Surat wasiat ahli waris adalah salah satu dokumen yang penting ketika seseorang ingin memberikan warisannya nanti ketika meninggal pada ahli waris. Tujuannya untuk meninggalkan pesan pada keluarga nantinya mengenai pengurusan dan pembagian harta warisan yang ditinggalkan. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris.

Surat Wasiat Adalah

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenai apa itu surat wasiat. Surat wasiat sendiri merupakan dokumen yang dibuat secara resmi yang mana didalamnya menyatakan pemberian hak waris dalam bentuk harta kepada ahli waris. Ahli waris sendiri biasanya adalah garis keturunan dari pewaris tersebut. Oleh karena itu, pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris adalah untuk membantu memperjelas siapa yang berhak menerima warisan.

Secara hukum di Indonesia sendiri, pembagian warisan bisa berdasarkan hukum perdata, hukum islam dan hukum adat. Dalam hal ini Anda berhak untuk menggunakan aturan pembagian warisan berdasarkan hukum yang mana.

Namun biasanya yang paling banyak digunakan adalah prosedur pembagian warisan berdasarkan hukum perdata. Dalam hal ini prosedur membuat surat wasiat dilakukan melalui jalur formal atau bisa juga disebut dengan pewarisan testamentair.

Pewarisan testamentair ini adalah penunjukan ahli waris yang didasarkan atas surat wasiat yang sudah dibuat oleh pewaris. Pembagian tersebut juga termasuk dalam besaran atau jumlah berapa persen yang akan didapatkan oleh setiap ahli warisnya.

Pentingnya Membuat Surat Wasiat Untuk Ahli Waris

Pembuatan surat wasiat untuk ahli waris ini menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan agar ada kejelasan mengenai bagaimana pengelolaan dan pembagian harta warisan dari orang yang meninggalkannya. Untuk itu berikut adalah alasan mengenai pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris.

1. Pernyataan ahli waris yang sah

Alasan pertama mengenai pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris adalah untuk membantu menentukan siapa saja yang sah menjadi ahli waris dari harta orang tersebut. Adanya surat tersebut akan membantu untuk memenuhi kelengkapan mengenai kebutuhan administratif yang dibutuhkan dalam pengurusan warisan. Sehingga tanpa adanya surat tersebut bisa dikatakan Anda bukanlah ahli waris yang sah secara hukum.

2. Menghindari sengketa

Surat wasiat penting untuk menghindari terjadinya sengketa harta warisan. Sengketa mengenai pembagian harta warisan bisa terjadi akibat tidak adanya surat warisan untuk ahli waris. Namun dengan adanya surat wasiat tersebut, pembagian harta warisan akan lebih jelas dan adil.

Selain itu surat wasiat tersebut juga membantu untuk menghindari harta yang tidak produktif. Misalnya keluarga yang ditinggalkan masih dibawah umur atau belum cukup dewasa, sehingga pembagian warisannya masih belum jelas dan ada kemungkinan bahwa harta warisan tersebut didiamkan begitu saja.

3. Sebagai bentuk antisipasi

Antisipasi juga dilakukan dengan membuat surat wasiat untuk ahli waris. Itulah mengapa pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris dikarenakan sebagai bentuk untuk mengantisipasi dikemudian hari jika ada anggota keluarga yang meninggal.

Pembagian harta warisan tersebut nantinya bisa dilakukan sesuai dengan amanat atau pesan yang ada dalam surat wasiat tersebut.

4. Mempermudah pengelolaan warisan

Dengan adanya surat warisan pada ahli waris, pembagian harta warisan yang ditinggalkan akan lebih mudah. Mengenai besaran dan siapa saja yang menerima warisan tersebut sudah diatur dengan jelas. Bahkan pemberi wasiat juga bisa memberikan warisannya pada orang lain atau pihak lain seperti yayasan atau panti asuhan.

5. Memastikan kehendak pewaris bisa terlaksana

Pewaris memiliki aset penting yang disiapkan untuk ahli waris atau orang tertentu. Pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris adalah untuk memastikan ahli waris mendapatkan haknya yang juga mengikat secara hukum. Selain itu, surat waris tersebut juga berguna untuk menjelaskan dengan rinci mengenai apa saja yang menjadi kehendak pewaris ketika meninggal.

6. Melindungi bisnis pewaris

Terakhir adalah membantu untuk melindungi bisnis yang ditinggalkan pewaris. Dengan diberikannya aset berupa bisnis tersebut pada orang yang dipercaya, maka akan membantu agar bisnis bisa tetap dikelola dengan baik dan menghindari sengketa dari keluarga yang lainnya.

Bagaimana Jika Ahli Waris Tak Menghiraukan Surat Wasiat?

Surat wasiat merupakan pesan yang ditinggalkan oleh pewaris mengenai pembagian dan pengelolaan hartanya. Oleh karena itu, surat wasiat tersebut harus dijalankan oleh ahli waris yang bersangkutan. Akan tetapi bagaimana jika ahli waris tak menghiraukan surat wasiat tersebut padahal sudah ada pentingnya membuat surat wasiat untuk ahli waris.

Ketika pewaris tidak memiliki ketetapan yang sah dalam bentuk surat wasiat, maka semua hartanya akan menjadi milik segenap ahli waris. Namun jika ada surat wasiat yang sah maka isi dari surat tersebut wajib dijalankan oleh ahli waris.

Konsultasikan Masalah Pembuatan Surat Wasiat

Pembuatan surat wasiat adalah hal yang penting dilakukan. Untuk itu, Anda bisa bertanya secara langsung pada mitra advokat Justika, mengenai bagaimana pembuatan surat wasiat sesuai hukum yang berlaku melalui beberapa layanan berbayar berikut:

1. Layanan Analisis Hak Waris

Layanan ini dapat menjamin Anda saran hukum yang bermakna dari konsultan hukum yang berpengalaman dengan konsultasi dan pengecekan detail hak waris hanya dengan Rp 100.000 saja.

Langkah-langkah menggunakan Layanan Analisis Hak Waris:

  1. Sebelum memulai konsultasi, pastikan kondisi waris Anda telah diisi untuk dianalisis oleh konsultan.
  2. Pilih jadwal konsultasi sudah sesuai dengan kebutuhan
  3. Dapat link chat untuk konsultasi dan segera membahas hak waris

2. Kalkulator Waris Islam

Anda dapat menggunakan layanan Kalkulator Waris Islam untuk menghitung pembagian waris secara gratis, transparan, akurat, dan tentunya sesuai dengan syariat dan UU yang berlaku di Indonesia. Namun, Anda dapat melakukan ini dengan hanya mengisi form di dalamnya.

Sistem perhitungan Kalkulator Waris Islam di Justika tentunya berdasarkan dengan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang diterapkan sebagai dasar hukum umum yang berlaku di pengadilan agama.

Selain itu, terdapat fitur lainnya dimana Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli dalam bidang waris dengan konsultan hukum maupun ustadz secara online.

3. Konsultasi via Chat

Untuk kasus perhitungan waris yang lebih kompleks dan memiliki banyak pertimbangan di dalamnya, Justika menyediakan Anda layanan Konsultasi via Chat yang terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja. Selebihnya, Justika menyediakan fitur Konsultasi via Chat, serta dapat mempermudahkan

Dengan begitu, Anda dapat berkonsultasi lebih jauh terlebih dahulu dengan advokat yang terpercaya guna mengetahui besaran pembagian harta warisan, serta menindaklanjuti tata cara pembagian waris.

Langkah-Langkah konsultasi melalui chat terkait perhitungan pembagian waris:

  1. Masuk ke dalam layanan Konsultasi dengan Chat justika.com
  2. Ceritakan permasalahan waris Anda dalam kolom chat
  3. Berdasarkan instruksi yang ada, lakukanlah pembayaran
  4. Namun, dalam waktu 5 menit sistem akan segera mencarikan konsultan hukum waris yang sesuai dengan permasalahan perhitungan pembagian waris Anda.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.