Saat ingin menjalankan cara isbat hukum nikah siri, ada juga prosedur yang harus ditaati dan dijalankan secara teliti oleh kedua belah pasangan. Jika tidak, malah akan ada hukum lagi yang menengahi. Namun jika Anda melakukannya dengan tepat, segala proses berjalan lancar.

Perkawinan adalah hal yang sakral. Kedua belah pihak harus melewati serangkaian proses dulu untuk nantinya dapat dikatakan sebagai sebuah pasangan yang sah. Tetapi, ini bukan hanya berlaku untuk para pasangan yang menikah resmi, melainkan juga ada yang siri.

Artinya, mereka melakukan segalanya dengan lebih disembunyikan. Tetapi ini tetap menjadi momen yang sakral buat mereka. Tetapi jika pada suatu saat ada masalah yang mengganggu, maka yang harus segera diketahui adalah cara menceraikan istri nikah siri yang lengkap.

Dan untuk melakukan perceraian itu, pasangan nikah siri hanya dapat memutuskan untuk bercerai jika mereka telah melakukan isbat nikah siri. Jika tidak, maka proses perceraian tidak dapat diterima. Namun, bagaimana dan apa saja prosedur perceraian nikah siri tersebut?

Prosedur dan Cara Isbat Hukum Nikah Siri

Banyak yang hingga saat ini mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk melakukan perceraian meskipun kedua belah pihak telah setuju untuk mengakhiri hubungan mereka. Mereka secara pribadi hanya terdaftar berdasarkan agama, tetapi tidak diakui negara.

Bahkan, buku nikah yang dikeluarkan oleh majelis hakim juga absen sehingga tidak bisa melaksanakan perceraian. Tetapi untuk yang ingin bercerai, maka caranya adalah lakukan isbat dan membayar biaya pengambilan akta cerai. Namun, cara untuk bisa lakukan ini adalah:

1. Kunjungi ke Kantor Pengadilan Setempat

Yang pertama sekaligus biar Anda tahu berapa lama proses perceraian, tanyakan saja semuanya ketika Anda berkunjung ke kantor pengadilan agama setempat. Buat surat permohonan isbat nikah, dan jika tidak bisa, ada pos yang dibuat untuk bantuan.

Setelah semuanya selesai, fotokopi formulir untuk isbat hukum nikah secara siri itu sebanyak 5 rangkap, dan tanda tangan formulir dengan lengkap. Serahkan 4 formulir ke petugas pengadilan, dan 1 rangkap lagi Anda yang simpan untuk proses lanjutan.

2. Melakukan Pembayaran Panjar Biaya Perkara

Jika proses itu sudah selesai, urutan sidang perceraian selanjutnya adalah Anda diminta untuk membayar biaya segala perkara, mulai dari administrasi hingga biaya tanggungan yang biasa memang harus dibayarkan oleh penuntut dalam masalah.

Anda tidak dituntut untuk membayar semuanya langsung. Hanya panjar sebagai tanda bukti bahwa pengadilan akan mengurus seluruh dokumen yang diserahkan. Sehingga permohonan isbat itu dapat cepat selesai seturut Anda membayar cepat.

3. Tunggu Hasil Pemanggilan dari pengadilan

Membayar panjar sudah, mengumpulkan formulir juga sudah, maka yang akan Anda lakukan selanjutnya adalah menunggu pemanggilan itu. Biasa, dalam keterangan saat membayar sudah dibilang kapan dan dimana proses sidang tersebut dilaksanakan.

Sembari menunggu pemanggilan ini, anda bisa mulai menyiapkan berbagai alasan cerai yang diterima hakim, sekaligus mengecek dokumen lain. Sehingga nantinya cara isbat hukum nikah siri ini dapat terbebas dari pidana dan sidang berjalan dengan lancar.

4. Hadiri Persidangan di Hari H

Pada saat sudah mencapai hari H persidangan, hariri langsung dan siapkan segala jenis dokumen yang sekiranya dibutuhkan. Yang pasti adalah KTP atau identitas lain dalam bentuk asli karena identitas ini sangat diperlukan untuk melakukan pemeriksaan.

Dalam sidang ini juga Anda sebaiknya hadir sendiri. Atau tidak, buat surat kuasa pengambilan akta cerai saja untuk membuat pemimpin sidang tahu bahwa akan diwakilkan. Namun sebisa mungkin datang sendiri dan selesaikan masalah itu.

5. Menunggu Putusan Pengadilan

Setelah semua cara isbat dilewati, maka yang terakhir adalah Anda tinggal menunggu apa putusan isbat nikah itu yang nantinya akan diputuskan oleh pemimpin sidang sebelumnya, serta staff kantor yang mengawasi persidangan.

Biasanya, putusan ini akan memakan waktu hingga 14 hari. Namun jika Anda ada urusan, cari tahu saja contoh surat kuasa pengambilan akta cerai dan minta orang kepercayaan Anda untuk mengambilnya terlebih dahulu dan akan mereka simpan.Menarik untuk meneliti bagaimana kasus persidangan terhadap pasangan yang menikah siri dilakukan. Secara pribadi, surat kuasa dan dokumen penting perceraian adalah yang paling penting untuk bisa melaksanakan cara isbat hukum nikah siri dan bebas dari hukum.

Contoh Surat Permohonan Isbat Nikah

Contoh Surat Permohonan Isbat Nikah
Download PDF Download DOC

Contoh Surat Permohonan Isbat Nikah Contentius

Contoh Surat Permohonan Isbat Nikah Contentius
Download PDF Download DOC

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.