Anda akan membutuhkan Advokat jika menghadapi masalah hukum, setidaknya ada 4 tips yang bisa dilakukan dalam memilih Advokat yang tepat untuk membantu menyelesaikan masalah hukum Anda.

Apabila Anda menghadapi masalah hukum, tentu Anda akan membutuhkan Advokat untuk membantu Anda menangani masalah tersebut. Setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda lakukan dalam memilih Advokat yang tepat untuk membantu menyelesaikan masalah hukum anda, berikut tips memilih Advokat:

Sebelum Memilih Ketahui Kemampuan dan Pengalaman Advokat

Tips pertama yang perlu kita pahami dalam memilih advokat adalah setiap Advokat memiliki keahlian dalam suatu bidang tertentu. Apabila Anda menghadapi masalah perceraian misalnya, tentu yang Anda cari adalah Advokat yang punya kemampuan dan pengalaman dalam menangani kasus perceraian. Apabila Anda ingin memastikan perjanjian yang Anda akan tandatangani aman secara hukum tentu yang perlu Anda cari adalah Advokat yang berpengalaman dalam bidang contract drafting. Di era keterbukaan informasi saat ini, informasi tentang Advokat dapat Anda temukan di media sosial atau situs di Internet, pastikan sumber tersebut adalah sumber yang terpercaya. Anda juga bisa minta rekomendasi dari orang yang Anda kenal dan percaya atau pernah mengalami masalah hukum yang sama dengan Anda.

Seleksi Advokat

Setelah mendapat informasi awal beberapa nama Advokat yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang diharapkan, tentukan setidaknya 3 nama Advokat yang paling direkomendasikan. Seleksi perlu juga mempertimbangkan apakah Advokat tersebut berkantor di wilayah yang sama atau tidak jauh dengan kediaman Anda. Akan lebih baik apabila Anda mengetahui pihak atau lembaga terpercaya yang telah melakukan proses pemilihan Advokat terlebih dahulu untuk Anda.

Hubungi Advokat

Hubungi masing-masing Advokat untuk melakukan wawancara umum guna mendengarkan langsung informasi tentang kemampuan dan pengalamannya, sambil minta pendapat secara umum mengenai masalah hukum yang Anda hadapi. Pada saat wawancara, Anda juga dapat menanyakan berapa biaya jasa hukum Advokat tersebut saat menangani masalah hukum Anda nanti. Kadang informasi mengenai kemampuan dan pengalaman saja tidak cukup untuk menjadi bahan pertimbangan, namun perlu juga dicermati seberapa baik Advokat tersebut merespon masalah hukum yang Anda sampaikan saat wawancara sehingga Anda merasa nyaman dalam memberikan kepercayaan kepada seorang Advokat untuk menangani masalah hukum Anda.

Ambil Keputusan Segera

Setelah melakukan kontak dengan Advokat terseleksi tersebut, segera ambil keputusan apakah Anda akan memilih salah satu dari 3 pilihan Advokat tersebut, atau akan kembali mencari Advokat yang lain. Apabila Anda menunda keputusan, bisa jadi masalah hukum Anda akan semakin membesar dan menyulitkan Anda, atau lawan Anda akan lebih dahulu menunjuk Advokat yang sedang Anda incar.

Baca Juga:

Mitra Advokat Justika Siap Membantu Anda Dalam Memilih Advokat

Banyak orang dan perusahaan yang kurang paham tentang jasa layanan hukum. Oleh karena itu, Anda memerlukan peran pengacara atau konsultan hukum. Jangan khawatir sebab Justika siap membantu Anda dengan menyediakan layanan konsultasi hukum dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.