Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Tunai – Dalam jual beli rumah tentu ada surat perjanjian jual beli rumah. Mengapa ada surat perjanjian? Karena jual beli rumah bukanlah hal yang mudah dilakukan. Jual beli rumah tentu akan melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit, dan melibatkan beberapa pihak di dalamnya.

Penting diketahui, surat perjanjian adalah dokumen legal dan sah dalam hukum, dan dalam dokumen yang sah itu jelas dapat dipastikan adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli rumah yang sudah disetujui.

Lalu kemudian, dalam surat perjanjian itu juga terbagi dalam pembelian kredit atau tunai. Berbeda isi surat perjanjian untuk kredit dan tunai. Maka perlu disimak lebih lanjut dalam artikel ini, mengenai surat perjanjian jual beli rumah bertahap dan surat perjanjian jual beli rumah tunai.

Untuk dapat anda ketahui, pembahasan akan dimulai dari surat perjanjian jual beli rumah secara tunai. Ada beberapa hal-hal penting yang perlu diketahui dari surat perjanjian jual beli rumah tunai:

  • Identitas

Identitas diri adalah hal yang penting diperhatikan dalam membuat surat perjanjian jual beli rumah. Oleh sebab itu penting mengetahui identitas secara lengkap pihak penjual dan pembeli yang tercantum di dalam surat.

Adapun identitas yang perlu diperhatikan diantaranya; nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, alamat (sesuai dan nomor KTP).

  • Isi surat

Isi dalam surat perjanjian jual beli, terutama untuk jual beli rumah dengan cara tunai, harus terdapat sejumlah pasal, pasal yang diantaranya terdapat ketetapan harga, pembayaran dan penyerahan atas status kepemilikan juga masa perjanjian yang berlaku.

Maka jika dalam isi surat perjanjian jual beli tunai, harus tertera pembayaran dilakukan secara tunai. Sehingga kedua belah pihak jelas mendapatkan kepastian di atas legalitas hukum.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Tunai Docs & PDF

Di bawah ini merupakan penggalan isi surat jual beli rumah tunai. Berikut kata-katanya:

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Tunai
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Tunai

Lihat Selengkapnya di

Download PDF Download DOC

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Bertahap Docs & PDF

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Bertahap
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Bertahap

Lihat Selengkapnya Di

Download PDF Download DOC

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Docs & PDF

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun
Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Lihat Selengkapnya Di

Download PDF Download DOC

Contoh Surat Jual Beli Tanah Bermaterai Docs & PDF

Contoh Surat Jual Beli Tanah Bermaterai Docs
Contoh Surat Jual Beli Tanah Bermaterai Docs

Lihat Selengkapnya Di

Download PDF Download DOC

Dapatkan Saran Dari Mitra Advokat Justika

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.