Lagi ingin menyiapkan pengajuan kepailitan, tetapi sulit untuk mendapatkan contoh surat permohonan pailit? Tidak usah susah-susah karena Anda cukup melengkapi isinya saja. Sehingga isi surat itu tepat sasaran dan pengajuan kepailitan dapat langsung diterima.

Sebagai sebuah perusahaan, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat permohonan pailit, beserta perbedaan pailit dan bangkrut. Masih banyak yang masih belum mengetahuinya, meskipun sudah diberikan contoh dan isi surat pailit yang jelas.

Pada dasarnya, surat pailit ini berisi keterangan bahwa orang yang meminjam uang telah mengalami kesulitan keuangan sehingga sulit untuk membayar hutang. Agar semakin jelas dan tidak berjung ke kekerasan, maka biasanya akan dibawa ke pihak pengadilan.

Jika kepailitan diterima, maka akan ada kompensasi waktu yang bisa diajukan kepada pihak kreditor. Sehingga, sudah sepantasnya jika surat permohonan pailit ini ditulis dengan jelas dan berisi hal-hal yang penting saja. Karena isi di dalamnya yang menentukan keputusan.

Apa Kegunaan dari Contoh Surat Permohonan Pailit Ini?

Sebelum membahas lebih jauh lagi, ada baiknya jika Anda paham tentang fungsi dari kehadiran surat permohonan pailit. Kehadiran surat permohonan pailit ini pada dasarnya sebagai bukti bahwa seorang peminjam, masih belum bisa melunasi utang yang dipinjam.

Dalam contoh surat pailit yang diberikan ini, akan dijelaskan beragam alasan mengapa penerima hutang masih belum mampu menyelesaikan proses pelunasan. Dan langkah penyelesaian utang bagi perusahaan yang dinyatakan pailit harus dibuat sejelas mungkin.

Sehingga, surat ini bisa menjadi bahan banding ke pengadilan dimana Anda yang meminjam uang itu masih meminta kompensasi untuk batas waktu tertentu. Jadi, Anda wajib mencari contoh surat pailit milik orang lain yang ditulis dengan isi yang meyakinkan.

Fungsi contoh ini adalah agar Anda bisa mencari tahu sekiranya informasi apa saja yang perlu Anda masukkan. Bukan berarti Anda bisa mencontek seluruh isi yang ada di dalam surat permohonan pailit tersebut, tetapi Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi yang dialami.

Isi dari Contoh Surat Permohonan Pailit

Anda yang saat ini memiliki rencana untuk menulis surat pailit, setidaknya harus mengerti dulu apa yang perlu Anda masukkan di dalam sana. Bagaimana pun juga, surat ini sangat menentukan apakah permohonan pailit itu bisa di terima oleh pengadilan atau tidak.

Jika Anda ingin menulisnya juga, kami sarankan untuk mencari contoh surat pailit dari mana saja. Tidak sulit untuk menulisnya karena di dalamnya hanya berisi beberapa informasi yang diperlukan saja. Informasi yang diperlukan dalam surat prosedur pengajuan kepailitan adalah:

  1. Identitas

Identitas adalah salah satu elemen penting yang wajib Anda masukkan ke dalam surat permohonan pailit. Nama, umur, agama, pekerjaan dan tempat tinggal adalah hal dasar yang wajib ada di semua surat, termasuk di surat permohonan pailit.

Selain identitas Anda sendiri, wajib juga memasukkan identitas penyedia pinjaman. Sehingga kedua belah pihak ini memiliki sangkut paut di masalah ini. Bila penyedia pinjaman berasal dari negara lain, wajib juga melampirkan fotokopi paspor.

  1. Fundamentul Petendi (Posita)

Setelah semua identitas lengkap terlampir, kini saatnya Anda masuk ke tahap penulisan fundamentum Petendi. Di tahap permohonan pailit ini, Anda diwajibkan untuk menceritakan hak dan kewajiban perusahaan yang dipailitkan.

Bisa dimulai dari awal mula peminjaman, hingga alasan mengapa masih belum bisa membayar hingga waktu yang sudah ditentukan. Usahakan agar gugatan ditulis dengan sejelas mungkin seperti contoh surat permohonan yang Anda lihat.

  1. Gugatan

Setelah semua tertulis dengan jelas, maka sampai di tahap akhir. Karena pengadil sudah tahu alasan Anda belum bisa membayar hutang, jangan sempat Anda ulangi lagi di tahap gugatan ini. Sebaliknya, Anda langsung mengungkapkan keinginan Anda.

Di surat permohonan pailit ini biasanya berisi tentang berapa lama kompensasi waktu yang dapat diberikan. Pastikan isinya masuk akal sehingga pengadil dapat menerima gugatan tersebut. Jadi, pelajari contoh surat pailit itu dengan baik.Permohonan pailit itu selalu berakhir di tangan pengadil, dan semua ini ada kaitannya dengan cara Anda menulis surat pailit yang akan diserahkan itu. Pastikan Anda buat sebaik mungkin dengan mengikuti contoh surat permohonan pailit dan usahakan agar semua jelas.

Saat ini Anda dapat membuat dokumen dengan Mitra Advokat terkait Template Perjanjian Bisnis, dan juga perihal Surat Penangguhan Pembayaran. Dengan menggunakan Layanan All Template Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.