Manfaat perjanjian perkawinan untuk mengikat calon suami dan istri agar terlindungi hak dan kewajibannya saat hal buruk menimpa rumah tangga. Dibuat untuk mengantisipasi terjadinya perpisahan karena cerai atau kematian.

Dengan adanya perjanjian nikah memudahkan Anda dengan pasangan untuk membuat keputusan saat menjalani rumah tangga. Bukan hanya pengucapan janji secara lisan, namun perjanjian ini dibuat tertulis dan sah secara hukum.

Kesepakatan tersebut juga dilindungi oleh hukum dimana kedua pihak harus saling setuju sebelum atau sesaat dilangsungkannya perkawinan. Namun pada prinsipnya, kedua belah pihak dibebaskan dalam membuat isi perjanjian tersebut.

Pembuatannya harus mendapatkan pengesahan langsung dari notaris, sehingga dalam pembuatannya membutuhkan anggaran untuk biaya notaris perjanjian pra nikah.

Bentuk Perjanjian Perkawinan secara Umum

Hidup dengan menjalin hubungan baru dengan individu lain yang direalisasikan dalam sebuah ikatan pernikahan. Dibuatlah hukum untuk menjaga keduanya demi menjaga kehormatan dan kemuliaan sesama manusia.

Perkawinan dikatakan sebagai sunnah yang merupakan kebutuhan tiap manusia. Sebuah perkawinan bukanlah sebuah ikatan biasa, melainkan sebuah upacara sakral yang sangat kokoh untuk memulai membina rumah tangga bahagia.

Dalam melaksanakan pernikahan diperlukan persiapan yang matang dari berbagai aspek, baik materi maupun mental. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara membuat perjanjian pra nikah.

Terdapat tiga bentuk dari perjanjian pernikahan yang dapat Anda buat. Kesepakatan tersebut dibuat dengan memenuhi asas konsensualisme atau kesepakatan kedua pihak pembuat isi surat tersebut.

Percampuran Harta Pribadi

Pada dasarnya terdapat dua jenis percampuran harta dalam perjanjian yakni menyeluruh sebelum dan sesudah terjadinya perkawinan. Kemudian percampuran terbatas di mana calon mempelai dapat memilih apakah akan mencampurnya atau tidak.

Pemisah Harta Bersama

Pada jenis ini memiliki manfaat perjanjian perkawinan berupa dapat memisahkan harta pribadi selama pernikahan. Namun, pada hal ini terdapat pengecualian yakni kewajiban suami dalam memberi dan mencukupi kebutuhan.

Kewenangan Pengikatan Hipotik

Dalam perjanjian perkawinan juga memiliki manfaat yakni dapat disepakati bahwa masing-masing mempelai dapat memiliki kewenangan untuk mengadakan hipotik. Hal tersebut dapat berlaku pada harta pribadi maupun bersama.

Definisi hipotik adalah suatu hak kebendaan atas barang tidak bergerak yang dijadikan jaminan dalam pelunasan suatu perikatan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1162 KUH Perdata.

Tiga bentuk perjanjian tersebut mewajibkan kedua calon mempelai untuk memberikan keterbukaan terkait kondisi finansial masing-masing. Hal tersebut juga dapat memberikan keuntungan dalam menjaga hubungan rumah tangga tetap harmonis.

Manfaat Perjanjian Perkawinan Bagi Tiap Mempelai

Perjanjian perkawinan saat ini tidak hanya dapat dibuat sebelum dilakukannya pernikahan, melainkan selama hubungan tersebut terjalin dan dapat dilakukan di hadapan notaris. Untuk lembaga yang mengurusi pencatatan perkawinan adalah KUA dan pencatatan sipil.

Dengan adanya sebuah kesepakatan yang harus disepakati selama berlangsungnya hubungan pernikahan dapat menyelamatkan rumah tangga dari kemungkinan terburuk. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengatur kehidupan anak di masa mendatang.

Untuk contoh perjanjian pra nikah sendiri banyak terdapat di internet yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perjanjian perkawinan.

Saling Terbuka

Dengan adanya kesepakatan pernikahan tersebut, calon suami dan istri dipaksa harus saling terbuka terkait rencana dan keinginannya saat berumah tangga. Keterbukaan juga merupakan salah satu kunci dari keharmonisan rumah tangga.

Memisahkan Harta

Memisahkan harta antara milik suami dan istri dalam sebuah pernikahan, sehingga tidak bercampur satu sama lain. Apabila suatu saat bercerai maka harta masing-masing akan terlindungi.

Melindungi diri dari Poligami

Salah satu manfaat adanya perjanjian pernikahan yang didapat lainnya berupa perlindungan diri dari poligami. Anda dan pasangan dapat memastikan tidak terjadinya poligami sehingga hidup akan tenang dan terjamin

Memisahkan Hutang

Apabila salah satu pihak memiliki hutang yang dilakukan selama masa pernikahannya. Maka, pihak tersebutlah yang nantinya akan bertanggung jawab secara mandiri terkait hutang yang dilakukannya.

Menghindari Perkawinan Tidak Sehat

Dengan dibuatnya sebuah kesepakatan tentu dapat menghindarkan diri dari pasangan yang tidak tulus sehingga membuat pernikahan tidak sehat. Janji manis dari calon pasangan tentu belum seutuhnya dapat dipercaya.Sebuah kesepakatan yang dibuat untuk saling melindungi satu sama lain baik dari segi harta dan mental pasangannya. Banyak sekali manfaat perjanjian perkawinan yang dapat dinikmati oleh kedua pihak setelah pernikahan.

Kontultasikan Kepada Justika

Anda bisa mengkonsultasikan perihal pembuatan surat perjanjian pra nikah tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.