Pengetahuan mengenai cara menghindari pelanggaran hak cipta tergolong mudah dilakukan. Meski begitu banyak orang tidak mau berpikir terlalu lama. Kemudian melakukan pelanggaran yang sebenarnya masih dapat dihindari.

Beragam masalah tentu bisa dihadapi karena tergolong sebagai hukum yang diatur oleh pemerintah. Tidak heran dapat diberi gugatan perdata berupa kurungan. Ditambah lagi dengan ganti rugi yang yang cukup besar.

Kita bisa melihat banyak kasus tercatat dalam kepolisian dan televisi. Banyak orang mengambil cipta dan akhirnya jatuh ke penjara. Tentu saja aset finansialnya juga terganggu karena langsung diberikan ganti rugi.

Anda disini juga perlu apa langkah hukum jika hak cipta di akui orang lain. Terutama supaya tidak ada pihak kurang bertanggung jawab mengambil cipta. Termasuk memanfaatkan karya Anda sebagai komersial.

Pastinya sangat merugikan karena karya Anda bisa saja tercoreng. Terlebih karena hadirnya barang atau karya palsu bertebaran dengan mudahnya. Ditambah lagi dengan potensi terkena komplain padahal bukan yang menjual.

Cara yang akan dikenalkan disini adalah melihat mengenai ketentuan basic atau utama. Begitu juga berkaitan dengan merek dagang, barang, desain sampai publikasi. Sudah tercatat dalam hukum sehingga efektif dimanfaatkan.

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Terbaik Basic dan Merek Dagang

Langkah menghindari beragam macam pelanggaran cipta tergolong penting dilakukan. Nantinya berkaitan dengan denda sampai skorsing yang bisa diberlakukan. Tapi dengan mempertimbangkan beberapa pedoman paling tepat.

Cara menghindari pelanggaran hak cipta bersifat basic pertama yaitu menggunakan gambar original. Misalnya dengan membuat sendiri foto dengan smartphone atau kamera. Apalagi zaman sekarang banyak kamera berkualitas.

Selain itu jika ingin menggunakan gambar orang lain, pastikan meminta izin. Kalau perlu membeli gambar tersebut. Tentu supaya khusus hanya untuk Anda dan tidak bisa dipakai oleh orang lain.

Pilihan cara menghindari pelanggaran hak cipta selanjutnya adalah meminta izin. Biasanya terdapat pemilik gambar tidak perlu dibayar tapi hanya perlu disebutkan namanya. Pastinya lebih murah dan tidak melanggar hukum.

Sementara itu jika berkaitan dengan merek dagang, fungsinya kurang lebih sama. Wajib menghindari merek dagang yang sudah digunakan perusahaan lain. Bahkan tidak boleh mendekati nama maupun logo yang sudah dipakai.

Selain itu cara menghindari pelanggaran hak cipta merek dagang adalah melihat katalog produk sejenis. Misalnya berjualan tas, harus melihat produk sejenis. Terutama supaya tahu apa produk yang belum mereka buat.

Meski ada sedikit kesamaan, pastikan membuat deskripsi produk yang jelas. Tentu dengan maksud memberikan perbedaan detail dengan produk perusahaan lain. Harus menjelaskan dengan akurat dalam bentuk gambar dan teks.

Sebenarnya hal ini juga dapat dilakukan sebagai bentuk aturan hukum hak cipta di internet. Terutama jika penjualan atau komersial dilakukan pada jalur tersebut. Pastinya lebih banyak sektor dapat diatasi segera.

Trik Menghindari Beragam Pelanggaran Barang, Desain dan Publikasi

Pertimbangan cara menghindari pelanggaran hak cipta selanjutnya adalah melalui detail produknya. Saat ini menjual suatu produk, pastikan tidak palsu. Meski banyak tersebar dan laku, hindari agar tidak terkena hukum.

Terlebih jika menjual dalam jumlah banyak dan ketahuan oleh merek dagang aslinya bisa dipanggil kepolisian. Terutama karena terbukti melanggar secara komersial. Kalau tergolong perusahaan besar, dijamin kalah.

Jadi, cara menghindari pelanggaran hak cipta paling tepat adalah selalu mencari produk asli. Terutama dengan menghubungi distributor terpercaya. Barang bersifat authentic atau sah tidak akan melanggar UU Cipta.

Selain itu pastikan supaya tidak memakai invensi dengan hak paten sah. Apalagi tanpa adanya izin secara langsung berupa surat tertulis dari perusahaan terkait. Baik berupa barang asli maupun berbentuk virtual.

Bila Anda ingin menggunakan produk orisinil yang terkuat, pastikan memahami soal publikasi. Disini Anda tidak bisa memakai nama orang lain. Apalagi terdapat banyak kesamaan bahkan dianggap hanya meniru.

Ditambah lagi jika ingin memakai persona orang untuk produk komersial Anda juga perlu dihindari. Terutama jika sudah terlalu berkesan untuk mereka. Bahkan pelanggaran ini dapat menyebabkan terkena gugatan berat.

Dalam masalah hak publikasi, pastikan untuk tidak memakai gambar selebriti atau orang terkenal. Terutama karena dipastikan gambar tersebut dimiliki pihak lain. Baik gambar tersebut maupun barang yang dipakai di dalamnya.


Bila ingin sukses dalam membuat konten atau suatu karya, memang lebih baik melakukan riset melimpah. Terutama dengan mengecek karya yang sudah dipatenkan orang. Termasuk cara menghindari pelanggaran hak cipta terbaik.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.