Cara mengurus surat keterangan pindah agama penting untuk anda ketahui ketika memang memiliki ketertarikan untuk berpindah agama. Sebagai warga negara yang baik ketika berpindah agama juga harus mengurus dokumen dokumen yang dibutuhkan ketika berpindah agama.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memberikan kebebasan kepada seluruh warga negaranya untuk memilih keyakinannya masing-masing. Perbedaan agama menjadi salah satu hal yang cukup sering terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Cara pindah agama dari Islam ke Kristen atau mungkin saja sebaliknya bisa dilakukan dengan cepat dan cukup mudah. Akan tetapi tentunya diperlukan pertimbangan yang matang sebelum anda memutuskan untuk berpindah agama.

Dalam beberapa tahun terakhir juga banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk menjadi mualaf. Prosedur menjadi mualaf menurut hukum Islam memang sangat mudah untuk dijalankan salah satu syaratnya yaitu membaca dua kalimat syahadat.

Setelah melakukan pergantian Agama anda harus segera mengganti beberapa dokumen seperti misalnya KTP dan juga kartu keluarga. Hal ini dikarenakan pada KTP dan kartu keluarga harus mencantumkan agama.

Prosedur perubahan agama pada identitas seperti KTP dan kartu keluarga dapat dilangsungkan pada KUA secara gratis. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan agar nantinya proses bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Langkah-Langkah Cara Mengurus Surat Keterangan Pindah Agama

Agar perpindahan agama yang anda lakukan diakui secara hukum maka harus mengurus surat keterangan pindah agama.

Masyarakat Indonesia memiliki kebebasan untuk memilih agamanya masing-masing. Dalam Pancasila sila ke 1 berbunyi ketuhanan yang maha esa dimana masyarakat paling tidak percaya terhadap satu agama.

Walaupun pada kenyataannya tidak menutup kemungkinan ada beberapa masyarakat yang menganut paham atheis atau tidak percaya dengan Tuhan. Akan tetapi biasanya orang-orang dengan paham atheis tetap mencantumkan agama pada KTP dan juga kartu keluarga.

Cara mengurus surat keterangan pindah agama sangat penting untuk anda ketahui agar nantinya jika anda berpindah agama Juga diakui secara hukum.

Karena ketika anda tidak mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan nantinya aktivitas perpindahan agama yang anda lakukan tidak tercatat oleh hukum. Berikut langkah-langkah cara mengurus surat keterangan pindah agama.

Mengurus surat keterangan dari Kelurahan domisili pemohon

Langkah pertama cara mengurus surat keterangan pindah agama yaitu adalah meminta surat keterangan dari Kelurahan domisili pemohon.

Caranya Anda tinggal datang ke kelurahan di mana anda tinggal. Sampai di sana nantinya Anda bisa menjelaskan maksud dan tujuan secara rinci.

Anda tidak perlu khawatir karena prosedur cara mengurus surat keterangan pindah agama dari Kelurahan domisili cukup mudah untuk dilakukan. Nantinya Ada petugas dari Kelurahan yang akan membantu anda untuk mengisi formulir yang diberikan.

Membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Cara mengurus surat keterangan pindah agama yang kedua yaitu adalah menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan di kantor KUA nantinya .

Anda perlu mengcopy beberapa dokumen itu seperti misalnya Kakak dan juga kartu keluarga. Anda tidak perlu mengcopynya dalam jumlah banyak cukup mengcopy satu lembar saja untuk diserahkan ke kantor KUA.

Sebaiknya Anda menyiapkan dokumen yang akan diserahkan dari rumah agar nantinya proses bisa berjalan dengan cepat ketika sudah berada di kantor KUA.

Menyiapkan pas foto 3 X 4 sebanyak 3 lembar

Cara mengurus surat keterangan pindah agama yang ketiga yaitu adalah menyiapkan pas foto 3 X 4 sebanyak 3 lembar. Nantinya pasfoto akan ditempelkan pada beberapa dokumen untuk mengurus surat keterangan pindah agama yang Anda lakukan.

Menyiapkan materai Rp10.000 sebanyak 1 lembar untuk ditempelkan pada surat pernyataan

Hal terakhir yang perlu Anda persiapkan yaitu adalah materai 10000 sebanyak 1 lembar untuk ditempelkan pada surat pernyataan. Anda bisa membelinya Terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor KUA.Biasanya untuk mengurus surat keterangan pindah agama dapat dilakukan dengan sangat cepat dalam waktu 1 hari saja biasanya sudah jadi.  Berikut diatas cara mengurus surat keterangan pindah agama pada kantor KUA agar berjalan dengan lancar dan cepat.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.