Terkadang beberapa orang masih keliru atau salah paham mengenai LBH dengan layanan hukum. Keduanya memang hampir mirip dimana membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hukum. Untuk itu berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui berkenaan dengan LBH. 

Apa Itu LBH?

LBH sendiri merupakan lembaga bantuan hukum dimana sesuai dengan namanya, maka membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan masalah hukum. Akan tetapi perlu diketahui mengenai LBH dimana lembaga bantuan yang satu ini termasuk dalam lembaga non-profit. Dalam kata lain, bantuan hukum yang diberikan adalah bantuan secara gratis. 

Hal Penting Yang Perlu Diketahui Seputar LBH

1. Biaya yang “gratis”

Perlu diketahui juga dimana lembaga yang satu ini memang memberikan bantuan hukum secara gratis namun juga melihat dari beberapa hal. LBH lebih berfokus pada pemberian bantuan hukum pada masyarakat yang tidak mampu dan juga buta hukum atau tidak memiliki pengetahuan sama sekali berkaitan dengan hukum. 

Selain itu, arti kata gratis yang dimaksudkan dalam LBH sendiri adalah biaya gratis untuk kebutuhan pengacara. Diluar hal tersebut, masyarakat masih harus membayar biaya operasional. Misalnya biaya perkara di pengadilan dan biaya yang lainnya juga jika diperlukan. 

2. Dasar hukum

Dasar hukum mengenai LBH sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 mengenai Bantuan Hukum. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa LBH adalah lembaga yang memiliki tugas untuk memberikan bantuan hukum. Sedangkan berdasarkan Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Bantuan Hukum mengatakan bahwa bantuan hukum yang dimaksud adala jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan secara gratis pada penerima bantuan. 

3. Ruang lingkup pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan yang dikerjakan oleh LBH sendiri biasanya akan berbeda dengan yang diberikan oleh jasa pengacara secara mandiri atau yang menggunakan biaya. LBH akan lebih fokus pada memberikan bantuan hukum yang sifatnya untuk mencari keadilan. Baik di dalam atau di luar persidangan. Selain itu LBH biasanya juga lebih rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan yang berkaitan dengan permasalahan hukum. 

Lalu, apa peran dari LBH dalam segi hukum bagi masyarakat? Dalam sejarahnya, rakyat kecil tidak bisa menikmati haknya untuk mendapatkan bantuan hukum. Padahal sebagai warga negara Indonesia, semuanya memiliki hak yang sama dimata hukum. Hal inilah yang melahirkan Lembaga Bantuan Hukum atas dasar ketimpangan yang terjadi di masyarakat. 

Peranan lembaga bantuan hukum sendiri adalah untuk membantu menyadarkan masyarakat bahwa mereka memiliki hak-hak hukum ketika terjadi permasalahan di bidang hukum. Lembaga bantuan hukum ini nantinya akan lebih berperan dalam memberikan bantuan pada masyarakat yang buta hukum dan kurang memiliki biaya untuk mendapatkan bantuan hukum dari advokat. 

Demikian adalah beberapa hal penting yang berkaitan dengan lembaga bantuan hukum atau LBH yang cukup sering disamakan dengan jasa pengacara. 

Baca Juga:

Konsultasi Hukum Online Kini Lebih Mudah Dengan Justika!

Peranan LBH akan berbeda dengan layanan hukum lainnya dimana dari segi tujuannya akan berbeda. Untuk itu di Indonesia sendiri sudah hadir layanan konsultasi hukum Justika yang berbeda dengan LBH dimana bisa membantu permasalahan Anda yang tidak terbatas pada jenis permasalahan hukum yang sedang dihadapi.

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

lbh

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

lbh

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.

lbh

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.