Surat wasiat menjadi salah satu dokumen penting agar harta peninggalan dari orang yang bersangkutan bisa  dijaga dan menghindari adanya perebutan harta. Membuat surat wasiat juga penting untuk beberapa alasan, khususnya untuk anggota keluarga yang nantinya ditinggalkan dan agar mereka tidak bingung saat ingin meneruskan hidup ke depannya. Anda juga bisa melihat berbagai referensi contoh surat permohonan cek wasiat sesuai kebutuhan.

Mengapa Surat Wasiat Penting?

Lebih dari sekedar dokumen karena ada amanah di dalamnya

Surat wasiat dikenal juga dengan sebutan testament. Biasanya berisikan tentang apa saja amanah dari penulis surat wasiat tersebut setelah dia meninggal dunia. Isinya berkaitan dengan hal penting yang harus dibagikan atau diinfokan pada semua anggota keluarga yang bersangkutan bahkan terkait dengan pemakaman. Sebelum membuatnya, anda juga bisa tanyakan biaya pembuatan surat wasiat di notaris.

Menjelaskan tentang aset dan harta yang ditinggalkan

Selain berisi tentang amanah tertentu dari si penulis surat wasiat – biasanya berisi juga tentang pembahasan pembagian harta yang harus diperhatikan. Hal tersebut menjadi salah satu poin penting yang harus diketahui oleh keluarga yang bersangkutan. Penulis atau pemberi wasiat juga dapat membagikan aset atau hartanya pada pihak lain yang ditunjuk seperti yayasan, organisasi, panti asuhan, dan masih banyak lainnya. Ketika sudah dibuat dengan kelas maka pengelolaan terkait aset dan harta yang ditinggalkan semakin jelas alurnya dan tidak menimbulkan permasalahan kedepannya.

Mengenal Beberapa Jenis Surat Wasiat

Ada beberapa surat wasiat yang bisa anda pelajari di bawah ini:

Jenis Surat Wasiat Umum

Untuk jenis surat satu ini, pemberi wasiat biasanya akan menemui pihak notaris untuk membantunya selama proses penulisan wasiat. Kemudah notaris dan pemberi wasiat akan menandatangani surat tersebut dan dilakukan di depan dua orang saksi. Sehingga dua saksi tersebut mengetahui jika surat tersebut sudah legal dan sah di bawah hukum.  Anda juga bisa cek contoh surat permohonan cek wasiat untuk jenis ini

Jenis Surat Wasiat Rahasia

Langkahnya hampir sama dengan jenis sebelumnya. Bedanya proses penyerahan surat dilaksanakan  dengan cara tertutup bahkan pihak notaris juga tidak mengetahuinya. Prosesnya penyerahan biasanya disaksikan oleh 4 orang saksi. Namun pihak notaris tidak tahu tentang isis surat dan akan membuatkan akta penjelasan yang akan ditandatangani oleh saksi, penulis wasiat dan notaris.

Jenis Surat Wasiat Olografis

Surat wasiat lainnya adalah jenis olografis yang biasanya ditulis di bawah tangan. Namun surat ini nantinya akan ditandatangani oleh pemberi warisan atau wasiat. Setelah itu dokumen akan diberikan pada notaris dan disimpan. Notaris juga akan menyediakan akta penyimpanan yang harus ditandatangani. Notaris juga dapat memberikan contoh surat permohonan cek wasiat.

Baca Juga: Pahami Surat Hibah dan Fungsinya


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.