Dengan semakin mudahnya perkembangan teknologi sekarang ini, orang-orang juga semakin mudah untuk melakukan pinjaman secara online. Mulai dari pinjaman online yang legal atau sudah terdaftar di OJK hingga pinjaman online ilegal yang banyak dijumpai. Namun ketika ingin melakukan pinjaman online perlu ada syarat pinjaman online. Dalam artikel berikut akan dijelaskan mengenai syarat pinjaman online legal yang bisa Anda penuhi.

Syarat Pinjaman Online

1. Memiliki rekening atas nama pribadi

Syarat agar bisa mendapatkan pinjaman online yang pertama adalah dengan memiliki nomor rekening atau tabungan atas nama pribadi. Nantinya uang pinjaman yang sudah cari akan secara langsung ditransfer pada rekening bank Anda. Adanya rekening tabungan dengan bukti berupa scan atau fotokopi buku tabungan.

2. Alamat email yang aktif

Syarat pinjaman online yang selanjutnya adalah Anda harus memiliki alamat email yang aktif. Alamat email tersebut menjadi pilihan selain adanya alamat dan juga nomor telepon yang wajib sebagai syarat.

3. Memiliki penghasilan

Menjadi syarat penting ketika ingin mengajukan pinjaman online adalah Anda harus memiliki penghasilan atau pekerjaan. Bahkan hal ini menjadi syarat pinjaman online agar bisa lebih cepat cair. Bukti bahwa Anda sedang bekerja adalah dengan memberikan slip gaji yang digunakan sebagai syarat atau permohonan awalnya.

4. Sudah cukup usia

Ketika Anda ingin melakukan pinjaman online, ada juga syarat usia yang harus dipenuhi. Batas usia yang dimaksudkan adalah minimal 21 tahun sampai maksimal 60. Pemilihan usia 21 tahun tersebut dianggap sudah dewasa dan cakap melakukan tindakan secara hukum sendiri. Sedangkan batas maksimal tersebut berdasarkan rata-rata usia hidup di Indonesia.

5. Data dan dokumen yang lengkap

Syarat pinjaman online yang legal juga harus memenuhi beberapa hal seperti beberapa dokumen asli dan lengkap. Biasanya data yang sering diminta untuk dijadikan sebagai syarat seperti NPWP, slip gaji hingga KTP. Adanya NPWP tersebut nantinya akan berguna sebagai tanda bukti wajib pajak. Pinjaman online tanpa npwp dan slip gaji biasanya hanya digunakan untuk pinjaman pada jenis pinjol tertentu saja.

Cara daftar pinjaman online legal tentunya akan berbeda dengan pinjaman online yang ilegal. Data yang dibutuhkan sebagai syarat pinjaman online legal biasanya hanya berupa data diri secara umum saja seperti alamat, nomor telepon, nomor rekening hingga email. Namun berbeda dengan syarat pinjaman online ilegal yang meminta data tidak wajar, misalnya uang muka, password rekening hingga data pribadi anggota keluarga.

Selain itu, pinjaman ilegal juga menggunakan persyaratan yang mudah dimana hal ini memudahkan seseorang untuk tergiur melakukan pinjaman. Padahal penting mendapatkan slip gaji dan NPWP sebagai syaratnya.

Pinjol ilegal juga menyalurkan dana pada Anda melalui rekening pribadi dan bukan rekening perusahaan yang resmi seperti pinjol legal. Banyaknya yang tergiur dengan mudahnya syarat mendapatkan pinjaman online ilegal menyebabkan banyak pengalaman tidak membayar pinjaman online ilegal dikarenakan tidak sanggup membayar bunga pinjaman yang cukup banyak.

Justika Dapat Membantu Terkait Masalah Pinjaman Online

Pinjaman online memang masih banyak memakan korban, untuk itu lebih baik jika Anda menggunakan pinjaman online legal yang sudah terdaftar di OJK. Justika memiliki mitra advokat yang berpengalaman lebih dari 5 tahun sehingga bisa membantu permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan konsultasi via telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.