Dalam berhubungan dengan Advokat atau pengacara, pastikan Anda dapat memberikan gambaran dan riwayat lengkap dari permasalahan yang dihadapi, agar Advokat mudah dalam menentukan langkah hukumnya.

Pada saat Anda telah menunjuk seorang Advokat atau pengacara untuk membantu menyelesaikan masalah hukum anda, perlu diperhatikan beberapa hal agar interaksi Anda dengan Advokat tersebut menjadi efektif. Interaksi yang efektif tersebut dapat menghasilkan solusi yang tepat untuk masalah hukum yang Anda hadapi.

Coba bayangkan ketika Anda ke dokter saat sakit, dokter akan memberikan beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk membantu dokter menegakkan diagnosa dan treatment yang diperlukan untuk mendukung pemeriksaan fisik dokter terhadap anda. Hal yang sama berlaku saat Anda berinteraksi dengan Advokat yang telah Anda tunjuk. Untuk berhubungan dengan pengacara, pastikan Anda dapat memberikan gambaran dan riwayat lengkap dari permasalahan yang dihadapi. Ketersediaan dokumen atau saksi yang relevan misalnya akan sangat membantu Anda dan pengacara Anda.

Dalam hukum, setiap rincian dan detil informasi sangat penting dan bisa jadi membedakan langkah hukum yang akan diambil. Pastikan informasi tersebut adalah informasi yang benar dan Anda ketahui. Lebih baik lagi jika anda dapat memberikan dokumen pendukungnya. Jangan ragu untuk bertanya pada Advokat atau pengacara Anda apabila ada hal yang anda kurang mengerti. Ketentuan dalam peraturan perundang-undangan misalnya bisa sangat membingungkan anda, dan butuh kemampuan tafsir hukum tersendiri untuk memahaminya. Advokat tentu memiliki kemampuan tersebut.

Pastikan setiap perubahan yang terjadi, Anda sampaikan kepada Advokat Anda. Baik itu hal yang baik atau buruk. Tidak perlu kuatir untuk menyampaikan semua hal kepada Advokat karena mereka terikat sumpah profesi untuk menjaga kerahasiaan kliennya. Jadi buat apa menghadapi proses hukum sendirian? Percayakan masalah anda untuk diselesaikan bersama dengan Advokat anda.

Baca juga:

Mencari Jasa Pengacara Melalui Justika

Justika bisa membantu Anda yang mengalami permasalahan hukum dan sedang mencari jasa pengacara. Anda bisa berkonsultasi melalui via chat, telepon dan tatap muka.

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum atau pengacara dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman.