Langkah atau prosedur pengurusan perizinan usaha migas penting dijalankan oleh pengusaha. Terutama yang ingin badan usahanya segera terdaftar resmi. Selain itu lolos sertifikasi dan mampu menjalankan bisnis dengan baik.

Harus diketahui kalau sekarang sudah terdapat aturan baru yakni Peraturan Menteri No 29 Tahun 2017. Tentu mengenai kegiatan mengurus Minyak dan Gas Bumi negara. Tidak dapat dilakukan sembarangan apalagi ilegal.

Ada perubahan terutama dalam pasal 4 ayat 3 poin d yang mengalami penghapusan. Begitu juga ayat 6 yang ternyata diubah menteri. Tentu semua perubahan tersebut memang bertujuan untuk kemajuan Indonesia.

Harus diketahui jika regulasi perizinan usaha migas termasuk hal yang diwajibkan bahkan haram ditinggalkan pengusaha. Hal ini perlu dibuat bahkan sebelum bisnis dijalankan. Tentu agar dianggap resmi semua kegiatannya.

Menjalankan kegiatan bisnis tanpa surat resmi tentu dianggap ilegal. Kemudian akan dijatuhi hukuman cukup berat saat pelanggarannya semakin besar. Denda yang dijatuhkan tidak main-main, mencapai miliaran.

Panduan dan Prosedur Pengurusan Perizinan Usaha Migas

Bila Anda ingin segera mengurus dokumen tersebut, maka bisa segera menyiapkan keperluan yang dibutuhkan. Termasuk langkah dan panduan terbaru. Terutama agar sesuai ketentuan dan dapat diterima pihak terkait.

Membuat Akun

Untuk prosedur tentu akan mengikuti regulasi perizinan migas yang sudah ada. Jadi, kiya diwajibkan untuk membuat akun pada website utama Kementerian ESDM. Di mana menjadi pihak yang mengurus migas.

Disana sudah tersedia informasi secara lengkap juga. Misalnya mengenai panduan atau langkah yang dibutuhkan dari awal dan seterusnya. Begitu juga mengenai syarat, perizinan sampai berapa waktu yang dibutuhkan.

Mengisi Data Perusahaan

prosedur pengurusan perizinan usaha migas lainnya yaitu dengan mengisi semua data perusahaan yang dimiliki. Data tersebut harus lengkap mengenai nama atau identitas. Termasuk kontak dan sertifikasi resmi perusahaan.

Tidak ketinggalan harus sesuai dengan ketentuannya yaitu untuk kegiatan niaga minyak dan gas bumi. Jadi, tidak boleh memiliki sertifikasi berbeda. Hanya dikhususkan untuk kegiatan tersebut agar lebih mudah mengurusnya.

Memilih Pelayanan Izin

Selanjutnya Anda tinggal memilih pelayanan izin yang ingin dibuat dalam prosedur pengurusan perizinan usaha migas. Tentu dalam produk tambang, jenisnya tergolong sangat banyak. Disini kita akan memilih produk tambang berupa minyak dan gas bumi sesuai ketentuan.

Tentu saja proses pemilihan pelayanan izin tersebut harus disesuaikan dengan perusahaan. Jadi, tidak akan mengganggu verifikasi dari kementerian. Terutama bila ingin segera mendapat dokumen yang dibutuhkan.

Melengkapi Syarat

Bila sudah memilih jenis perizinan yang dibutuhkan, tinggal melengkapi syarat. Disini tipe syarat yang dibutuhkan ada dua yaitu administratif dan teknis. Keduanya harus dilengkapi dengan baik demi perusahaan.

Khusus kedua tipe syarat tersebut sebenarnya masih dibedakan lagi secara detail. Jadi, ada kemungkinan produk migas punya ketentuan syarat berbeda. Anda harus menengok langsung ke website Kementerian ESDM agar paham.

Harus diketahui jika syarat syarat penyimpanan migas tergolong begitu penting. Jika ketinggalan satu saja maka kegagalan dalam prosedur pengurusan perizinan usaha migas adalah hasilnya. Apalagi jika serius, maka mengumpulkan syarat tersebut tidak sulit.

Menjalani Verifikasi

Kalau sudah mengajukan syarat dengan lengkap, maka prosedur pengurusan perizinan usaha migas bisa segera dilanjutkan. Tidak lain dengan menjalani verifikasi. Proses verifikasi tersebut tentunya tidak akan instan.

Melainkan butuh waktu cukup lama agar verifikasi antara satu data dengan yang lainnya seimbang. Begitu juga mencocokkan dokumen dan sertifikat pelengkap. Harus terdaftar secara resmi dan masa panjangnya lama.

Kalau Anda memiliki salah satu dokumen dengan masa panjang hampir habis, alangkah baiknya diperpanjang dulu. Terutama agar verifikasi cepat selesai. Apalagi selalu membutuhkan dokumen dan sertifikat baru.

Langsung Menjalankan Bisnis

Kalau proses verifikasi telah berhasil, Anda akan diberi konfirmasi lewat email. Kemudian dapat mengambil dokumen pada pihak terkait. Tentunya disini kita diwajibkan memiliki dokumen atau perizinan berbentuk fisik.

Jika sudah tercetak dalam bentuk, fisik, Anda bisa langsung menjalankan bisnis. Tentunya mengikuti prosedur mengurus izin migas sesuai ketentuan memang cepat berhasil dan anti masalah.

Harus diketahui kalau nantinya mungkin dibutuhkan data lain seperti contoh surat izin pengangkutan bbm dan kegiatan niaga lainnya. Penting demi keberlangsungan bisnis. Banyak sertifikat dan dokumen dibutuhkan.
Karena tidak sulit, harus segera menjalankan panduan dengan benar. Ditambah dengan konsultasi ahli hukum maupun sejenisnya agar lancar. Apalagi jika terdapat prosedur pengurusan perizinan usaha migas yang ternyata rumit.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.