetapi ada beberapa pasal yang bisa digunakan untuk menjerat para pelaku kejahatan di dunia maya.

Ketika akan melaporkan pada pihak berwajib sangat disarankan untuk mengumpulkan bukti yang cukup terlebih dahulu. Karena memang untuk mengusut tuntas kasus kejahatan cyber sangat sulit untuk dilakukan.

Salah satu alasannya yaitu adalah pembuktiannya cukup rumit dan juga barang bukti sangat mudah untuk dilakukan. Pasal penjerat pelaku phising yaitu bisa menggunakan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Pasal 51 undang-undang informasi dan transaksi elektronik juga bisa digunakan untuk menjerat para pelaku kejahatan di dunia maya yang melakukan manipulasi data sehingga seolah-olah data tersebut otentik.

Tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, akan tetapi juga memberikan beberapa dampak negatif. Cara mengatasi kejahatan phising di atas mungkin bisa membantu Anda menghindari cybercrime.

Konsultasikan Masalah Kejahatan Phising Pada Justika

Kejahatan phising merupakan salah satu kejahatan yang sekarang ini masih banyak berkembang khususnya dengan adanya era digital. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni Konsultasi via chat, konsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka. 

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.