Cara daftar pinjaman online sangat banyak dicari oleh masyarakat, mengingat saat ini sudah banyak penyelenggara pinjaman online yang menawarkan jasanya. Namun, dalam pengajuan atau mendaftarkan diri ke pinjaman online tak jarang mendapat penolakan.

Dengan demikian, walaupun secara sederhana pendaftaran pinjaman online terlihat mudah, akan tetapi tidak selalu diterima oleh penyelenggara pinjaman online tersebut. Maka dari itu, berikut ini cara daftar pinjaman online yang dapat Anda lakukan.

Cara Daftar Pinjaman Online

Untuk disetujui oleh pihak penyelenggara pinjaman online, seorang pemohon atau calon nasabah harus mengetahui langkah atau cara daftar pinjaman online sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan kebijakan dari pinjol tersebut. Berikut hal yang mendasari permohonan daftar pinjol yang dapat disetujui:

1. Penuhi Setiap Persyaratan

Cara daftar pinjaman online pertama yaitu dengan memenuhi setiap persyaratan yang diminta, syarat pinjaman online satu sama lain umumnya akan sama dengan meminta data diri seperti Kartu Tanda Penduduk dan beberapa data diri yang harus dilengkapi oleh pihak pemohon.

Hal yang terkadang terlewatkan oleh pemohon yaitu tidak memperhatikan batas usia boleh mengajukan pinjaman online, secara umum batas usia pemohon dalam mengajukan pendaftaran yaitu 21 tahun dan maksimal 55 sampai 60 tahun.

Kemudian dalam persyaratan ini Anda harus mengisi formulir yang sesuai dengan keaslian data Anda, dan sesuai dengan kartu identitas sehingga pada saat review data diri pihak penyelenggara pinjaman online akan memverifikasi bahwa data tersebut benar adanya.

2. Menggunakan Data Diri yang Asli

Cara daftar pinjaman online kedua yaitu dengan melampirkan dokumen asli seperti, Kartu Tanda Penduduk (KTP), slip gaji dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika diperlukan.

Kemudian setelah melampirkan semua dokumen, Anda akan diminta untuk foto selfie bersama KTP Anda, dan foto KTP Asli. Kemudian sistem akan memverifikasi keaslian foto dengan foto KTP Anda, setelah itu akan diberi pemberitahuan bahwa pengajuan Anda disetujui jika semua sah.

3. Melampirkan Slip Gaji

Cara mendaftar pinjaman online selanjutnya yaitu melampirkan slip gaji, tidak semua pinjaman online meminta melampirkan slip gaji, hanya mengisi formulir penghasilan saja. Namun, jika Anda diminta untuk melampirkan dokumen slip gaji, maka Anda wajib melampirkannya, dengan cara scan slip gaji tersebut lalu unggah dalam aplikasi pinjaman online. Jika Anda seorang freelancer maka Anda dapat menggantinya dengan bukti rekening tabungan saja.

4. Pinjol Resmi

Terakhir, untuk menghindari adanya resiko penipuan yang dilakukan oleh pinjol maka Anda tetap harus memperhatikan legalitas penyelenggara pinjaman online tersebut. Pastikan bahwa pinjol atau aplikasi pinjol tersebut terdaftar di OJK.

Itulah beberapa cara daftar pinjaman online yang wajib Anda ketahui, namun sebagai tambahan informasi Anda dapat membaca artikel kami pengalaman tidak membayar pinjaman online ilegal. Semoga bermanfaat.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.