Prosedur merubah tanda tangan di ktp menjadi penting untuk diketahui oleh semua pihak khususnya bagi beberapa orang yang memerlukan perubahan data diri secara lebih rinci. Akan tetapi hal tersebut tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kartu tanda penduduk atau yang biasa disebut dengan KTP merupakan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Dengan adanya kartu ini maka setiap pemiliknya bisa diakui sebagai salah satu anggota warga negara secara sah serta tercatat resmi dalam semua kepentingan.

kepemilikan kartu ini wajib untuk dilakukan dan di berikan khususnya bagi seseorang yang telah berumur 17 tahun keatas. Kewajiban tersebut semakin penting untuk melakukan pendataan secara menyeluruh dalam lingkup nasional.

Ada banyak sekali unsur yang terdapat dalam KTP tersebut, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, status, hingga agama, ada tanda tangan yang tidak boleh diubah. Sebenarnya tanda tangan tersebut boleh dirubah sesuai prosedur merubah tanda tangan di ktp.

Hal inilah yang membuat beberap orang masih kebingungan terkait bolehkah merubah tanda tangan. Apalagi tanda tangan tersebut erat kaitannya dengan berbagai macam aspek validasi data diri, khususnya dalam penggunaan Kartu tanda penduduk.

Hal yang tentunya sangat penting juga untuk diperhatikan adalah bahwa saat ini telah berlaku KTP secara elektronik. Berbeda dengan KTP sebelumnya yang perlu diperbaharui setiap 5 tahun, konsep e-KTP berlaku seumur hidup, begitu juga dengan data didalamnya.

Sesuai dengan aturan yang berlaku maka perubahan tanda tangan dalam e-KTP saat ini diperbolehkan. Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan.

Inilah Prosedur Merubah Tanda Tangan di KTP

Mengganti tanda tangan berarti juga mengubah data dalam e-ktp. Sehingga ada beberapa prosedur yang tentunya penting untuk diperhatikan oleh semua pihak yang hendak mengganti KTP tersebut, berikut ini adalah prosedurnya.

1. Datang Ke Dukcapil Setempat

Prosedur mengubah tanda tangan yang pertama adalah mendatangi dukcapil setempat. Sebagai salah satu lembaga yang mengurusi semua urusan kependudukan maka dukcapil merupakan rujukan yang tepat bagi pihak yang ingin merubah data.

dalam kantor dukcapil umumnya tersedia beberapa layanan serta keluhan. Mulai dari proses rekomendasi perpindahan, validasi data, hingga perubahan data kartu tanda penduduk seperti tanda tangan.

Semua layanan dalam dukcapil tersebut saat ini juga berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya layanan secara online dalam perubahan dan validasi data, akan tetapi untuk perubahan tanda tangan harus datang langsung ke kantor setempat.

2. Sampaikan Kepentingan Perubahan Data

Aspek prosedur merubah tanda tangan di ktp yang kedua adalah mengutarakan kepentingan kepada sistem support. Setelah laporan diterima maka pihak tersebut akan diarahkan ke bagian tertentu yang bertugas melakukan perubahan semua data e-KTP.

Hingga saat ini untuk melakukan perubahan data tanda tangan tersebut pengguna tidak dimintai beberapa persyaratan khusus. Jika memang data yang dirubah benar-benar terbukti milik pihak tersebut maka proses bisa langsng dilakukan.

3. Lakukan Perubahan

Langkah selanjutnya dalam prosedur merubah tanda tangan di ktp adalah perubahan secara resmi. Satu hal yang perlu disadari adalah bahwa dalam proses perubahan tanda tangan tersebut tidak dibutuhkan lagi aspek pendukung seperti sidik jari lagi.

4. Proses Perubahan dilakukan

Setelah proses tanda tangan baru telah selesai dilakukan maka aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah perubahan dilakukan secara singkat. Berbeda dengan perubahan data lainnya yang memerlukan waktu relative cukup lama.

Akan tetapi penting juga untuk mengetahui dampak hukum dari perubahan tanda tangan. Meski tidak ada dampak cukup penting terkait diperbolehkannya mengubah tanda tangan, akan tetapi pengguna juga tetap harus lebih detail memperhatikan data lainnya.

Sebab dalam perubahan data secara otomatis akan berdampak pada data lain. Terlebih lagi saat ini semua data telah masuk dalam sistem cloud dan terpantau secara berkala, hal ini membuat data seperti ijazah, atm, hingga data lainnya juga harus berubah.

Sehingga prosedur merubah tanda tangan di ktp perlu dipertimbangkan dengan baik dan matang oleh semua pihak, jika memang tidak terlalu urgent untuk dirubah maka sebaiknya tanda tangan tersebut dipatenkan untuk kesamaan data.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.