Alasan kenapa proses perceraian lama - Proses perceraian di Indonesia tergolong memakan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat selesai dalam waktu singkat. Kemudian apa hal yang mendasari lamanya proses perceraian tersebut?

Dalam mengurus perceraian tak jarang setiap pasangan memberikan kuasa kepada kuasa hukumnya, hal ini menunjukkan bahwa lama proses perceraian yang memakan waktu, hingga dapat mengganggu aktivitas lainnya. Kemudian apa yang menjadi alasan kenapa proses perceraian lama? Simak penjelasannya berikut.

Alasan Kenapa Proses Perceraian Lama?

Seperti yang sudah disinggung di paragraf atas, proses perceraian memakan waktu yang cukup lama tentunya terdapat alasan tertentu. Oleh karena itu, untuk memberikan informasi terkait lama proses perceraian berikut kami telah menyimpulkan alasan kenapa proses perceraian lama?

1. Jenis Perkara Perceraian

Dalam Pengadilan Agama terdapat 2 jenis perkara perceraian, yaitu cerai talak dan cerai gugat. Perbedaan cerai tersebut terletak dari penggugat cerai, jika cerai gugat maka gugatan dilakukan oleh istri dengan alasan dapat saja istri minta cerai karena tidak bahagia. Namun jika cerai talak maka gugatan dilakukan oleh seorang suami, keduanya harus memenuhi persyaratan pengajuan perceraian seperti persyaratan cerai pihak istri atau pihak suami.

Jika perceraian dengan perkara cerai talak yang menjadi alasan kenapa proses perceraian lama karena terdapat proses akhir yang biasa disebut dengan ikrar talak, berupa pengucapan ikrar talak suami di hadapan persidangan setelah putusan hakim yang berkekuatan hukum.

2. Hadirnya Para Pihak

Hadirnya para pihak yang terlibat juga menjadi alasan kenapa proses perceraian lama, dikarenakan sebelum putusan itu ditetapkan, akan ada proses tanya jawab dan pembuktian dari kedua pihak tersebut.

Akan tetapi, jika salah satu dari pihak tergugat atau termohon tidak hadir maka proses persidangan dapat berlangsung cepat.

3. Jarak Tempat Tinggal Para Pihak

Jarak atau domisili tempat tinggal para pihak juga dapat menjadi alasan kenapa proses persidangan perceraian lama. Hal ini tentu jika ada salah satu pihak (suami atau istri) yang bertempat tinggal di luar kota.

Pihak Pengadilan Agama akan meminta bantuan Pengadilan Agama setempat dimana para pihak tinggal, maka dari itu lama pemanggilan tergantung dari jarak Pengadilan Agama tersebut.

4. Kesiapan Para Pihak

Sikap dan kesiapan para pihak dalam persidangan juga merupakan hal penting dalam proses perceraian, dan alasan kenapa proses perceraian lama. Sebagai contoh jika seorang tergugat diminta untuk hadir dalam agenda persidangan yang sudah terjadwalkan, kemudian pihak tergugat belum dapat memberikan jawaban, maka majelis hakim akan menunda persidangan tersebut dan dilanjutkan sepekan kemudian.

Berapa Lama Proses Perceraian Berlangsung?

Lantas berapa lama proses perceraian tersebut berlangsung? Pengajuan gugatan cerai kepada Pengadilan Agama hingga pada persidangan pertama, memakan waktu paling lambat dalam 30 hari setelah permohonan.

Kemudian persidangan akan diadakan dengan maksud untuk memeriksa gugatan perceraian yang telah diterima oleh Pengadilan Agama. Waktu persidangan kemudian akan ditentukan berdasarkan tenggang waktu pemanggilan dan penerima panggilan.

Dengan demikian, alasan kenapa proses perceraian lama dikarenakan ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh masing-masing pihak, sehingga pihak Pengadilan Agama tidak dapat langsung menyetujui gugatan cerai tersebut.

Kehadiran Kedua Belah Pihak Justru Menghambat Persidangan

Tahukah Anda bahwa alasan kenapa proses perceraian lama paling sering terjadi adalah karena kehadiran kedua belah pihak. Mungkin Anda sering mendapati aktor atau aktris yang berpisah dan salah satu pihak tidak mendatangi persidangan.

Hal ini justru baik karena proses perceraian akan berjalan mulus bahkan umumnya jika salah satu pihak atau tergugat tidak pernah hadir setelah mediasi maka proses persidangan hanya akan berjalan 2 sampai 3 kali saja.

Alasan kenapa proses perceraian lama hanya karena kedua belah pihak hadir adalah pada umumnya pasangan masih dengan ego masing-masing dan terjadi proses jawab menjawab yang mengakibatkan akan ada pembuktian diri dari kedua belah pihak.

Sehingga nantinya akan muncul replik pemohon atau penggugat serta duplik termohon atau tergugat di mana hal ini akan menambah panjang tahapan-tahapan yang seharusnya tidak perlu dilalui.

Sedikit info saja, replik adalah lanjutan dari suatu pemeriksaan perkara perdata, sedangkan publik adalah jawaban tergugat terhadap suatu replik yang diajukan oleh penggugat sehingga keduanya seakan-akan memperpanjang persidangan itu sendiri.

Jadi alasan kenapa proses perceraian lama, semua tergantung pada kedua belah pihak yaitu penggugat maupun tergugat. Setelah adanya replik dan duplik bahkan akan dilanjutkan pada proses pembuktian serta kesimpulan.

Berada pada tahapan pembuktian dan kesimpulan adalah tahapan paling rumit jika kedua belah pihak masih sulit dikendalikan. Setelah proses tersebut bahkan masih ada musyawarah majelis yang perlu dilakukan.

Jika tahapan-tahapan tersebut sudah dilalui dan sudah ada musyawarah majelis maka tahapan selanjutnya adalah pembacaan putusan atau penetapan. Bahkan jika salah satu pihak merasa tidak puas dengan putusan yang diberikan bisa mengajukan upaya hukum.

Para tergugat seringkali bersikeras mengajukan upaya hukum seperti banding atau peninjauan kembali yang dilakukan dalam 14 hari setelah perkara tersebut diputuskan. Hal inilah menambah daftar panjang alasan kenapa proses perceraian lama.

Gunakan Layanan Justika Untuk Mendapat Saran Hukum Tentang Peceraian

Perceraian memang permasalahan yang sangat rumit, tidak semua orang atau pasangan mampu menyelesaikan perceraian seorang diri. Dengan demikian, bantuan dan saran hukum sangat diperlukan agar permasalah perceraian terselesaikan dengan semestinya.

Justika bersama Advokat dan Pengacara Andal profesional, akan membantu Anda menangani kasus perceraian. Anda akan mendapatkan saran hukum langsung dari pengacara pilihan yang berpengalaman dalam bidang perceraian, melalui Layanan Perceraian Pengacara profesional Justika akan membantu Anda terkait semua permasalahan tentang perceraian Anda.

Dapat Juga Langsung Konsultasi Dengan Mitra Advokat Justika

Anda bisa mengkonsultasikannya dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, Konsultasi Chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan Konsultasi via Telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, dapat dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.