Bagi yang ingin mengurus hal administratif pembangunan yang tanpa ribet dan bebas antre, cara membuat IMB online adalah solusi yang paling nyata. Anda tidak perlu lagi ribet untuk datang ke kantor lurah dan menunggu giliran dipanggil. Cukup dengan Hp dan internet.

Pada umumnya, IMB adalah surat izin yang akan diurus ketika mendirikan bangunan. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk rumah yang sudah lama dibangun tetapi karena tidak ingin ribet, mulai mengurus IMB saat ini juga. Jadi, rumah lama juga diizinkan urus IMB.

Apalagi Anda sedang diancam oleh tetangga dengan cara melaporkan bangunan tanpa IMB. Namun saat ini, tidak lagi perlu ribet karena mengurus IMB juga tidak perlu untuk datang dan kunjungi kantor kepala daerah. Anda bisa mengurus IMB secara online dan bebas antre.

Semua hal administratif negara sudah ada versi onlinenya dan kita juga harus akui kalau cara online lebih mudah. Mengurus IMB secara online tidak lagi perlu antre atau mengisi lembar-lembar formulir yang dibutuhkan. Dengan satu HP saja, pengurusan IMB cepat selesai.

Bagaimana Cara Membuat IMB Secara Online?

Dulu, mengurus IMB kita harus datang ke kantor camat dan menunggu giliran kita untuk bisa mengurusnya. Dan karena itu juga banyak orang yang menolak untuk mengurus IMB, dinilai sangat lama, ribet, dan kadang harus bolak balik mengambil keperluan yang tiba-tiba.

Namun, bagaimana jika sekarang proses pengurusan tidak lagi ribet dan cukup dilakukan lewat rumah saja, apakah seperti itu yang diinginkan? Tentu saja mengurus IMB kini sudah lebih mudah berkat teknologi dan inovasi yang telah ada. Lantas, bagaimana caranya?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara mengurus IMB rumah lama atau rumah yang baru dibangun adalah kunjungi dulu situs BPTSP, dan pastikan kalau itu adalah situs yang resmi karena ada akan ada unggahan file yang penting disana.

Setiap daerah memiliki situs BPTSP sendiri dan tinggal sesuaikan saja, seperti jakarta di https://bptsp.jakarta.go.id, cukup cari di Google dengan kata kunci BPTSP (Kota Anda) dan pastikan kalau situs yang dipilih adalah situs yang benar terverifikasi.

1. Selesaikan Pendaftaran

Setelah berhasil mendapatkan situs yang benar, maka di halaman awal nanti Anda tekan menu “Daftar”. Di menu pendaftaran, cara membuat IMB disini adalah mengisi data personal diri Anda sendiri dan unggah beberapa dokumen untuk verifikasi.

Di halaman registrasi, biasanya pendaftar wajib mengisi beberapa data seperti tempat dan tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, email pribadi, alamat, nomor KTP hingga NPWP. Data ini akan diverifikasi lewat unggahan KTP dan KK setelah itu.

2. Pilih Menu yang Diinginkan

Setelah melewati proses pendaftaran, untuk bangunan yang tidak perlu IMB tinggal pilih saja lengkapi proses perizinan tanpa IMB. Sedangkan jika tidak memenuhi kriteria, lanjutkan dengan memilih opsi IMB Rumah Tangga (RT) di menu utama.

Di menu ini, Anda juga bisa memilih pilihan lain, seperti melihat syarat mengajukan IMB untuk bangunan di atas 8 lantai, hingga perhitungan kasar untuk biaya mengurus IMB. Tetapi karena Anda ingin mengurus IMB, pilih menu IMB Rumah Tangga.

3. Unggah Dokumen

DI menu sebelumnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang tersedia secara online. Namun setelah itu, Anda tinggal unggah dokumen yang diminta per halaman. Jadi misalnya Anda di halaman NPWP, unggah hasil foto file NPWP yang asli.

Dokumen yang dibutuhkan dalam cara membuat IMB secara online adalah pengisian surat permohonan (di unduh dulu di halaman utama), bukti pelunasan PBB 3 edisi terakhir, gambaran bangunan, persetujuan camat, lurah, dan tetangga.

4. Bayar Retribusi dan Tunggu Prosesnya

Setelah halaman tentang pengunggahan dokumen selesai, selanjutnya akan tertera berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan. Perhitungan biaya ini ada di perkalian luas total bangunan dikalikan dengan harga satuan serta indeks perhitungan daerah.

Setelah pembayaran berhasil, nanti akan ada pemberitahuan kapan prosesnya selesai. Biasanya IMB butuh waktu 2 minggu. Jadi, dalam undang-undang izin mendirikan bangunan, setelah IMB selesai baru boleh dilaksanakan aktivitas pembangunan.Pengurusan IMB telah lebih mudah karena cukup dilakukan secara online. Adapun jika masih kesulitan mengurusi secara online, Anda bisa datang ke kantor lurah karena sudah lebih sepi karena banyak yang online. Jadi, semakin banyak pilihan cara membuat IMB dan mudah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.