Kegiatan utang mengutang sudah biasa dilakukan, dan jika ada kendala, wajib tahu langkah penyelesaian utang bagi perusahaan yang telah dinyatakan pailit. Karena utang ini adalah sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan. Jadi, ini langkah yang harus Anda tahu.

Tidak aneh lagi jika di kondisi yang kesusahan, orang cenderung akan meminjam uang. Bahkan, bukan hanya di level individu saja, melainkan juga terkadang ada perusahaan yang meminjam uang untuk bisnis dan sebaiknya mereka tahu perbedaan pailit dan bangkrut.

Biasanya, dalam aktivitas pinjam meminjam uang ini akan ada perjanjian. Perjanjian ini juga sudah dilakukan sejak uang menjadi alat utama dalam segala aktivitas. Utang ini juga harus didasari oleh cara penyelesaian utang bagi perusahaan yang telah dinyatakan pailit.

Terkadang, ada perusahaan yang tidak mampu untuk melunasi utang yang telah ia pinjam dan termasuk ke perjanjian. Banyak hal buruk yang bisa terjadi jika tidak direspon dengan langkah penyelesaian yang tepat dan dilakukan langsung oleh perusahaan pailit sangat penting.

Langkah Penyelesaian Utang Bagi Perusahaan yang Telah Dinyatakan Pailit

Tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengelola uang yang tepat, apalagi uang itu berasal dari pinjaman. Jangan sampai setelah meminjam itu, bukan untung yang didapat, melainkan rugi. Jika dalam level individu masih mending, namun apa jadinya jika utang perusahaan?

Kita harus sadar akan tanggung jawab dari utang itu. Namun jika sudah terdesak dan masih belum ada solusi untuk masalah itu, Anda tidak boleh dan jangan sempat lari dari tanggung jawab! Berikut adalah langkah penyelesaian uang yang bisa Anda ikuti:

1. Jangan Tergoda Dengan Usaha Lain Dulu

Berada di situasi yang sulit ini memang akan mendorong kita untuk melakukan inovasi. Akan tetapi, jangan terlalu cepat untuk cari pasar mana yang akan dimasuki sebelum tahu langkah penyelesaian utang bagi perusahaan yang telah dinyatakan pailit.

Anda masih berada di kondisi pailit, bukan bangkrut. Sebaiknya Anda lengkapi hak dan kewajiban perusahaan yang dipailitkan dan setelah itu coba kembangkan lagi bisnis tersebut. Selama belum bangkrut, maka bisa dibilang masih cukup aman.

2. Belajar Mengatur Keuangan

Anda bisa berada di situasi pailit ini praktis karena cara mengelola uang yang masih buruk. Dengan demikian, berbahaya juga jika harus tetap seperti ini. Apalagi belum tahu bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah pailit utang tersebut.

Tidak perlu belajar cara manajemen secara mendalam, setidaknya Anda rajin saja dalam membuat laporan keuangan. Catat setiap arus transaksi, besar atau kecil dan jangan biasakan menunda-nunda. Dengan ini, utang dapat segera terbayarkan.

3. Mulai Cicil

Dari semua catatan keuangan itu, sebaiknya Anda tidak membayarkan semua dalam satu kali transaksi saja, meskipun sudah dipaksa untuk menyelesaikan utang pailit itu dan sudah mendesak. Anda bisa meminta agar hutang tersebut bisa Anda cicil.

Dengan menggunakan sistem cicilan ini, Anda bisa menggunakan sebagian uang itu untuk keperluan lain. Bisa juga dijadikan sebagai bentuk investasi karena nilainya akan terus bertambah seiring prosedur pengajuan kepailitan sedang dijalankan.

4. Masukkan Dalam Program Jangka Panjang

Agar seluruh kondisi keuangan Anda bisa menjadi stabil dan tidak membutuhkan lagi contoh surat permohonan pailit, maka Anda bisa menggunakan program jangka panjang untuk uang yang ada, dengan mempertimbangkan keuangan bulanan.

Artinya adalah, Anda masukkan uang hasil pendapatan ke dalam investasi. Jika Anda mendapat waktu yang lama untuk menyelesaikan hutang bagi perusahaan dan dinyatakan pailit, maka masukkan uang tersebut di program jangka panjang.

5. Menambah Utang

Bagaimanapun, kita tidak akan pernah tahu kebutuhan apa saja yang akan ada. Sehingga meskipun kondisi sedang berhutang, tidak ada salahnya jika meminjam uang lagi untuk menjadi solusi dari kepailitan perusahaan yang sedang Anda jalani.

Tetapi, pastikan bahwa pinjaman itu memiliki suku bunga yang rendah. Dengan meminjam uang itu, pastikan Anda bisa memanfaatkannya dengan paling baik dan hingga batas waktu yang ditentukan, Anda bisa membayar seluruh hutang itu.Memang merupakan satu langkah yang sulit untuk bisa menyelesaikan masalah hutang. Kita kebanyakan akan berpasrah menunggu persidangan selesai. Namun, ada langkah penyelesaian utang bagi perusahaan yang telah dinyatakan pailit agar bisa berkembang.

Baca Juga:

Utang piutang menjadi aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia bisnis. Namun bukan berarti Anda bisa melakukan aktifitas utang piutang tanpa adanya perjanjian yang kuat secara hukum.

Dapatkan perjanjian utang piutang dari Justika. Melalui layanan all template yang disediakan justika, Anda dapat membuat perjanjian utang piutang guna melindungi segala kebutuhan dalam aktivitas utang piutang dan dengan kekuatan hukum yang terjamin.