Mungkin bagi kebanyakan pemilik binatang belum tahu aturan memelihara hewan di perumahan secara tepat. Memang faktanya semua orang hampir suka memelihara sebuah hewan dari jenis apapun yang sekiranya memberikan keuntungan.

Oleh karena itu dalam peliharaan saat di perumahan harus memahami sejumlah aturan agar tidak menyalahi tata tertib sesuai hukum. Indonesia menjadi negara yang mengatur tentang memelihara binatang jinak maupun buas. 

Peraturan dibuat sedemikian rupa bertujuan agar hewan peliharaan tidak pernah merugikan tetangga dan orang sekitarnya. Mengingat kalau kerugian tercipta bisa membuat banyak kerugian tercipta tanpa disadari oleh sebagian pencinta hewan.

Tanggung jawab besar ditanggung dalam ketentuan hukum kelalaian pemilik hewan secara keseluruhan harus ditaati. Belum tentu ketika Anda memelihara binatang tertentu bisa aman dari aturan mengingat samping rumah ada tetangga.

Demi memudahkan mengetahui seluruh aturan secara umum dalam memelihara seekor binatang, kami akan membantu selengkapnya. Di bawah adalah peraturan berlaku dalam memelihara sebuah hewan di seluruh perumahaan Indonesia.

Aturan Memelihara Hewan di Perumahan

Perlu diketahui bahwa memelihara binatang sendiri di rumah ternyata terdapat aturan yang berlaku harus dipenuhi. Hal ini dibuktikan dalam perundang-undangan Indonesia yaitu pasal 490 KUHP yang berisikan berikut ini.

Ancaman kurungan penjara dapat dialami setiap orang yang memelihara sebuah hewan di rumah masing-masing ketika menyalahi aturan. Lama kurungan maksimal hanya 6 hari, dengan denda 300 rupiah saja.

Ketentuannya adalah barang siapa yang menghasut hewan terhadap seseorang atau saat binatang sedang memikul beban. Selain itu, barang siapa yang tidak pernah menjaga hewan liar dalam kesadaran diri sendiri.

Lalu pasal kelalaian yang mengakibatkan kerugian ditentukan ketika hewan buat berbahaya dipelihara tanpa mendapatkan izin dari pihak berwajib. Perlu diketahui bahwa pihak berwajib yang memberikan persetujuan bisa polisi atau pejabat.

Tidak hanya itu saja, terdapat pasal 136B dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengatur mengenai kotoran hewan di halaman tetangga. Pemilik seekor hewan harus bertanggung jawab terhadap semua kerugian yang ditimbulkan.

Oleh karena itu harus diawasi secara terus menerus agar hewan tidak mengotori sebuah halaman tetangga. Apabila sampai terjadi, tentu saja bikin masalah dalam kehidupan bermasyarakat akan berlangsung secara kurang baik.

Langkah hukum jika peliharaan tetangga mengotori halaman dapat digugat karena itu merupakan perbuatan yang melanggar hukum. Seorang dirugikan berhak mengajukan gugatan berupa pergantian kerugian setara dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Tiap perbuatan yang bersifat melanggar hukum, tentu harus ada ganti ruginya untuk menggantikan kerugian terjadi tersebut. Jangan berhenti sampai di sini, berikut ini adalah cara mencegah hewan merugikan tetangga sekitar.

Cara Mencegah Hewan Melanggar Hukum Pada Perumahan

Pemilik binatang harus taat terhadap aturan memelihara hewan di perumahan jika ingin terhindar dari sanksi tegas sesuai UU. Cara mencegah sebuah kerugian akibat kesalahan hewan melanggar hukum, simaklah penjelasan berikut. 

Mengajak bermain hewan dengan rutin telah menjadi salah satu cara terbaik dalam melatih hewan agar tidak memberikan dampak negatif. Fungsi dari mengajak mainan binatang agar otot motorik lebih terlatih.

Sehingga bisa berkomunikasi lebih baik dengan pemilik maupun orang lain yang tidak akan menyakiti semua jenis hewan peliharaan. Bahkan mengajak bermain juga bertujuan agar binatang tidak pernah merusak perabotan rumah.

Ajaklah keluar dari rumah mulai sejak dini agar hewan terhindar dari stress berkepanjangan. Mengingat kelalaian dalam memelihara hewan khususnya di daerah perumahan dapat digugat secara mudah sesuai hukum yang berlaku.

Supaya tidak menyalahi pasal tentang kelalaian yang mengakibatkan kerugian pemilik hewan harus mengenalkan area sekitar tempat tinggal. Anda bisa melatih peliharaan agar mampu membuang kotoran dengan benar tanpa salah tempat.

Terakhir memberikan obat dan vitamin secara rutin kepada hewan peliharaan akan membantu menumbuhkan kesehatan peliharaan. Hewan yang dipelihara semakin peka terhadap masalah kesehatan jadi terjamin tidak mudah terkena virus.

Memahami seluruh aturan yang berlaku secara umum bagi pemilik peliharaan akan berdampak positif. Latih hewan sebaik mungkin serta tidak pernah lalai dalam memelihara binatang agar terhindar dari sanksi merugikan.

Adanya aturan yang baik bertujuan positif bagi setiap pemilik hewan terutama saat bertempat tinggal dalam perumahaan. Semua masyarakat jadi tahu aturan memelihara hewan di perumahan agar terhindar kehidupan berjalan adil.