Ketika Anda sudah memutuskan untuk berpisah dengan pasangan Anda, tentu ada beberapa proses yang harus dilakukan. Di mana salah satu langkah penting dan utama untuk dilakukan adalah mengurus perceraian. Perceraian sendiri memang hal yang tidak diinginkan oleh seluruh pasangan di mana pun, namun jika ini adalah keputusan yang terbaik. Tentunya mau tidak mau harus dijalani, Proses perceraian pun membutuhkan biaya mengurus akta cerai

Mengurus Perceraian

Untuk mempersiapkan biaya mengurus surat cerai di pengadilan tentunya akan berbeda-beda. Bahkan biaya mengurus akta cerai juga akan berbeda sesuai dengan kebijakan dari pengadilannya sendiri. Ada beberapa biaya yang nantinya harus disiapkan meliputi pendaftaran perkara, materai, administrasi, redaksi bahkan untuk biaya panggilan penggugat selama 2 sampai 3 kali. Tentunya biaya ini tidaklah sedikit bahkan bisa dibilang cukup memakan banyak uang. 

Berapakah Biaya Mengurus Akta Cerai?

Untuk biaya yang harus dikeluarkan tentunya tidak sedikit bahkan bisa dibilang cukup banyak. Namun, bagi beberapa orang yang tidak mampu, untuk pengurusan surat cerai ini bisa diberikan secara gratis maupun diberikan potongan harga oleh pengadilan agama itu sendiri. Namun, ada persyaratan yang harus dilengkapi seperti memberikan keterangan SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu. 

Untuk rincian biaya mengurus akta cerai diantaranya adalah:

  • Biaya Pengacara

Untuk bisa mengikuti sidang perceraian, Anda tidak harus membawa pengacara namun disarankan untuk menggunakan jasa pengacara perceraian agar memudahkan proses persidangan. Di mana biaya pengacara ini sendiri juga bergantung pada yang Anda pilih. Untuk kisaran harga pengacara sendiri mulai dari 20 sampai dengan 50 juta. Namun, biaya ini sudah meliputi hingga terbitnya akta cerai atau hingga batas akhir perceraian usai. Namun perlu diketahui hal ini adalah opsional dimana tidak diwajibkan menyewa pengacara agar dapat beracara di pengadilan. 

  • Panjar Biaya Perkara

Untuk berapa biaya dari panjar perkara itu sendiri juga akan bergantung pada pengadilan mana yang akan dipilih. Biasanya akan bergantung juga untuk sejumlah proses mulai dari biaya pendaftaran, biaya proses, panggilan pemohon, panggilan termohon, biaya redaksi, dan juga biaya materai. 

  • Biaya Pencatatan Perceraian 

Setelah mendapatkan putusan pengadilan yang juga memiliki kekuatan hukum yang tetap, maka perceraian akan otomatis dicatat pada catatan sipil. Beberapa pencatatan perceraian ini juga akan terpenuhi dengan beberapa persyaratan dari pasangan yang akan bercerai. Biasanya meliputi salinan putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap, kutipan akta perkawinan, KK dan juga KTP. 

  • Biaya Pengadilan 

Pada umumnya, biaya pengadilan ini akan mencakup beberapa biaya yang akan dikeluarkan dalam pengadilan. Biasanya beberapa biaya yang akan kita bayar meliputi pendaftaran perkara, materai, administrasi, dan lain sebagainya. Jadi, itulah biaya mengurus akta cerai yang mungkin akan Anda pelajari bagi yang akan melangsungkan proses perceraian. Di dalam Islam, perceraian ini bisa dilakukan ketika suami sudah menjatuhkan talak 3. Untuk biaya di atas adalah biaya perkiraan yang biasanya dikeluarkan ketika akan menjalani proses perceraian. Setelah semua proses ini selesai, pastinya secara otomatis surat kuasa pengambilan akta cerai sudah bisa langsung Anda terima.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.