Membahas perceraian erat kaitannya dengan pembagian harta bersama atau harta gono gini, dalam pembagian harta gono gini pasangan suami istri akan mendapatkan pembagian seperdua dari total harta yang dimiliki selama masa perkawinan. Kasus yang menjadi sorotan disini yaitu bagaimana pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami?

Pembagian Harta Gono Gini Jika Istri Menggugat Cerai

Pembagian harta gono gini sebenarnya bisa diselesaikan atas kesepakatan kedua belah pihak melalui perjanjian pranikah, tetapi pada kenyataannya banyak pasangan yang tidak memiliki perjanjian pranikah terutama dalam pembagian harta bersama. 

Agar pembagian harta bersama adil dan tidak memberatkan salah satu pihak, pembagian harta gono gini akan diselesaikan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, hukum yang berlaku ini mengacu kepada hukum agama, hukum adat dan hukum-hukum lainnya.

Untuk pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami, akan diberikan kebebasan dalam hal pembagian besar harta bersama Namun, jika dalam penyelesaiannya tidak mendapatkan jalan keluar pengadilan melalui putusan hakim berhak memberikan kewenangan dalam pembagian harta gono gini sesuai dengan kondisi dari pasangan bercerai tersebut. 

Hukum Jika Istri Meminta Cerai Tetapi Suami Tidak Mau

Hak istri yang menggugat cerai suami boleh saja asalkan disertai syarat dan alasan yang jelas, dan tidak akan ada konsekuensi istri menggugat cerai suami jika alasan yang diberikan pihak istri diterima oleh pengadilan. Hal ini tentu tidak akan berdampak kepada pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami, pembagian harta gono gini akan dibagi secara merata sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Namun, kemungkinan besaran pembagian masih dapat ditentukan oleh putusan hakim, jika pada proses sidang perceraian terdapat alasan-alasan yang kuat untuk membagi harta bersama sesuai dengan kondisi pasangan yang bercerai.

Pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai tetap akan dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum, walaupun pada kenyataannya hakim akan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan lain, dengan alasan agar pembagian harta gono gini adil dan tidak memberatkan salah satu pihak.

Gunakan Layanan Justika Untuk Mendapat Saran Hukum

Perceraian memang permasalahan yang sangat rumit, tidak semua orang atau pasangan mampu menyelesaikan perceraian seorang diri. Dengan demikian, bantuan dan saran hukum sangat diperlukan agar permasalah perceraian terselesaikan dengan semestinya. 

Justika bersama Advokat dan Pengacara Andal profesional, akan membantu Anda menangani kasus perceraian. Anda akan mendapatkan saran hukum langsung dari pengacara pilihan yang berpengalaman dalam bidang perceraian, melalui Layanan Perceraian Pengacara profesional Justika akan membantu Anda terkait semua permasalahan tentang perceraian Anda. 

Baca Juga:

Konsultasikan Perihal Pembagian Harta Gono Gini Jika Istri Menggugat Cerai Pada Justika

Salah satu tuntutan yang bisa dilakukan ketika terjadi perceraian adalah perihal pembagian harta gono gini. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.