Membeli sebidang tanah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat, bahkan hingga saat ini masyarakat banyak yang berinvestasi tanah untuk masa depan. Dalam prosedur jual beli tanah ada hal yang wajib kita perhatikan, mengenai akta jual beli tanah. Untuk itu perlu Anda ketahui contoh surat jual beli tanah agar dapat menjalankan prosedur jual beli yang seharusnya.

Pengertian Surat Jual Beli Tanah

Sebelum mengenal contoh surat jual beli tanah atau contoh surat perjanjian jual beli tanah, sebaiknya Anda perlu memahami definisi umum dari surat perjanjian jual beli tanah ini. Surat perjanjian jual beli tanah merupakan dokumen penting mengenai kesepakatan tertulis antara penjual dan pembeli dalam suatu transaksi penjualan tanah. Surat jual beli tanah akan dijadikan pedoman untuk menghindari jika terjadi konflik antara penjual dan pembeli tersebut.

Dalam pembuatan dokumen surat perjanjian jual beli tanah, umumnya dibuat dengan bantuan dari notaris tanah, namun Anda tetap dapat menerbitkan akta di bawah tangan dengan cara membuat contoh surat jual beli tanah bermaterai. Akan tetapi, surat perjanjian jual beli tanah dalam pengawasan notaris akan kuat secara hukum dibandingkan akta di bawah tangan.

Manfaat Surat Jual Beli Tanah

Contoh surat jual beli tanah atau surat jual beli tanah notaris, pada dasarnya memiliki manfaat yang sama. Namun, yang membedakan adalah surat jual beli tanah notaris lebih memiliki kekuatan secara hukum. Berikut ini poin-poinnya;

  • Sebagai tanda bukti pengikat pembeli untuk memenuhi janji yang telah disepakati.
  • Menjadi sebuah jaminan bahwa tanah yang diperjualbelikan adalah tanah pribadi, bukan tanah sengketa ataupun tanah wakaf
  • Melindungi setiap hak dan kewajiban antara penjual dan pembeli
  • Memberikan kedudukan pasti di antara penjual dan pembeli di mata hukum.

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini terdapat contoh surat jual beli tanah yang baik dan benar

Contoh Surat Jual Beli Tanah
Download PDF Download DOC

Selain itu Anda juga perlu mengetahui contoh surat jual beli tanah warisan. Karena, dalam pembuatan surat jual beli tanah warisan terdapat beberapa poin yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Konsultasikan Perihal Surat Jual Beli di Justika

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini, kemudian ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.