Ternyata cara ikut lelang rumah bank tidak terlalu rumit proses administrasinya. Anda hanya perlu menentukan tempat mengikuti lelang dan menjalankan prosesnya berdasarkan aturan hukum.

Lelang tidak selalu dilakukan oleh negara, namun pihak swasta juga bisa melakukannya. Ada badan lelang swasta juga kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang bisa digunakan sebagai tempatnya.

Badan lelang swasta biasanya digunakan untuk melakukan penjualan aset sitaan dari perusahaan gagal bayar. Sedangkan KPKNL biasanya berkaitan dengan kegagalan bayar klien bank negara.

Keduanya sama-sama terpercaya dalam masalah penjualan aset sitaan. Sehingga Anda bisa yakin untuk mengikuti prosesnya secara legal, tentu dengan memenuhi syarat membeli rumah lelang.

Proses pendaftaran lelang yang dilakukan oleh KPKNL sekarang dapat dilakukan melalui smartphone. Karena beberapa bank sudah menyediakan aplikasi tertentu untuk melakukan pendaftaran.

Sehingga Anda hanya perlu menginstal aplikasi dan langsung melakukan pencarian terhadap properti terkait. Ini tentu berbeda dengan BLS karena disini biasanya masih menggunakan cara lama.

Nominal pelelangan dari BLS biasanya juga terkait properti dengan harga jauh lebih mahal. Sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan KPKNL untuk melakukan pembelian aset sitaan.

Proses pendaftaran hanya berupa pengisian formulir melalui aplikasi pihak bank terkait. Jadi ini sudah mudah dilakukan oleh semua masyarakat tanpa ada intervensi dari pihak lainnya dan memiliki legalitas di mata hukum.

Cara Ikut Lelang Rumah Bank dengan Memilih Platform 

Ada tiga cara untuk mengikuti lelang rumah yang sering digunakan untuk mengikuti proses bidding aset dari pihak bank. Bank BTN, BRI, dan Mandiri sudah menyediakan akses aplikasi khusus bagi calon pesertanya.

1. Cara Ikut Lelang Rumah Bank BRI

Proses pelelangan properti BRI sudah dapat diakses dari situs resmi maupun aplikasi.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi melalui playstore dan menyelesaikan proses pendaftarannya.

2. Cara Ikut Lelang Rumah Bank BTN

Proses pelelangan rumah juga dilakukan oleh bank BTN dapat diakses melalui situs resmi maupun aplikasi. Ketika menggunakan aplikasi ini peserta perlu melakukan konfirmasi di bank langsung.

3. Cara Ikut Lelang Rumah Bank Mandiri

Ini adalah salah satu platform yang jarang digunakan oleh para penyuka bidding. Disini properti biasanya berharga tinggi sehingga kurang diminati oleh kalangan umum.

Ketiga platform tersebut selama ini paling terpercaya ketika digunakan untuk membeli aset hasil sitaan negara. Jadi cara menghadapi rumah akan dilelang bank sudah ada landasan hukumnya sendiri.

Dalam menentukan platform terutama bagi para pengguna awam harus memperhatikan aspek legalitas dan hukum. Karena dalam mengikuti prosedur seperti ini legalitas adalah harga mati.

Jadi jika tidak ingin repot terkait tuntutan dari pihak ahli waris properti atau mantan pemilik memang harus teliti. Jangan sampai ketika sudah memperoleh hasil nanti masih mendapatkan gugatan hukum.

Namun perlu diketahui juga bahwa pihak pemenang proses pelelangan properti berhak mempertahankan haknya. Ini sudah tertulis dalam peraturan perdata untuk mencegah penipuan.

Kemudian perhatikan juga latar belakang dari rumah yang akan dilelang oleh pihak bank. Apakah terdapat potensi gugatan dari pihak mantan pemilik atau ahli waris terhadap rumah tersebut.

Karena di Indonesia cukup sering terjadi pihak mantan pemilik kembali melakukan gugatan. Sehingga properti yang sudah dibeli oleh pemenang dapat digugat kembali melalui jalur hukum.

Proses Bidding Lelang Rumah dari Bank Secara Legal

Sekarang kita akan masuk dalam cara ikut lelang rumah bank setelah pendaftaran dilakukan secara resmi. Proses bidding nantinya akan dijadwalkan oleh pihak penjual dalam kasus ini adalah KPKNL secara resmi.

Apabila menggunakan BLS proses penjualan juga dijadwalkan secara tepat dan para peserta akan memperoleh pemberitahuan. Apabila terdapat pembatalan maka akan diberitahukan secara lebih lanjut.

1. Persiapan Penawaran

Ketika melakukan bidding Anda akan melakukannya dalam tempat resmi yang sudah diberitahukan oleh pihak terkait. Namun dalam beberapa kesempatan tertentu proses penawaran bisa dilakukan online.

Menurut pengalaman membeli rumah lelang bank sayangnya penawaran online masih belum umum dilakukan dan memiliki banyak risiko. Oleh karena itu Anda masih perlu datang ke gedung proses penawaran terkait untuk mengikutinya.

2. Nominal Penawaran

Para peserta juga akan melakukan penawaran berdasarkan limit dari penyelenggara penawaran. Misalnya harga minimal dari sebuah properti adalah 150 juta rupiah maka penawaran bisa ditingkatkan.

3. Action Bidding

Para peserta akan berlomba mendapatkan properti tersebut dengan harga paling tinggi. Oleh karena itu Anda tentu harus menyediakan modal lebih ketika mengikuti proses bidding agar bisa menang.

Sebagai tips membeli rumah lelang sitaan bank apabila Anda sudah menang rumah namun ada persoalan hukum maka harus segera diselesaikan. Prioritaskan penguatan kepemilikan secara hukum agar tidak ada konflik.

Sebagai seorang pemenang sah Anda memiliki hak penuh untuk mempertahankan rumah tersebut melalui jalur hukum. Jadi ketika terjadi gugatan dari mantan pemilik ada hukum yang dapat dijadikan landasan.Memang sekarang proses bidding terhadap properti yang disita oleh negara semakin mudah dilakukan. Jadi cara ikut lelang rumah bank bisa dilakukan oleh siapa saja secara bebas dan legal di mata hukum.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.