Cara Mengetahui Riwayat Tanah – Seperti yang kita ketahui memiliki sejumlah aset pertanahan menjadi salah satu keinginan setiap orang, melonjaknya harga tanah dari tahun ke tahun membuat masyarakat akhirnya memikirkan pentingnya memiliki aset tanah. 

Permasalahan yang terjadi saat ini masyarakat cenderung ceroboh dalam melakukan transaksi jual beli tanah, kebanyakan dari mereka tidak melihat riwayat tanah tersebut. Di Indonesia tersendiri permasalahan sertifikat tanah menjadi perhatian serius. Oleh karena itu berikut cara mengetahui riwayat tanah sebelum Anda memutuskan membeli.

Cara Mengetahui Riwayat Tanah 

Tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan berkas atau dokumen kelengkapan tanah, sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya dengan cara mengecek tanah bermasalah atau tidak

Ketika Anda sudah memahami cara mengetahui riwayat tanah, Anda akan tahu cara membeli tanah yang aman dan tidak sengketa akhirnya. Jika Anda belum mengetahui cara melihat riwayat tanah berikut ini tata caranya;

  1. Mendatangi Kantor BPN

Hal pertama cara mengetahui riwayat tanah yaitu dengan melihat keaslian sertifikat tanah dengan mendatangi kantor BPN. Anda dapat mengetahui cara mengecek keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftarannya, surat ukur, buku tanah dan daftar tanah. Dalam pengecekan sertifikat tanah di kantor BPN, tidak memakan waktu lama, hanya dalam waktu sehari Anda sudah dapatkan hasil dari keaslian sertifikat tersebut. 

Dalam kasus tidak aslinya sertifikat tanah pihak BPN akan mengajukan plotting, dengan menggunakan GPS (Global positioning System) untuk melihat lokasi tanah sesuai dengan lokasi yang tertera dalam sertifikat. 

  1. Layanan Online
  • Website 

Selanjutnya untuk melihat riwayat tanah Anda dapat mengecek sertifikat tanah tersebut melalui website www.bpn.go.id, terdapat dua layanan yang disediakan BPN ini yaitu layanan pertahanan dan informasi tentang berkas permohonan

  • Melalui Aplikasi Sentuh Tanahku 

Selain melalui website resmi BPN, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku, dengan mendownloadnya di Play store atau App Store.

Cara mengetahui riwayat tanah memang dapat Anda lakukan dengan mengecek keaslian dari sertifikat tanah tersebut, atau Anda dapat menanyakan kepada perangkat/pejabat pemerintah sekitar tentang riwayat tanah yang ingin Anda beli. 

Dengan kata lain, ketika informasi yang Anda dapatkan sudah cukup jelas dan dapat dipertanggungjawabkan maka transaksi jual beli tanah akan berjalan dengan lancar. Tahan yang Anda beli tidak akan bermasalah atau sengketa. 

Dalam kasus lain ketika Anda berkeinginan membeli tanah girik, terdapat beberapa tata cara jual beli tanah girik yang wajib diketahui. Tanah girik merupakan tanah ada yang belum terdaftar di Kantor Pertanahan, sehingga Anda pun wajib mengetahui cara membuat akta jual beli tanah yang belum bersertifikat agar sesuai dengan ketentuan hukum. 

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui riwayat tanah, semoga dalam penjelasan ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli sebidang tanah. 

Tanyakan Kepada Justika Agar Anda Mendapatkan Informasi yang Benar

Anda bisa mengkonsultasikan cara mengetahui riwayat tanah dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.