Mengurus perceraian memang bisa dilakukan sendiri atau menggunakan bantuan pengacara perceraian yang lebih mudah. Terutama untuk Anda yang sangat awam dalam masalah perceraian. Namun sebelum itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat hingga tips jika ingin menggunakan pengacara untuk kasus perceraian Anda.

Manfaat Menggunakan Pengacara Perceraian

1. Bisa Menghindari Alur Administrasi

Manfaat menggunakan pengacara perceraian yang  pertama adalah untuk membantu menghindari alur administrasi. Menghindari alur administrasi yang dimaksudkan disini adalah Anda tidak harus mengikuti proses administrasi sendiri. Jika Anda menggunakan bantuan pengacara, maka pengacara Anda yang akan membantu menguruskan segala hal yang berhubungan dengan administrasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mengenai hal tersebut.

2. Tidak Perlu Terlalu Bingung Mengenai Hukum

Tidak semua orang paham dan mengerti mengenai hukum di Indonesia. Salah satunya ketika terjadi perceraian. Umumnya seseorang yang akan bercerai merasa kalut atau bingung dengan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Disinilah pengacara perceraian akan membantu hal-hal yang berhubungan dengan hukum atau langkah selanjutnya yang sebaiknya Anda ambil. Dengan begitu, Anda tidak merasa salah langkah atau kebingungan dengan tahapan perceraian yang harus dilakukan.

3. Tidak Perlu Bingung Menyusun Dokumen

Ketika ingin mengajukan gugatan cerai atau segala hal yang berhubungan dengan perceraian, Anda diharuskan untuk melengkapi beberapa dokumen sebagai persyaratannya. Terkadang hal ini menjadi cukup membingungkan dan menyita banyak waktu.

Oleh karenanya, adanya pengacara akan membantu Anda untuk mengumpulkan atau menyusun dokumen yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Selain itu, beberapa orang mungkin juga tidak mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan, disinilah pengacara akan membantu Anda.

Tips Memilih Pengacara perceraian

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa manfaat menggunakan pengacara perceraian diatas dan memutuskan untuk menggunakan jasanya, maka selanjutnya adalah ketahui beberapa tips untuk memilih pengacara perceraian dengan tepat sebagai berikut:

1. Memiliki Lisensi Pengacara

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lisensi pengacara. Seorang pengacara yang sudah profesional akan memiliki lisensi resmi mulai menjadi pengacara. Lisensi tersebut dikeluarkan oleh organisasi advokat yang sudah diakui oleh ketentuan perundang-undangan.

Adanya lisensi tersebut menunjukkan bahwa pengacara yang Anda pilih memiliki izin secara resmi untuk membantu permasalahan Anda. Sehingga dari segi pengalamannya juga sudah tidak diragukan lagi.

2. Berpengalaman Dibidangnya

Tidak semua pengacara bisa menerima semua kasus yang berhubungan dengan hukum. Setiap pengacara biasanya akan memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda memilih pengacara yang memang berpengalaman menangani kasus yang serupa. Misalnya untuk kasus perceraian, maka gunakan pengacara yang memang berspesialisasi dibidang tersebut.

Memilih pengacara yang tepat di bidangnya bisa membantu mengatasi kasus Anda dengan lebih baik. Bahkan mereka juga bisa memberikan informasi mengenai beberapa hal terkait perceraian seperti langkah hingga konsekuensi secara hukum yang bisa terjadi.

3. Profesional Dan Amanah

Tidak kalah penting juga untuk memilih pengacara yang bisa bekerja dengan profesional dan amanah. Profesional dan amanah berarti pengacara tersebut bisa membantu untuk menyelesaikan permasalahan Anda, bisa memberikan informasi dengan terbuka hingga menjaga rahasia klien.

4. Tarif / Biaya Jasa Yang Wajar

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengacara akan memberikan harga atas jasanya dengan mahal. Biasanya tingkat atau rentang biaya yang diberikan tersebut akan bergantung pada tingkat kesulitan kasus hingga jam terbang pengacaranya yang sudah cukup tinggi.

Jika Anda tidak memiliki banyak biaya, akan lebih baik jika melihat terlebih dulu rentang harga pengacara perceraian yang ada. Sesuai biaya tersebut dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Bahkan ada LBH atau Lembaga Bantuan Hukum yang bisa membantu ketika Anda tidak memiliki banyak biaya untuk menyewa pengacara.

5. Mengenali Pengacara Berdasarkan Organisasi Pengacaranya

Biasanya setiap pengacara tidak akan bekerja sendiri atau berada dibawah naungan sebuah lawfirm atau asosiasi tertentu. Untuk itu, Anda juga bisa menentukan ingin menggunakan pengacara mana berdasarkan organisasinya terlebih dulu. Biasanya organisasi atau lawfirm yang bagus juga akan berisi pengacara yang handal.

Baca juga: 4 Alasan Gunakan Pengacara Harta Gono Gini Dalam Kasus Perceraian

6. Sudah Memiliki Keahlian

Tujuan untuk menggunakan jasa pengacara yang menangani kasus perceraian adalah membantu permasalahan hingga kebingungan Anda. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda memilih menggunakan pengacara yang memang memiliki keahlian dibidang yang sama. Salah satunya adalah dengan berkonsultasi dengan Justika yang bermitra dengan beberapa pengacara handal di bidangnya masing-masing, salah satunya adalah untuk kasus perceraian.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.