Kartu kredit merupakan salah satu cara untuk bertransaksi yang sekarang banyak digunakan. Untuk mendapatkan kartu kredit tersebut, Anda perlu melakukan pengajuan kartu kredit. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara pengajuan kartu kredit yang bisa Anda lakukan.

Cara Pengajuan Kartu Kredit

Ketika Anda ingin melakukan pengajuan kartu kredit, maka Anda perlu tahu mengenai beberapa cara berikut terlebih dulu seperti:

1. Pilihlah kartu kredit yang sesuai

Pertama yang bisa dilakukan adalah Anda perlu memilih jenis kartu kredit yang sesuai seperti apa. Anda bisa mencari jenis kartu kredit yang bisa memberikan banyak keuntungan dan aksesnya yang luas.

Tanyakan apa saja yang bisa menjadi keuntungan jika menggunakan kartu kredit tersebut. Bahkan sekarang banyak juga pengajuan kartu kredit online yang bisa Anda lakukan sendiri dengan beberapa syarat dan ketentuan.

2. Mengisi formulir

Selanjutnya Anda bisa mengisi formulir untuk memproses langkah yang selanjutnya. Biasanya syarat usia minimal untuk bisa bisa membuat kartu kredit biasanya adalah minimal 21 tahun dengan jumlah pendapatan minimal 3 juta setiap bulannya.

Anda juga perlu menyiapkan slip gaji ataupun surat keterangan karyawan sebagai syaratnya. Jangan lupa untuk menanyakan mengenai limit kredit, iuran tahunan hingga bunga yang mesti dibayarkan.

3. Riwayat keuangan yang aman

Ketika ingin mengajukan kartu kredit, pastinya pihak bank akan melakukan pengecekan mengenai kondisi keuangan Anda. pastikan bahwa sebelumnya tidak ada kredit macet karena pinjaman yang lain.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Biasanya akan ada beberapa syarat umum yang dibutuhkan jika ingin mengajukan kartu kredit, seperti:

  1. Usia minimal kartu utama adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  2. Usia minimal kartu tambahan adalah 17 tahun dan maksimal 65 tahun
  3. Kartu identitas seperti paspor, ktp atau SIM
  4. Jika sudah memiliki kartu kredit maka bukti tagihan kartu kredit
  5. Fotokopi slip gaji
  6. Untuk pengusaha membutuhkan fotokopi rekening koran
  7. Fotokopi SIUP dan akta pendirian perusahaan untuk pengusaha
  8. Fotokopi keterangan izin praktik untuk profesional

Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

1. Formulir atau syarat tidak lengkap

Tentunya ketika Anda ingin mengajukan pendaftaran kartu kredit, maka perlu mengisi formulir dan menyerahkan dokumen syarat yang diminta. Akan tetapi ketika Anda tidak lengkap dalam mengisi formulir dan syaratnya juga tidak lengkap, maka bisa menjadi alasan pengajuan kartu kredit yang ditolak.

2. Penghasilan yang tidak sesuai

Jumlah penghasilan yang Anda miliki nantinya akan berguna untuk menentukan limit kartu kreditnya. Sehingga jika Anda membuat kartu kredit dengan penghasilan yang tidak sesuai dengan minimal syarat dari bank maka bisa saja pengajuan tersebut ditolak.

Namun biasanya setiap bank akan memiliki batas minimal penghasilan yang berbeda-beda sehingga akan lebih baik jika Anda bertanya terlebih dulu pada bank penyedia kartu kredit tersebut.

3. Gagal untuk melakukan verifikasi

Hal selanjutnya yang membuat proses pengajuan kartu kredit menjadi gagal adalah pada saat verifikasi. Pihak bank akan melakukan verifikasi mengenai beberapa hal terkait dengan informasi atau syarat yang Anda berikan. Jika pihak bank merasa ada yang tidak benar atau tidak sesuai, bisa saja pengajuan tersebut dibatalkan.

4. Memiliki banyak kartu kredit

Ternyata memiliki banyak kartu kredit juga bisa menyebabkan Anda yang kesulitan untuk melakukan pengajuan kartu kredit lagi. Bagi pihak bank, kepemilikan kartu kredit dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan resiko gagal bayar yang lebih besar. Sehingga ada kemungkinan pihak bank akan menolak permintaan Anda jika memiliki lebih dari 2 kartu kredit.

5. Riwayat kredit yang kurang baik

Pihak bank pastinya juga akan melihat seberapa baik kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Jika pihak menemukan pernah ada riwayat cicilan atau kredit yang kurang baik seperti menunggak atau gagal bayar, maka kemungkinan besar pengajuan Anda bisa ditolak. Untuk itu lebih baik Anda juga tahu mengenai cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.