Menuntut tetangga yang membakar sampah merupakan salah satu hal yang tentunya perlu untuk dilakukan apabila dianggap terlalu berlebihan dan mengganggu keamanan. Hal tersebut tentunya telah diatur sesuai dengan undang-undang serta sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sejak dahulu sampah merupakan salah satu aspek masalah yang belum terpenuhi dan terselesaikan dengan dengan baik. Apalagi keberadaan sampah tentunya terus menumpuk dan tentunya bertambah banyak berdasarkan beberapa data yang terbaru.

Banyaknya sampah yang terbuang dari aspek Perumahan ataupun sentra-sentra produksi pabrik akan memberikan dampak buruk jangka panjang pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itulah maka keberadaan Sampah juga diatur secara maksimal melalui undang-undang.

ada beberapa kejadian berkaitan khusus proses pembuangan sampah, misalnya dengan pembakaran sampah di lingkungan Perumahan yang mengganggu kenyamanan lingkungan. Sehingga Menuntut tetangga yang membakar sampah merupakan hal wajar.

tuntutan tersebut tentunya bukan sembarangan dilayangkan kepada pihak tetangga yang pernah membakar sampah secara sembarangan. Apalagi ada undang-undang dasar terkait pelarangan tersebut, tepatnya undang-undang tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

isi dalam undang-undang tersebut menyebutkan bahwa membakar sampah yang tidak sesuai dengan teknik pengelolaan sampah merupakan tindakan yang melanggar hukum. Sehingga penting bagi pihak untuk Menuntut tetangga yang membakar sampah tersebut.

Apalagi saat ini tersedia beberapa program terkait daur ulang yang tentunya akan lebih bermanfaat dan tentunya kita akan merusak lingkungan. Sehingga pengelolaan sampah yang baik dalam jangka panjang.

Terlepas dari hal tersebut maka berikut ini adalah beberapa aspek penting terkait adanya tuntutan tersebut.

Sesuai dengan aturan larangan membakar sampah sembarangan maka tentunya saat ini pihak tersebut bisa dikenakan denda. bahkan tidak hanya itu saja pelanggar hukum tersebut akan juga mendapatkan sanksi berupa kurungan.

Apabila mengacu pada undang-undang tersebut maka Sanksi Jika Membakar Sampah Tidak Sesuai Persyaratan akan dituntut denda sebesar 50 juta Rupiah dengan lama kurungan selama 6 bulan. Hal ini sesuai dengan perda masing-masing daerah.

Contoh di atas merupakan salah satu aspek hukum yang diberikan oleh pemerintah daerah Bogor terkait aturan larangan membakar sampah sembarangan. Tentunya beberapa daerah lain memiliki aturan yang berbeda beda terkait denda dan waktu kurungan.

pelimpahan wewenang kepada setiap daerah dalam permasalahan sampah ini tentunya merupakan wujud kedisiplinan yang diterapkan secara bertahap. Sehingga diharapkan semua pihak perangkat akan saling berkolaborasi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Melalui aspek hukum tersebut maka anda akan bisa melakukan hal terbaik sesuai undang-undang yang berlaku jika hendak untuk Menuntut tetangga yang membakar sampah. Sehingga anda tidak akan merasa terganggu lagi dengan adanya permasalahan tersebut.

Prosedur Penyelesaian Dalam Menuntut Tetangga yang Membakar sampah

Setelah mengetahui terkait Bagaimana besaran denda dan lamanya kurungan akan diterapkan kepada pihak telah melakukan pelanggaran berupa pembakaran sampah secara sembarangan. Maka tentunya Anda juga harus wajib tahu terkait prosedur dalam hukumnya.

Apabila mengacu pada aspek hukum terkait pengelolaan sampah maka ada dua hal yang tentunya bisa dibawa kerana Hukum. Pertama adalah kasus pengolahan sampah dengan masyarakat dan kasus antara pemerintah daerah dengan pengelola sampah.

Sehingga jika anda hendak Menuntut tetangga yang membakar sampah maka kapasitas hukum yang bisa ditempuh berasal dari lain aspek. aspek yang sangat penting adalah mediasi antara pihak yang merasa terganggu dengan pihak yang membakar sampah secara sembarangan

Proses mediasi ini Tentunya bersifat kekeluargaan sehingga proses penyelesaian permasalahan terkait pembakaran sampah secara sembarangan ini bisa dibicarakan secara internal antara 2 pihak tersebut dengan harapan aka nada penyelesaian secara lebih efektif tanpa jalur hukum.

Akan tetapi jika proses mediasi tidak berjalan secara maksimal maka proses untuk Menuntut tetangga yang membakar sampah secara sembarangan bisa masuk pada ranah pengadilan.

Hal ini dilakukan apabila kedua belah pihak tidak memberikan solusi terkait permasalahan tersebut yang sebenaranya bisa diselesaikan secara internal. Jika terbukti pihak yang membakar sampah melakukan hal tersebut, maka semua denda dan kurungan bisa dijatuhkan.Semua tahapan dan kriteria diatas merupakan salah satu hal yang wajib diketahui jika hendak Menuntut tetangga yang membakar sampah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.