Mungkin sebagian dari Anda yang baru pertama kali berurusan hukum akan mengalami kepanikan dan rasa takut yang menghantui. Hal tersebut wajar terjadi karena jika menyangkut dengan masalah hukum tentunya akan erat kaitannya dengan hukuman kurungan pidana yang sangat dihindari banyak orang. Padahal, urusah hukum sendiri tidak melulu berkaitan dengan pihak kepolisian. Terdapat instansi lainnya seperti kejaksaan, KPK ataupun aparat hukum lainnya.

Di Indonesia sendiri, pendampingan hukum oleh seorang profesional advokat dapat dilakukan jika berkaca dengan aturan Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana Nomor 8 Tahun 1983 dimana dalam pasal 54 yang berbunyi, “ Seseorang berhak mendapatkan bantuan hukum guna kepentingan pembelaan selama dalam waktu pada setiap tingkatan pemeriksaan. 


Untuk itu, Bagi Anda yang masih bingung saat pertama kali berurusan hukum, berikut justika telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan dan bisa membantu Anda mengatasi rasa panik tersebut.

Berikut 6 Tips Utama Saat Pertama Kali Berurusan Hukum

Tenang Dan Tidak panik Menjadi Kunci

Setiap mendengar kata kata yang terkait dengan hukum, memang banyak dari Anda yang akan menunjukan sikap khawatir, paranoid atau bahkan sikap ingin segera menghindari masalah tersebut. Padahal dengan menghindarinya tidak akan menyelesaikan perkara hukum tersebut. Tenang menjadi kunci utama dalam menghadapi kasus hukum yang pertama kalinya.

Pasalnya dengan menyikapi persoalan hukum yang Anda hadapi dengan tenang, Anda dapat dengan baik mengontrol emosi dan juga perkataan yang seharusnya Anda tidak katakan. Sikap yang panik dan gegabah adalah sikap yang sebisa mungkin untuk dihindari guna menjauhkan ada dalam permasalahan yang lebih sulit lagi kedepannya. 

Kenali Kasus Yang Dihadapi Lebih Dalam

Setiap orang tentunya akan sangat menghindari untuk terjerat kasus hukum secara langsung. Namun banyak juga dari kalangan masyarakat yang tidak pernah berurusan dengan masalah hukum dan pertama kali berurusan dengan hukum tidak memahami dan mengerti terkait kasus yang menimpanya. 

Untuk itu, Bagi Anda yang tengah berhadapan dengan persoalan hukum, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kasus yang menjerat Anda tersebut. Anda wajib menganalisisnya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kasus yang menimpa Anda tergolong sebagai kasus hukum pidana, perdata atau bahkan administrasi negara. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa mencari tahu permasalahan hukum yang tengah Anda hadapi dengan membaca ulasan blog justika.

Ketahui Dasar Hukum Terkait Kasus Tersebut

Tips lainnya saat pertama kali berurusan dengan hukum adalah dengan mengetahui dan mempelajari lebih lanjut terkait dasar hukum atas kasus yang disangkakan kepada Anda. Anda dapat mencarinya melalui situs yang ada di Internet untuk menemukan dasar hukum atas kasus tersebut.

Disarankan untuk Anda memilih website yang memiliki kredibilitas tinggi guna menjamin isi yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Blog justika telah menyediakan banyak artikel terkait dasar hukum dan langkah hukum yang tepat jika Anda berhadapan dengan berbagai macam kasus. Dengan ulasan yang diberikan tersebut, diharapkan dapat membantu Anda sebagai pembaca memahami dasar hukum pada kasus yang terkait.

Hindari Berbicara Yang Tidak Penting Terkait Kasus Yang Tengah Dihadapi

Berbicara seperlunya juga bisa menjadi kunci utama dalam tips pertama kali berurusan dengan hukum. Pasalnya dengan menjaga omongan dan bicara di ruang publik, Anda akan terhindari dari ucapan boomerang yang justru akan membuat situasi Anda semakin buruk. 

Untuk itu, Bicara sejujurnya menjadi kunci utama dalam menghadapi kasus hukum yang menimpa diri Anda. Ceritakan secara detail mengenai kejadian tersebut dan juga ucapkan semua kata sesuai dengan apa yang Anda ketahui.

Manfaatkan Alat Bukti Yang Ada

Untuk beberapa kasus tertentu, Alat bukti menjadi kunci utama dalam pemutusan vonis bersalah atau tidak seseorang dalam sebuah persidangan. Untuk itu, dengan mempersiapkan semua alat alat bukti yang Ada, Anda dapat sangat terbantu saat menjalankan proses pemeriksaan. Jangan lupa juga untuk mengimbangi alat bukti tersebut dengan keterangan hukum yang sesuai dengan apa yang terjadi sebenanrnya. Tips saat pertama kali berurusan dengan hukum ini sangat penting untuk Anda lakukan.

Konsultasikan Permasalahan Hukum Tersebut Dengan Profesional

Jika dirasa memerlukan petunjuk lebih dalam terkait permasalahan hukum yang menimpa Anda, tak ada salahnya untuk Anda konsultasikan permasalahan hukum tersebut dengan Advokat profesional. Karena dengan bantuan advokat hukum profesional tersebut, Anda bisa menjelaskan dengan rinci duduk perkara yang tengah Anda hadapi saat ini.

Nantinya Advokat tersebut dapat memberikan saran dan nasihat hukum guna menentukan langkah paling tepat untuk kasus yang Anda hadapi saat ini. Jangan khawatir! Pasalnya, saat ini justika memiliki layanan konsultasi hukum online melalui chat ataupun telepon  dengan biaya yang cukup terjangkau.

Dengan menggunakan layanan chat justika, Anda dapat berkonsultasi hukum dengan advokat profesional yang telah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun untuk mendapatkan nasihat dan langkah hukum yang paling tepat. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, Anda bisa berkonsultasi hukum selama 30 menit lamanya dengan hanya membayar Rp. 30.000.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.