Mengajukan beragam syarat syarat penyimpanan migas harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada. Terutama agar tidak terdapat kesalahan berakibat buruk. Misalnya terkena masalah hukum suatu saat nanti.

Terdapat landasan hukum yang harus selalu dipastikan berjalan dengan baik. Apalagi namanya minyak dan gas bukan suatu bisnis yang dianggap enteng. Banyak hal harus terurus terutama dengan adanya aturan ketat.

Aturan tersebut membuat setiap perjalanan pebisnis dalam bidang tersebut cukup sulit berjalan. Terutama jika tidak melakukan persiapan dengan baik. Tentu yang ada kaitannya dengan menyiapkan dokumen dan data lengkap.

Begitu juga mengenai beragam jenis regulasi perizinan migas yang sebelumnya dibutuhkan. Kalau landasan tersebut dibiarkan, pasti ada pihak merasa dirugikan. Terutama pihak pemerintah seperti Kementerian dan pihak sejenisnya.

Kita disini akan mencoba melakukan eksploitasi pada produk berhubungan dengan tambang. Maka dari itu pemerintah akan mewajibkan aturan bersifat kuat. Tidak dapat kita ubah untuk meraup keuntungan pribadi.

Dalam proses menyiapkan dokumen yang dibutuhkan bahkan tidak jarang butuh waktu berbulan-bulan. Selain itu ada bantuan hukum dari ahlinya agar tidak ada kesalahan. Apalagi akan melakukan lobby pada pihak terkait.

Syarat Syarat Penyimpanan Migas Administratif dan Tambahan

Untuk dokumen menyimpan minyak dan gas bumi tentu jumlahnya cukup melimpah. Pertama Anda harus mengetahui tentang ketentuan bersifat administratif. Tentu masih ditambah dengan kelengkapan penting lainnya.

Dokumen administratif pertama yang dibutuhkan yaitu mengenai akta pendirian perusahaan. Kalaupun sudah pernah melakukan pengubahan, harus tetap diberikan. Tentu berupa akta lama beserta sertifikat pengubahan.

Lalu kita akan menambah lagi dengan profil perusahaan yang akan Anda daftarkan. Company Profile umumnya dapat dibuat sendiri agar lebih menarik. Nantinya bisa juga ditambah dengan desain dan nomor seri.

Syarat menyimpan produk migas lainnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Tentu dapat menjadi tanda jika perusahaan resmi berdiri. Selain itu terdaftar rajin bayar pajak.

Kita juga diwajibkan menambahkan data penting seperti Tanda Daftar Perusahaan sebagai dokumen resmi. Begitu juga Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Ditambah surat pernyataan yang dilengkapi materai di bagian atasnya.

Tidak ketinggalan menambah dengan persetujuan mengenai penggunaan bumi bangunan. Begitu juga surat persetujuan lingkungan sekitar untuk dipakai kegiatan bisnis. Termasuk menambah jaminan pendanaan mencukupi untuk waktu lama.

Sementara itu untuk urusan persyaratan tambahan, umumnya berupa NPWP Komisaris dan Direksi. Begitu juga KSWP atau Konfirmasi Status Wajib Pajak. Kedua dokumen tersebut harus terdaftar dan berstatus valid.

Bila Anda masih bingung dengan ketentuan dokumen dan sertifikat yang diperlukan, tidak perlu masalah. Bisa menengok contoh surat izin pengangkutan bbm, niaga ataupun transaksi agar tidak salah melengkapinya.

Data untuk Ketentuan Menyimpan Migas Bersifat Teknis

Untuk syarat syarat penyimpanan migas bersifat teknis sudah dibedakan menjadi dunia. Tidak lain Izin Surat Sementara dan Izin Usaha Tetap. Kedunya punya ketentuan berbeda yang harus dicukupi pebisnis.

Khusus Izin Surat Sementara, syarat paling penting yaitu mengenai studi kelayakan pendahuluan. Termasuk juga tentang bagaimana rencana tata letak sampai pembangunan. Semuanya harus dilakukan secara strategis.

Termasuk disini mengenai bagaimana rencana pembuangan limbah dilakukan. Tentu migas termasuk produk berbahaya jika dibuang sembarangan. Maka dari itu perlu ada perencanaan dan langkah membuang limbah terbaik.

Tidak heran jika dokumen menyimpan minyak dan gas bumi lain yang dibutuhkan berupa studi lingkungan. Semuanya harus sesuai dengan penyimpanan atau kapasitas dari lokasi Anda mendirikan kegiatan bisnis.

Kalau ada rencana membangun gedung baru, harus terdapat pada poin perencanaan. Termasuk fasilitas lainnya yang akan menjadi pendukung bisnis. Mutu dan standar dibutuhkan juga dengan menyesuaikan produk.

Sementara itu untuk Izin tetap pada prosedur pengurusan perizinan usaha migas cukup sedikit tapi penting. Misalnya mengenai izin lingkungan. Begitu juga laporan uji coba operasi yang harus positif.

Disini laporan tersebut harus mengidentifikasi kalau kegiatan bisnis layak beroperasi. Kita nantinya juga membutuhkan syarat penting lain sesuai kegiatan. Misalnya apakah untuk bisnis BBM, LNG, LPG dan sejenisnya.

Bila sudah mengumpulkan beragam data lengkap tersebut, bisa segera melakukan pengajuan. Semakin lengkap datanya, keberhasilan bisa membesar. Lalu pengajuan syarat syarat penyimpanan migas bisa langsung berjalan dan terverifikasi.

Urus Segala Persoalan bisnis Anda dengan mudah bersama Justika. Segala kebutuhan bisnis akan dapat terselesaikan dengan mudah dan praktis. Melalui berbagai produk dari bisnis.justika.com , Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda jadi lebih baik lagi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.