Konsultan hukum online – Di tengah era perkembangan teknologi, banyak kegiatan yang mulai menuju ke ranah online. Sebut saja pesan antar makanan, logistik, jasa kebersihan ruangan, hingga aspek jasa hukum yang juga mengalami perkembangan arah. Kini konsultasi hukum tidak hanya dilakukan melalui kantor-kantor para advokat melainkan juga melalui telepon genggam atau aplikasi. 

Timbulnya kebutuhan akan sesuatu yang cepat dan akurat menjadi fenomena baru di tengah masyarakat. Hadirnya inovasi-inovasi teknologi melalui aplikasi yang dapat memberikan pengalaman praktis masyarakat yang membutuhkan konsultasi hukum. Konsultan hukum online ini sendiri dapat merupakan advokat atau seorang sarjana hukum yang tidak memiliki izin advokat.   

Di balik suguhan kemudahannya, tidak menutup kemungkinan bahwa konsultasi hukum online pun memiliki beberapa kekurangan yang perlu dibenahi agar kedepannya dapat memberikan kepastian hukum yang optimal bagi masyarakat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan konsultasi hukum online.

Kelebihan Konsultasi Hukum Online

Konsultasi hukum online memiliki kelebihan yang dapat menjadi daya tarik dari hal ini. Jika melakukan konsultasi hukum secara online tentunya masyarakat dapat memiliki keleluasaan waktu untuk dapat berkonsultasi dengan konsultan hukum online. Masyarakat tidak perlu menyiapkan diri untuk mempersiapkan waktu sedemikian rupa agar tepat waktu hingga sampai di kantor advokat yang dituju.

Konsultasi hukum gratis pastinya merupakan dambaan tiap masyarakat yang mengalami permasalahan hukum, terlebih lagi jika dilakukan konsultasi hukum gratis via telepon sehingga masyarakat dapat berada di lokasi manapun yang diinginkannya. Konsultasi hukum online gratis memiliki kemungkinan dapat berkesempatan hadir. Selain itu, biaya yang juga terjangkau bagi masyarakat untuk dapat berkonsultasi dengan konsultan hukum online pun menjadi sebuah kelebihan tersendiri dari sistem jasa hukum mutakhir ini.

Kekurangan Konsultasi Hukum Online 

Konsultan hukum online pada praktiknya dapat merupakan seorang advokat atau sarjana hukum tanpa adanya izin advokat. Hal ini tentunya menjadi tugas masyarakat agar mampu memilih konsultan hukum online yang tepat agar permasalahan hukum yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik. Advokat pada dasarnya memang berwenang untuk memberikan jasa hukum sebagaimana diatur dalam UU Advokat. Jasa hukum tersebut dapat berupa konsultasi hukum, mewakili dan mendampingin klien, menjalankan kuasa dari klien, serta memberikan bantuan hukum.

Untuk sarjana hukum sendiri, secara latar pendidikan mereka memang memilki kapasitas untuk menjadi konsultan hukum online. Hal ini dikarenakan teramat jarang konsultasi hukum online yang meminta jasa hingga mendampingi yang bersangkutan ke ranah litigasi. Jika beracara secara litigasi seorang konsultan hukum online tersebut haruslah memiliki kartu advokat sebagai izin yang sah. Namun, konsultan hukum online yang kerap menangani keluhan permasalahan hukum mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh seseorang atau dapat juga disebut berada di tahap non-litigasi maka tidak diperlukan kartu advokat. Tetapi hal ini kembali lagi menjadi pilihan dari masyarakat yang akan memercayakan kasusnya kepada kapasitas konsultan hukum online yang sedemikian rupa.

Kepraktisan konsultasi hukum online yang memudahkan para pihak dalam hal ini masyarakat dan konsultan hukum online, menjadi angin segar agar masalah hukum yang dialami dapat rampung tanpa hitungan bulan. Tetapi, konsultasi hukum online yang kerap dilakukan via telepon dapat menghambat dari segi pemenuhan fakta yang dibutuhakn seorang konsultan hukum online untuk mengambil sebuah kesimpulan. Hal ini tentu saja akan berdampak kepada penyelesaian kasus pihak yang bersangkutan. Karena hal ini akan berbeda jika bertemu langsung dengan seorang advokat sehingga dapat memperlihatkan dokumen-dokumen yang mampu membawa permasalahan hukum ke titik terang. 

Konsultasi hukum online dapat dimanfaatkan bagi masyakarat untuk memberikan aksesibilitas kepada jasa hukum yang selama ini kerap terstigmatisasi atas biaya yang terlampau tinggi sehingga hanya kelas sosial tertentu yang mampu mendapatkannya. Namun, saat ini jasa hukum menjadi semakin membumi dan bukan tidak mungkin ke depannya masyarakat akan semakin perhatian atas masalah hukum yang dihadapi agar ditangani oleh seorang yang ahli dibidangnya yaitu advokat atau konsultan hukum online. Hal yang patut diingat sistem konsultasi hukum online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu masyarakat perlu bijak untuk memilih sistem jasa hukum agar masalah hukum dapat memunculkan titik terang.

Baca Juga: 5 Jenis Tarif Jasa Konsultan Hukum Beserta Penjelasannya

Konsultasikan Pengacara Sesuai Dengan Kebutuhan Anda, Kepada Justika!

Jasa layanan hukum penting begitu penting jika dihadapkan kepada persoalan hukum. Jasa tersebut dapat memberikan ketenangan bagi pihak yang tengah terlibat persoalan hukum. Oleh karena itu, Anda memerlukan peran pengacara atau konsultan hukum. Jangan khawatir sebab Justika siap membantu Anda dengan menyediakan layanan konsultasi hukum dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan Konsultasi via Telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.