Surat keterangan kerja atau biasa disebut sebagai surat paklaring adalah surat yang diterbitkan oleh suatu perusahaan. Fungsi paklaring adalah sebagai dokumen yang memberikan keterangan bahwa karyawan tersebut pernah bekerja di suatu perusahaan selama beberapa waktu dan menempati posisi tertentu.

Paklaring merupakan surat yang sangat berguna untuk karyawan karena fungsi paklaring juga bervariasi. Misalnya untuk mengurus pencairan dana BPJS ketenagakerjaan yang selama ini diiurkan melalui potongan dari gaji bulanan.

Apa itu Surat Keterangan Kerja?

Surat keterangan kerja atau fungsi paklaring adalah surat yang menyatakan bahwa karyawan bekerja di suatu perusahaan dengan masa kerja dan bidang tertentu. Biasanya surat ini dikeluarkan ketika karyawan berhenti dari pekerjaan baik karena PHK atau mengundurkan diri. Anda harus meminta jika perusahaan tidak memberikan paklaring.

Inti dari surat ini adalah menyatakan tentang pengalaman kerja yang telah didapatkan oleh seorang karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut. Terdapat juga keterangan tentang apa saja pekerjaan yang dilakukan dan bagaimana aktivitasnya selama di perusahaan tersebut. Surat ini dikeluarkan oleh divisi personalia dari sebuah perusaahn dan disahkan oleh pimpinan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari tahu tentang contoh surat paklaring.

Apakah dipecat tetap dapat paklaring? Sebagai seorang karyawan, Anda perlu untuk meminta surat paklaring bila ingin mengundurkan diri atau ada pemutusan hubungan kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja karena surat ini memiliki berbagai macam fungsi yang sangat bermanfaat untuk karir dan kehidupan Anda di masa depan.

Fungsi Paklaring Untuk Karyawan

Sebelumnya telah disinggung bahwa paklaring memiliki beberapa fungsi bagi seorang karyawan. Paklaring berhubungan dengan kompetensi dan capaian karyawan di perusahaan sebelumnya. Oleh sebab itu, paklaring juga bisa berfungsi sebagai referensi dari perusahaan tempat karyawan bekerja sebelumnya. Berikut ini beberapa fungsi paklaring atau surat keterangan kerja bagi karyawan:

1. Pencairan Jaminan Hari Tua BPJS

Fungsi paklaring dalam pasal 32 PP No.1 Tahun 2009 menjelaskan bahwa tenaga kerja yang berhenti kerja sebelum umur 55 tahun dan memiliki masa kepesertaan minimal 5 tahun berhak menerima Jaminan Hari Tua (JHT) sekaligus. Salah satu syarat untuk mencairkan JHT BPJS bagi karyawan adalah dengan menunjukkan surat keterangan berhenti kerja atau paklaring dari perusahaan tempatnya dahulu bekerja. Jadi, paklaring dibutuhkan untuk mencairkan dana JHT BPJS bagi karyawan.

2. Referensi Kerja

Surat keterangan kerja atau paklaring bisa digunakan untuk melamar di perusahaan lain sebagai referensi kerja. Perusahaan baru yang dilamar akan mengecek latar belakang dan pengalaman dari karyawan, paklaring akan memudahkan perusahaan untuk melakukan itu. KUHPerdata menyebutkan tentang surat pernyataan pengalaman kerja. Surat ini berisi tentang pengalaman yang telah didapatkan oleh karyawan, masa kerja, performa karyawan dalam pekerjaan, dan alasan kenapa perjanjian kerja berakhir.

3. Sertifikasi Kompetensi

Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 18 ayat 3, disebutkan bahwa karyawan bisa menggunakan paklaring untuk memperoleh sertifikat kompetensi sesuai dengan kemampuan dan bidang yang dikerjakan. Jadi fungsi paklaring bukan hanya bisa dimanfaatkan saat pernjanjian kerja sudah usai, namun juga ketika pekerja masih terikat dalam perusahaan.

4. Fasilitas Keuangan

Fungsi paklaring berikutnya yaitu bagi karyawan yang masih bekerja dapat mengajukan kredit rumah, pembiayaan dan fasilitas keuangan lainnya dengan menggunakan surat keterangan kerja. Hal ini sebagai bukti bahwa karyawan bekerja di perusahaan yang tertulis di dalam surat tersebut.

5. Beasiswa dan Studi

Umumnya beasiswa membutuhkan surat keterangan kerja dan rekomendasi dari atasan sebagai syarat untuk mendaftar. Syarat-syarat tersebut memperkuat keterangan bahwa karyawan layak untuk mendapatkan beasiswa sesuai dengan minat dan spesialisasi yang dibutuhkan secara pribadi maupun dalam dunia pekerjaan.

Begitulah penjelasan mengenai fungsi paklaring untuk karyawan perusahaan. Ternyata paklaring merupakan surat yang cukup penting untuk dimiliki oleh setiap karyawan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.